It Takes Two to Tango

Merah dan putih adalah dua warna kontras dengan karakter yang berbeda. Kendati begitu, mereka berbagi bidang pada bendera kita. Mereka bertabrakan, tapi tak saling membunuh. Sebaliknya, mereka mengunci interaksi mereka dalam sebuah makna yang ajeg namun tidak statis.

Di dalam Bahasa Inggris, it takes two to tango adalah istilah yang menunjukkan hubungan sebab akibat. Idiom ini seringkali berkonotasi negatif karena mengacu pada perselisihan, tetapi di sisi lain juga menunjukkan kedekatan, kesetaraan, dan kesepakatan. Minggu ini kanan dan kiri yang biasanya bertentangan bekerja sama sebagai kaki Ginan Koesmayadi. Anak Beruang bertarung dengan bayangannya sendiri. Ada hubungan saudara penuh rahasia antara si kembar Jidan dan Jihan. Dan ada Memang dan Terlalu yang tak dapat berdiri sendiri-sendiri karena MALU.

Di belantara yang kita hadapi setiap hari, ada kebaikan dan keburukan yang tak lagi bisa kita paksa berdiri sendiri-sendiri. Negara kita yang baru berulangtahun ini pun dibangun di atas kearifan dan kebebalan yang topang menopang.

If it takes two to tango, just dance with the two then …

Di dalam tarian itu barangkali sebuah paradigma baru justru akan termafhumi tanpa mempermasalahkan tiap kutub lagi …

Selamat ulangtahun, Indonesia, menarilah tanpa lelah dan terkalah …

Salamatahari, semogaselaluhangat dan cerah,

Sundea

Komentar

Anonim mengatakan…
mbak dea, link unduhan-nya kok invalid ya? gue jd ga bisa ngunduh nih...
Salamataangin mengatakan…
Wah ... invalid, ya? Entar deh diliat lagi. Gua agak gaptek, sih, Zik, entar gue tanya dulu sama yg ngarti, ya =D
Sundea mengatakan…
Zikhri, ternyata emang udah expired link-nya .. hehe ... entar keknya mo diberesin lagi sama Risky =p