Cerita Dari Balik Layar

“Kemarin gimana animo pemirsa yang menulis? Masih semangat apa enggak? Soalnya sebelumnya sempet melempem,” tanya Artha, bapaknya Cswritersclub.
“Minggu lalu pesertanya cuma lima, nggak seheboh dulu-dulu, tapi mulai ada,” saut Dea.

Berhubung belakangan peserta sesi nulis mingguan Cswritersclub mulai nyusut, bapak Artha agak sedih dan prihatin. Sempet nggak tega ngejalanin sistem, ngegilir host lagi, karena takut si host kapok dan kecewa kalau sampai pesertanya dikit, bahkan sampai nggak ada. Makanya sejak awal taun 2021, host Cswritersclub sempet dilepas, dibiarin suka rela dan spontan aja. Misha dan Mbak Rierie-lah yang waktu itu sempet berinisiatif ngajuin diri nge-host.

Dea sendiri percaya Cswritersclub justru jalan kalau sistemnya bergulir. Selama ini si #writingclubkesayangan nggak pernah ngiket siapa-siapa, tapi ada terus karena pola konstannya tetep dijaga. Setiap minggu, dengan demokratis dipilih penulis favorit yang dapet amanat nerusin tongkat estafet: nge-host. Si host ini punya job desc tetep yang udah dibuat sama bapak kami: bikin tema, bikin pengumuman, hadir di pertemuan cswc, mimpin sesi nulis, setelah itu bikin review pertemuan hari itu. Karena punya keyakinan itu, Dea akhirnya bilang ke Artha, “Minggu depan gue kebagian nge-host. Kalau nggak ada yang ikut juga gue nggak akan kapok kok.”

weheartit
 

Tanpa ekspektasi apa-apa kecuali tetep ngejalanin sistem, minggu lalu Dea cukup niat. Meskipun pesertanya mungkin aja nggak bakal ada, Dea bikin lagu tema. Buat apa? Buat apa susah, buat apa susah, susah itu tak ada gunanya :D #yousingyouloose

Sebagai orang yang lebih profesional di bidang musik, Ikan Paus tentunya berperan di pembuatan lagu tema ini. Ini pertama kalinya kami nyiptain lagu dengan cara Dea. Biasanya, kami bikin lagu dengan cara yang lebih terarah. Dea bikin lirik yang jumlah suku kata dan bunyinya harus udah cukup “rapi”, abis itu baru Ikan Paus bikin musiknya. Kali itu Dea cuma nyeritain kesan apa yang pengen Dea sampein, Ikan Paus nerjemahin kesan itu lewat chord piano, abis itu Dea improvisasi nyanyiin teks pengumuman Cswritersclub. Seriusan, nyanyiin pengumuman doang, semi spontan pula.

Hasilnya… fales :)))

Setelah dibahas-bahas, sadarlah Dea kalau range lagu ini ternyata kurang pas untuk Dea.

“Mix register kamu belum kelatih,” jelas Ikan Paus.

Dea baru ngeh kalau suara kita kayak beberapa instrumen. Nah. Range lagu “Afterlife” ini ada di bates suara “asli” dan suara “palsu” (sebenernya ada 4 register, udah dijelasin sama Ikan Paus, tapi Dea lupa). Jadi selama nyanyi Dea kayak bulak-balik gonta-ganti instrumen di tengah-tengah lagu. Karena Dea nggak cukup gesit, hasilnya rusuh, suaranya jadi nggak mulus, dan kerasa nggak nyamannya. Tapi udah terlambat untuk nurunin range-nya. Ikan Paus banyak kerjaan dan nggak sempet rekaman lagi. Jadi kita terima saja lagu tema “Afterlife” apa adanya.

Ini dia. Siapkan mental:

 

Berbahagialah kita orang-orang jaman sekarang, karena footage videos yang bagus-bagus bisa kita dapet di mana-mana. Untuk mendistraksi Anda sekalian dari vokal pas-pasan hamba, Dea bikin video ala-ala yang stock footages-nya diambil dari Mixkit dan Videezy. Itulah hasilnya.

Tepat di Hari Keseimbangan, hari pertemuan rutin cswritersclub, Dea siap nge-host. Berapa pun pesertanya, Dea tetep siap jalan dengan porsi komitmen, kesungguhan, dan hati gembira yang nggak akan dipengaruhin animo.  Eh, di luar dugaan, hari itu cswritersclub malah disambut antusias. Ada 13 peserta yang ikutan nulis. Entah karena kangen nulis aja atau kebetulan tema hari itu kerasa deket sama kita semua.

Suasana malem itu anget, menyenangkan, dan insightful. Setiap peserta punya persepsi sendiri-sendiri tentang afterlife yang memperkaya khazanah peserta lainnya. Istimewanya, seperti yang Dea sendiri percaya juga, setiap tulisan ngebawa simpulan, pada akhirnya hidup setelah kematian adalah sesuatu yang baik. Ulasan setiap cerita Dea bagi di unggahan “Liburan dan Cuplikan Cerita Lainnya”, ya.

Malem itu, setiap cerita yang ditulis dan dibacain ngebawa cahayanya masing-masing. Warna-warni seperti lampion harapan yang diterbangin ke angkasa.

Hari itu 18 Februari 2021. Ternyata tepat setaun setelah berpulangnya seorang bintang yang kini bersinar di tempat lain, Ashraf Sinclair

foto: cnn



Komentar