Evan Jehian yang Bermimpi Menjadi Spiderman


Namanya Evan Jehian. Solar Aquarius yang eksentrik, teman mengobrol yang penuh empati, mengambil S2 Psikologi jurusan klinis anak, namun memperhitungkan akan ada alternate ending dalam hidupnya selain menjadi psikolog. Apakah itu?


Bagaimana pula “mimpi” dari sudut pandang Evan yang pernah belajar sulap dan hipnotis ini?
 
 
 
 
 
 
 
Halo Evan, cerita dulu, dong, tentang kegiatan elu sehari-hari supaya pembaca kenal elu…
Gua Evan Jehian, sehari-hari gua ngajar di sekolah swasta untuk anak berkebutuhan khusus dan ngajar les. Udah itu, sih, sekarang, jadwalnya selalu sama…

Lagi ambil S2 psikologi juga kan ya?
Iya, cuma gua nggak yakin juga bisa jadi spesialis. Ada keadaan di mana gua hampir menyerah dengan kuliah dan corona ini. Gua jadi mikir gua punya alternate ending nih. Gua nggak tau apakah ini jalan gua atau pelarian gua karena nggak mampu nyelesein ini.  Mungkin gua cari jalan lain seolah-olah itu hidup gua, padahal itu karena guanya nggak berani ngejelasin dan nyelesain aja gitu hahaha.

Cuma kalau mikirin itu terus, gua stress, jadi gua jalanin terus aja ini, nggak tau apakah gua akan sampai jadi psikolog beneran yang ada titelnya, atau gua menjalankan fungsinya aja.

Alternate kayak gimana yang lu bayangin dalam hidup elu?

Kayak kalau kita nonton “Spiderman”, ada percakapan-percakapan yang bagus. Ketika Spiderman ditawarin sama Tony Stark utk masuk Avengers dia bilang, “Kayaknya kalian aja deh yang ngurusin hal-hal yang menakjubkan itu. Gua mah mau nolongin nenek-nenek nyeberang jalan, temen yang kesulitan,” kayaknya gua lebih suka ada di peran itu sih, Mbak.  Jadi ya udahlah, temen-temen gua punya bagiannya, ngetes-ngetes, praktik, jadi psikolog. Gua sendiri pengen ngurusin anak jalanan, lokalisasi, dan jadi pendengar untuk orang-orang yang kepengen ngeluarin sampah aja gitu.

Btw, alesan lu dulu ambil kuliah psikologi apa, Van?

Salah satu faktornya (masuk psikologi) karena dipaksa bokap. Bokap gua maunya gua kuliah antara teologi atau psikologi. Ya udahlah psikologi aja. Hahaha.

Ahahaha. Tapi nyesel nggak?
Oh, enggak, gua nggak pernah nyesel karena ternyata psikologi itu ngebentuk gua juga secara pribadi. Terus gua memang dari dulu selalu suka ngobrol sama orang. Dulu gua pernah ilang di Pasar Malem, tapi gua bisa pulang karena gua bisa ngobrol sama orang.

Gua juga nggak nyesel karena di psikologi begitu banyak kasus yang dipelajari. Empatinya gua belajar juga. Gimana memahami, teknik konseling, gua pake. Selama ilmu-ilmu itu kita pakai untuk memahami orang, bukan utk praktik, buat gua itu sah-sah ajalah. Buat gua itu ngasih option untuk ngasih advice. Misalnya pas ketemu sama orang yang ngerasa insecure karena abis diputusin pacar, gua bisa bilang “Coba lo peluk tas lu atau guling lu, usap-usap diri lu…”

Ok. Sekarang soal mimpi nih. Gimana sih dunia psikologi ngeliat mimpi?

Yang paling gua inget itu Sigmund Freud, bapak psikonalisa, urusan alam bawah sadar. Mimpi itu, selain tahapan tidur, adalah manifestasi dari apa yang kita lihat, dorongan apa yang tidak bisa kita lakukan di realitas, yang ke-pressure dan masuk ke mimpi. Freud bikin teori analisa mimpi, sampai ada terapinya, untuk ngebongkar alam bawah sadar. Masalahnya, Freud tekanannya selalu ke agresi dan seksual. Padahal nggak selalu itu.

Kalau buat lu sendiri, mimpi itu apa?
Pernah ada momen di mana gua mimpinya kecelakaan melulu dan itu mengganggu keseharian gua karena gua jadi takut banget. Nah ternyata pas digali sama konselor langganan gua, katanya mungkin saja itu respons diri terhadap ketakutan gua. Waktu itu lagi sering banget ada berita kecelakaan pesawat terbang yang terinformasi ke gua. Tambah lagi, gua punya trauma tentang kecelakaan. Posisi gua pun lagi mengalami masalah. Diri gua lagi nggak bisa coping dengan baik, dan mimpi adalah plan B tubuh gua.

Kalau gua mimpi fase kehidupan gua yang sebelumnya, kayak gua mimpi gua masih SMA, kuliah S1, artinya di momen gua yang saat itu gua lagi nggak bisa adaptasi dengan baik. Jadi mimpi gua yang bekerja.

Gua percaya mimpi ada bunga tidur, ada juga tekanan yang nggak bisa dilepasin. Bisa juga energi berlebihnya semangat, motviasi, excitement. Ketika kita melepaskan boundaries itu,  kita ngelepasin batasan-batasan itu di alam yang lain. Di situ sih gua senengnya, soalnya jadi nggak ada batas. Karena kalau nggak di mimpi, di mana lagi keluarnya?

Van, dulu kan lu pernah bikin mainan sugesti. Elu ngasih narasi, orang-orang yang ikutan—termasuk gua—lu suruh nutup mata dan ngebayangin sesuatu berdasarkan tuntunan narasi sugestif elu. Ternyata, meskipun template-nya sama, apa yang kami liat beda-beda, sesuai kondisi psikologis dan suasana hati masing-masing. Kalau gua inget-inget lagi, visualnya mirip mimpi. Mimpi tuh ada hubungannya nggak sih sama permainan lu itu?
Iya. Tapi bedanya mimpi itu semua pekerjaan kita. Kalaupun ada sugestinya, sugestinya lingkungan yang terjadi secara alamiah. Kalau di permainan gua kan gua yang mau kalian ngebayangin itu. Gua belajar itu pas belajar sulap dan hipnotis. Ternyata itu cuma teknik komunikasi.

Lho, jadi permainan lo itu hipnotis?

Sebenernya masuknya semi, sih, soalnya itu kan cuma sampe relaksasi, sampai kalian bisa membayangkan apa yang mau divisualisasikan sesuai suasana hati. Sebenernya kalau didalami lagi itu makin jelas gambarnya, warnanya. Kita berusaha menghadirkan diri kita di dalam mimpi yang kita buat.

Di “mimpi yang kita buat” itu kan ada benda-benda yang lu suruh kami bawa, suasana yang kami bayangin, baju yang kami pake, dan itu semua simbol sesuatu. Simbol-simbol itu lo ngarang atau memang ada teorinya?
Ada teorinya. Tapi gua cuma belajar simbol-simbol yang sederhana aja, makanya kalau (ngeliatnya yang) susah-susah gua nggak bisa jawab, hahaha. Kalau di psikologi sekarang ada yang dibawa ke hipnoterapi. Tapi yang gua bukan. Waktu itu tujuannya cuma untuk relaksasi dan mengungkapkan manifestasi atas hal-hal yang nggak selesai, jangan sampai kita terlalu terjebak dan terlalu percaya.

Tapi kayaknya sih banyak nolong orang. Mungkin kan banyak hal yang kesimpen di bawah sadar, tapi nggak bisa keluar dan kebaca karena nggak ada “wadah”-nya. Nah. Sugesti lo itu semacem wadahnya.
Mungkin juga, ya, Mbak. Ya udah gua sekalian aja belajar hahaha.

Terakhir. Random sih ini. Kalau wangsit elo percaya nggak?
Sebenernya kalau kata gua, mimpi yang kita anggep wangsit itu udah pernah kita liat di mana terus kita connect-in aja dan itu biasanya nggak sadar sih. Sebenernya otak kita kan merekam semua yang kita lihat sehari-sehari. Misalnya kita liat ada truk ngeguling, terus kita jalan lagi dan liat ada iklan bagaimana orang kecelakaan tapi selamat karena pake safety belt. Tapi kita terus lupa sama apa yang kita liat karena fokus kita hari itu adalah meeting. Tiba-tiba kita mimpi jadi petugas yang nolong kecelakaan itu atau justru mimpi kalau kita juga kecelakaan. Nggak bisa kan kita bilang, "Wah ini pertanda buruk”. Apa yang kita lihat di jalan itulah yang mensugesti kita, walaupun kita nggak sadar.

Ok deh, Van. Segini dulu. Makasih ya…
Makasih juga Mbak Deee…
 
peserta permainan sugesti Evan Jehian

 

Saya kembali mencari catatan yang saya buat setelah mengikuti permainan sugesti Evan. Ini dia:
 
Di mana Dea?
Di padang rumput yang luuuuaaaas banget. Cuaca hari itu cerah ceria dan terang benderang.

Apa yang Dea pakai?
Ini aneh. Dea pake dress panjang dari seprai yang luas dan adem sama topi jerami mirip topi pemulung di ilustrasi-ilustrasi Majalah "Bobo". Topinya nggak terlalu nyaman, tapi overall nggak  ngeganggu juga. Apa lagi kalau ngomongin outfit, baju Dea nyaman dan adem banget.
 
Apa yang Dea bawa?
Dea nyoba ngebayangin. Tapi di situ Dea nggak bawa apa-apa, soalnya Dea nggak ngerasa butuh apa-apa juga.

Di sana Dea ngeliat apa?
Ada beberapa hal. Dea ngeliat mesin giling karatan yang awalnya posisinya sebenernya deket banget sama Dea. Harusnya brisik dan suaranya nggangu, tapi kayak di-mute. Karena mesin giling itu cuma bagian kecil di padang rumput yang seger dan luas, muted pula, dia nggak ngeganggu dan nggak jadi fokus perhatian Dea. Di seluruh sugesti yang dibangun Evan, Dea nggak pernah nengok-nengok ke situ karena di padang luas itu toh Dea bisa lari-lari ke mana aja. Nyentuh rumput, ngerasain anget matahari, ngedengerin suara burung-burung yang nyenengin, dan ngehirup wangi bunga-bunga.
 
Nah. Yang paling menarik, Dea ngeliat sebatang pohon yang nggak berenti tumbuh. Pohon itu nggak pernah jadi berlebihan. Soalnya, bunga warna-warni yang tumbuh dari pucuk rantingnya bakal terbang jadi kupu-kupu kalau si ranting memberat.

Apa ada org lain atau binatang yg Dea liat di sana?
Ada panda-panda lucu. Dea dan panda-panda itu ngegelinding sama-sama sampe ke tepi sungai. Sungainya jernih banget. Di situ ada ikan-ikan yg mirip permen Trebor. Kenapa permen Trebor? Nggak tau.
 
Bagaimana cara Dea kembali ke kenyataan dari dunia sugesti yang dibuat Evan?
Dea nggak tau harus balik lewat mana dan pake apa. Tau-tau seekor ikan Trebor warna orens loncat. HAP Dea dimasukin ke mulutnya dan dianter pulang ke  tengah-tengah temen-temen hari itu.
 
 
Setelah sesi permainan sugesti itu, Evan mengobrol dengan kami semua. Beberapa di antara kami curhat panjang, ada yang lantas menjadi lega, sementara beberapa di antaranya mengaku jadi lebih mengenal dirinya sendiri. Betapa di dalam hidup ini, sesungguhnya kita dapat menemukan diri kita berkali-kali.
 
Saya jadi bertanya-tanya. Kira-kira seperti apakah alternate ending yang akan Evan jalani? Menjadi psikolog dengan titel atau berjuang di jalan yang lain? Tapi saya sadar, ia tidak sedang menghadapi bibir alternate ending. Belum ending. Hidupnya masih terus berjalan dan dapat berputar ke mana saja  di depan nanti.

Jika cita-cita pun kerap disejajarkan dengan mimpi, semoga mimpinya menjadi “Spiderman” mengantarkannya kepada jalan yang membuatnya menemukan makna “penuh”.

Teman-teman, jika ingin berkenalan dengan Evan, temui dia di sini.

 

Komentar