Catatan 9 Tahun Pernikahan: The Gift That Keep On Giving

“Kita dapet hadiah anniversary. Nanti kita foto, ya, buat aplot Kamis,” kata Dea ke Ikanpaus.


Taun ini, momen ulangtaun pernikahan kami sebetulnya cukup istimewa. Selain jatuh tepat di hari keseimbangan, pas tanggal merah, kenaikan Isa-Al Masih, masuk taun ke-9 pula. Sembilan bilangan tertinggi. Katanya angka ini ngelambangin satu episode lengkap perjalanan sekaligus ngingetin kita supaya nggak lupa daratan. Soalnya, meskipun bilangan tertinggi, sembilan bukan jumlah tertinggi.

Taun ini kami juga dapet sepasang cangkir, hadiah #opusmoment dari Opus One, concept store kesayangan di deket rumah kami. Katanya taun ke-9 pernikahan adalah taun keramik. Seperti tanah liat yang dibentuk jadi sesuatu yang solid, keramik ngelambangin proses pembentukan.

Lucunya, meskipun bertaburan simbol dan bahan yang kayaknya potensial untuk diceritain, taun ini Dea malah bingung mau nulis apa. Biasanya Dea bikin catetan apa yang Ikanpaus dan Dea pelajarin sepanjang taun. Tapi taun ini Dea nggak tau “pelajaran” apa yang mau di-highlight. Setelah pandemi selesai dan kegiatan luring bergulir kembali, taun ke-8 kami jadi taun yang cukup sibuk, terutama untuk Ikanpaus yang pada dasarnya nggak bisa diem.

Dea jadi inget baru-baru ini mama mertua Dea, yang selalu sayang dan penuh perhatian sama Dea, sempet khawatir ngeliat kesibukan Ikanpaus yang semakin menjadi-jadi setelah pandemi.

“Dea nggak apa-apa? Masih punya waktu untuk menikmati kebersamaan?” tanya Mama.
“Nggak masalah, kok, Mam,” saut Dea.

Percakapan itu bikin Dea throw back ke taun-taun awal pernikahan. Sempet ada masanya kesibukan Ikanpaus bikin Dea ngerasa nggak punya quality time sama dia. Waktu itu Dea curhat ke mama mertua Dea dan ngobrol banyak tentang pernikahan. Hasilnya, Ikanpaus dan Dea bikin kesepakatan netapin satu hari dalam seminggu untuk quality time.

Ternyata pola itu nggak berjalan lancar. Ikanpaus memang komit sama waktu yang udah ditetapin, tapi quality time kami sering nggak qualified karena dijalanin kayak kewajiban, apa lagi kalau Ikanpaus lagi banyak kegiatan. Akhirnya kami sepakat nyetop pola itu dan ngobrol lebih dalem untuk nyari tau sebetulnya Dea butuh apa dan sebaliknya.

Singkat cerita, lewat obrolan panjang kami Dea jadi sadar sejak nikah Dea sebenernya keilangan kegiatan, ruang untuk berkarya, dan temen-temen se-vibes. Tanpa sadar, semua kebutuhan itu Dea bebanin ke Ikanpaus. Ikanpaus sendiri butuh dikasih kebebasan aja. Tantangan untuk bikin sesuatu yang baru terus menerus adalah “laut” yang ngejaga idupnya. Begitu ngerti sepenting apa hal itu untuk Ikanpaus, cara pandang Dea berubah.

Mulailah kami nyari pola baru. Begitu tau Dea butuh temen-temen dan ruang berkarya, Ikanpaus jadi berusaha ngedorong Dea “balik” ke “dunia” Dea. Dialah yang awalnya ngeyakinin Dea ikut Cswritersclub walaupun pertemuannya malem. Dia berusaha banget nganter-jemput Dea kalau Dea mager. Dia juga yang ngeyakinin Dea untuk nggak terbeban sama urusan domestik kalau ada kesempatan berkarya atau keluar dari rutinitas. Pola baru kami bikin Dea ngeliat betapa baiknya Ikanpaus. Dia suportif, nggak demanding, dan gampang banget diajak bicara.

Sebaliknya, sejak mulai ngejalanin pola baru, Dea pun nggak masalah lagi sama kesibukan Ikanpaus. Padahal kalau dipikir-pikir semakin lama kesibukan dia semakin banyak dan aneh-aneh. Dia juga nggak selalu bisa hadir di kegiatan-kegiatan Dea, di acara-acara keluarga, cuma Dea percaya semua yang dia lakuin di balik itu adalah bentuk dukungan. Mungkin nggak mainstream, tapi Dea paham betul nilainya.

Terus pertanyaannya, apa kami masih punya waktu untuk menikmati kebersamaan? Pas Dea coba renung-renungin, tentu saja. Selama sembilan taun pernikahan ini, kami ngebangun ruang nyaman untuk satu sama lain. Kenyamanan itu numbuhin rasa saling butuh sekaligus rasa percaya. Ketika ada sesuatu yang seru di idup, Dea selalu butuh cerita ke Ikanpaus. Ikanpaus pun—meskipun nggak sedetail Dea yang memang ceriwis sejak dulu—sama. Ikanpaus selalu ngediskusiin langkah-langkah yang mau dia ambil ke Dea, gimana proyek-proyeknya berjalan, dan apa harapan-harapannya. Saling membutuhkan, kenyamanan, dan kepercayaan, bikin quality time jadi sesuatu yang auto diupayain gimanapun caranya.

Taun ini Dea nggak nyeritain pelajaran apa yang kami dapet dalem setaun, tapi apa yang Dea pelajari di sepanjang usia pernikahan. Dea jadi kilas balik ke gimana kami berproses sampai hari ini. Sembilan taun barengan bikin kami paham kebiasaan masing-masing, ngerti apa yang penting untuk satu sama lain, nemu pola komunikasi yang enak banget, dan tau apa yang dibutuhin pasangan bahkan ketika si pasangan nggak sadar. Dibentuk jadi “benda keramik” bikin kami punya makna lebih luas daripada ego.

Tagline #opusmoment taun ini adalah “the gift that keep on giving”. Walaupun nggak sengaja, tagline itu kayak emang dibikin untuk catetan 9 taun pernikahan kami. Cangkir keramik—lambang ulangtaun pernikahan ke-9—yang dikasih Opus One pun sesuai sama tema taun ini. Cangkir berenti jadi sekadar “gift” kalau nggak dirawat dan difungsiin lebih lanjut. Mereka “keep on giving” karena dipake buat minum, dicuci, disimpen di tempat yang baik, dan nemenin quality times Ikanpaus dan Dea yang jadwalnya random itu.

Kami dapet cangkir gambar paus yang idup di lautan dan jangkar yang bikin kapal stabil nggak terombang-ambing. Satu warna biru, satu warna cokelat, ngingetin kami kalau sepasang nggak harus sewarna. Keduanya dikemas berdampingan di satu kotak eksklusif yang sayangnya lupa Dea foto. Kalau temen-temen penasaran bisa liat sendiri di Opus One, Jln Setiabudi no.49 Bandung, dan tanya-tanya tentang kemasan hadiah.

Baiklah. Mari kita kembali ke percakapan di awal tulisan ini.

“Kita dapet hadiah anniversary. Nanti kita foto, ya, buat aplot Kamis,” kata Dea ke Ikanpaus.
“Aku bakal pulang malem terus beberapa hari ini, berangkatnya pagi.”
“Kalau foto pas malemnya?”
“Di rumah kita cahayanya jelek.”
“Oh, ya udah. Aku ikut kamu ke kampus Nias, cangkirnya kita bawa, nanti kita foto di sana.”

Maka, terjadilah foto di atas tadi dan foto berikut ini:

 


Terima kasih, Opus One, buat hadiahnya. Terima kasih buat semua nilai baik yang kalian pelihara dan Dea yakini ngejaga kalian sampai hari ini.

Semoga hadiah #opusmoment jadi doa buat kami dan siapapun yang ngeryain #opusmoment di manapun mereka berada.

Salamatahari, semogaselaluhangat dan cerah…

 

 

Special thanks to Maradita Sutantio.
Temen-temen, silakan mampir ke @opusone.id untuk berkenalan dengan gift shop manis ini.

Komentar

khoeruman taos mengatakan…
Happy 9 year annive buat kalian berdua 🥰
salamatahari mengatakan…
Hatur nuhun, Taos, sukses pamerannya mingdep, ya...
Risma Dewi mengatakan…
Selalu senang baca tulisan-tulisan, Dea. Sehat-sehat selalu. Btw, opus one salah satu toko fav saya. Sayangnya, karena sy tinggal di luar kota, gak bisa sering-sering ke sini, hehehe...
salamatahari mengatakan…
Makasih, Mbak Risma, Mbak Risma juga sehat-sehat selalu...

Opus One bisa online dan dikirim sebenernya belanjanya. Tapi kayaknya lebih seru kalau sekalian ke Bandung, ya, jadi kerasa spesial momen main ke Opusnya :D
@Putra_aco mengatakan…
Akhirnya ada waktu untuk baca sampai selesai tulisan Kak Dea yg ini.
Dan setelah baca, sangat terinspirasi untuk segera menikah. Wkwkwkwk.

Langgeng terus yah klian berdua. Peluk.
salamatahari mengatakan…
@Putra : Hasek, ditunggu undangannya :D