Napak Tilas Bandung Selatan

“Langit Magenta” adalah perjalanan nguji dan ngerespons janji. Ada janji-janji yang gugur di tengah jalan, ada juga yang konsisten sampai tunai. 

Dea sampai ke Langgam Pustaka karena janji editor pertama Dea, Mas Cahyo, ke naskah yang dia edit. Sementara Dea sendiri jalan terus karena janji Dea sama Magenta si tokoh utama dan--yang belakangan baru Dea sadarin--janji Dea ke alam semesta.

Lima taun lalu, waktu ngebuka lembaran baru proses penulisan novel, Dea main ke Bandung Selatan. Dea janji kalau novelnya berhasil kelar Dea bakal main lagi ke sana bawa bukunya.

Awalnya Dea bener-bener nggak tau gimana cara nyelesein novel yang Dea tulis. Ternyata, setelah nempuh perjalanan panjang selangkah-selangkah, “Langit Magenta” berhasil selesai dan diterbitin Langgam Pustaka. Dalam rangka memenuhi janji, akhir pekan lalu Ikanpaus dan Dea napak tilas Bandung Selatan.

Ada pengalaman yang agak aneh di sana. Cuma tulisan ini mungkin bakal kurang rame karena akan Dea tulis dengan narasi kronologis yang lempeng-lempeng aja.


 

Hotel

-Bandung Selatan, 28 Januari 2023-

Di wilayah Bandung Selatan Ikanpaus dan Dea punya hotel favorit. Taun ini kami baru ngeh namanya ternyata Citere 2. Dulu hotel itu kami sebut “hotel” aja karena emang cuma itu yang tertulis di plangnya ahahaha…

Di bayangan Dea, penginapan keluarga yang dikelola Oom Jan di “Langit Magenta” mirip hotel itu. Lokasinya agak jauh dari hiruk pikuk kota, nyaman, bersih banget, dan pelayannya cuma sedikit tapi sigap dan kekeluargaan.

Lima taun lalu hotel itu lebih sederhana. Di kamarnya disediain termos kembang-kembang ala Starling lengkap dengan cangkir, kopi, dan teh. Taun ini Citere 2 udah punya teko listrik dan bufet dengan standar hotel. Tapi—seperti lima taun lalu—Dea lupa motret seluruh isi kamar hotel kecuali ini:


 

dan ini:

 


Sekarang harga Citere 2 sekitar Rp 295.000,00/malem. Check out-nya jam 12.00. Fasilitasnya tv, air panas, beranda, handuk, selimut, bed cover, dan sarapan yang dianter ke kamar. 

Kami di Citere 2, lima taun lalu

Pohon Miring dan Tea Plantation Observation

-Bandung Selatan, 29 Januari 2023-

Besoknya Ikanpaus dan Dea berangkat pagi-pagi. Rencananya kami mau naik ke Tea Plantation Observation yang ikonik. Dea inget lima taun lalu area itu jadi tempat paling kontempelatif di episode perjalanan Dea.    

Tea Plantation Observation hening banget. Ketika ada di menara kita jadi punya jarak tapi bisa ngeliat seluruh perkebunan teh secara utuh. Pagi itu kami nyari-nyari si menara tapi nggak nemu. Padahal seharusnya menara itu keliatan dari segala arah saking tingginya. Akhirnya kami nanya ke penduduk setempat.

Nggak taunya tempat itu udah nggak ada, dong. Menurut penduduk, Tea Plantation Observation udah berubah jadi wisata swafoto.  

Berhubung penasaran, Ikanpaus dan Dea parkir dulu dan mutusin jalan kaki ke arah Tea Plantation Observation. Di tengah perjalanan mendaki, langkah kami terhenti pas ngeliat pohon miring ini:


Lima taun lalu kami sempet motret si pohon miring dari jauh, cuma nggak terdorong untuk nyamperin. Mungkin waktu itu si pohon cuma mau bilang, “inget-inget aku, ya, nanti setelah novel kamu selesai, kita ketemu lagi”. 

Pohon miring, lima taun lalu
 

Kata Ikanpaus, waktu lebih muda pohon ini mungkin keterpa angin kenceng. Berusaha ngelawan arus bikin badannya miring permanen. Kabar baiknya, dia berhasil berdiri di sana sampai Dea dateng.

Pagi itu, di tengah kabut tebel, ketika pohon-pohon lain nyaris nggak keliatan kesaput halimun, si pohon miring tampak jelas banget. Dea ngerasa dipanggil. Seperti kesedot medan magnet Dea berjalan ke arah dia sambil bawa “Langit Magenta”. Begitu Dea sampai di bawahnya, si pohon kayak nyampein sesuatu yang Dea nggak yakin apa. Dea nggak berusaha nerjemahin artinya tapi Dea terima kesannya seutuh mungkin. 


“Kabutnya kayaknya makin tebel,” kata Ikanpaus.
“Nerusin ke atas nggak aman, ya?” tanggep Dea.
“Bisi jalannya makin nggak keliatan.”

Akhirnya kami mutusin untuk balik aja ke parkiran mumpung belum jauh. Anehnya, kami nggak nyampe-nyampe. Berhubung navigasi Dea jelek, buat Dea kesasar sebenernya nggak ada anehnya. Tapi buat Ikanpaus yang sangat sadar arah, itu nggak masuk akal. Dia tau persis ke arah mana kami harus jalan dan yakin kami nggak salah belok. Nggak mungkin kami keputer jauh dan sampai di tempat yang kayaknya nggak kami lewatin pas berangkat.

Kami nyoba nanya-nanya ke orang-orang yang kami temuin tapi nggak ada yang bisa ngasih pentunjuk. Mau nggak mau kami nyari jalan sendiri. Di tengah kebingungan, kami nemu warung kopi yang baru buka. Berhubung udah kedinginan, kami mampir untuk jajan minuman anget.

“Mau pada ke mana ini teh?” tanya Bapak yang lagi nongkrong-nongkrong di situ.
“Tadinya mau naik ke menara, tapi katanya sekarang udah jadi tempat selfie,” saut Dea.
“Kualat itu yang ngebangun. Padahal udah diprotes warga itu teh,” sewot Akang-akang yang kebetulan ada di situ juga.

Sambil ngopi-ngopi kami jadi ngobrol ke mana-mana. Dari si Akang Dea jadi tau kalau Tea Plantation Observation udah ada sejak jaman K.A.R Boscha, pendiri kebun teh yang sangat dihormatin warga. Tempat itu dianggep simbol Pangalengan dan kaya dengan sejarah. Itu sebabnya warga nggak rela ketika menara yang mereka banggain harus dibongkar.

Berdasarkan obrolan warung kopi pagi itu, Dea nangkep kalau kepemilikan dan kepengurusan kebun teh lumayan kompleks dan berpindah-pindah. Sempet dipegang keturunan Boscha, PT Perkebunan, PT Agro Wisata, disewa-sewain ke pengusaha, cuma Dea belum sempet nelusurin persisnya karena obrolan kami pagi itu cukup random. Dea pun nggak nyiapin diri untuk wawancara karena rencananya mau napak tilas aja.

Di sela kerandoman obrolan, si Bapak, yang belakangan kami tau namanya Pak Enjang, cerita tentang Rumah Hitam alias Bumi Hideung.

“Lho, tempat itu masih ada, Pak?” tanya Dea kaget.
“Masih, sekarang ditempatin Paman saya,” saut Pak Enjang.

Bumi Hideung adalah rumah yang didiriin K.A.R Boscha untuk pegawai perkebunannya. Wujudnya bilik bambu yang dikasih warna item supaya lebih aman dari gangguan binatang liar. Di “Langit Magenta” tempat itu Dea jadiin patokan untuk nyari kampungnya Soerti. Kenapa waktu itu Dea pakai Bumi Hideung sebagai patokan? Nggak tau, rasanya memang harus pakai Bumi Hideung aja. Padahal kalau Dea inget-inget lagi, Dea nggak kebayang kayak apa kampung Soerti, sedeket apa kampung itu sama Bumi Hideung, apa lagi ngebayangin bilik item itu masih ada sampai taun dua rebu dua puluh tiga.

Setelah dapet petunjuk ke Bumi Hideung dari Pak Enjang, kabut memudar dan langit berangsur-angsur cerah. Minuman Ikanpaus dan Dea juga udah abis. Kami pun pamit untuk ngelanjutin perjalanan. Kali itu jalan balik ke parkiran ketemu dengan mudahnya meskipun Ikanpaus tetep nggak ngerti kenapa kami bisa keputer sejauh itu.

“Apa kita emang sengaja diputerin untuk dapet semua informasi di warung tadi?” duga Ikanpaus.
“Jangan-jangan emang ini yang mau disampein si pohon miring,” kata Dea.

Setelah ngomong gitu Dea baru kepikir. Abis ngobrol panjang dan dapet informasi sebanyak itu, kenapa Dea nggak kepikir untuk foto sama orang-orang di warung kopi, ya?

 

Tea Plantation Observation, lima taun lalu

Kampung Soerti

Berbekal informasi dari Pak Enjang, Ikanpaus dan Dea nyari jalan ke Bumi Hideung. Ternyata, temen-temen, demi apa, coba? Persis di sebelah Bumi Hideung memang ada jalan masuk ke sebuah kampung. Kampungnya damai dan nyaman. Masih banyak rumah bilik, adem, dan penduduknya ramah-ramah.

Sebetulnya Dea ngerekam beberapa video, tapi nggak ada yang bisa diaplot di Instagram. Udah Dea coba berkali-kali, Dea sunting berulang-ulang supaya nggak berat, berusaha Dea jadiin reels, bahkan Dea sampai bulak-balik nge-install dan nge-uninstall Instagram, tapi sia-sia.

Ini Dea coba aplot beberapa di blog, ya, mungkin bisa:

 





 

Sampai saat ini Dea masih takjub bisa nemu kampung Soerti. Nelusurin jalan, ngedengerin bunyi air, angin, dan ayam, serta ngintip lewat pintu rumah-rumah bilik yang sedikit terbuka ngasih sensasi yang aneh. Rasanya kayak dapet hadiah undian, tapi Dea udah lupa kapan ikut undiannya


  

Wisata Swafoto

Terakhir, Ikanpaus dan Dea nyoba ngintip wisata swafoto yang diceritain Pak Enjang dan si Akang. Lokasinya lumayan bikin pangling karena memang beda banget sama menara yang dulu.

Nama tempat wisatanya Nimo Highland alias Nini Mountain Highland. Tempatnya cukup rame. Pengunjung dateng dengan bis-bis besar. Ikanpaus dan Dea nggak masuk. Setelah motret sekilas dari luar, kami mutusin untuk pergi cari makan sebelum lanjut pulang aja ke Bandung.

 

Selanjutnya, sambil makan di restoran sate dan gule yang namanya Sate Paris, kami nyari informasi tentang Nimo Highland. Di dunia maya ulasannya ternyata bagus-bagus. Di sana dibangun jembatan kaca, tempat ngopi-ngopi kekinian, area berkemah, tempat konser, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Spot foto ada di mana-mana. Di berbagai materi promosinya digadang-gadang kalau ini tempat wisata ala Santorini di Indonesia. 

Kanal Youtube MaduTV
 

Pas baca itu, Dea agak terganggu. Omelan panjang Akang di warung kopi—tentang sejarah yang sangat dia hormati—terngiang-ngiang di telinga Dea. Dea jadi kepikir. Kenapa harus repot-repot berkostum Santorini kalau kita udah punya menara dengan kekayaan sejarah yang begitu kuat? Kenapa harus ngebuang aset termahal story telling ketika ngebangun tempat wisata di wilayah seindah itu? Segitu nggak percaya dirinyakah kita tampil dengan wajah sendiri?  

Lima taun lalu sampai hari itu pun Dea ngeliat langsung betapa nilai-nilai yang ditanemin K.A.R Boscha nggak putus terwariskan ke masyarakat setempat; soal gimana ngehargain alam, sejarah, serta kuatnya budaya etos kerja. Bukannya hal-hal gini perlu diapresiasi dan dipelihara supaya tetep lestari? 

Pertanyaan itu ngegantung di udara. Tau-tau Dea inget sama si pohon miring. Dia mungkin pernah keterpa angin kenceng. Berusaha ngelawan arus bikin badannya miring permanen. Kabar baiknya, dia berhasil berdiri di sana sampai Dea dateng.




Komentar

sekar mengatakan…
selalu gemas baca tulisan blog kak dea. pasti ada magis-magisnya, terus sering ada kejutan tersebar di setiap paragraf.

dan, aku udah baca Langit Magenta, lho, kak! bagus sekali. menyenangkan. menghanyutkan. misterius mendebarkan. terima kasih udah ngenalin bumi pangalengan beserta sejarahnya lewat kisah Magenta ya, kak dea. sehat selalu :)
salamatahari mengatakan…
Makasih, Sekar, semoga kamu juga sehat selalu. Makasih juga karena udah baca Langit Magenta, semoga ceritanya ngasih sesuatu yang menghangatkan hati buat kamu :)