Kesebelasan Kupu (bagian 7)



Bandung, 5 Mei 2020: Manik dan Maya 

Manikmaya atau Batara Guru adalah dewa penjaga kahyangan. Supaya kupu-kupu kami nggak keberatan nama, nama itu Dea bagi dua di sepasang kupu-kupu yang kami lepas terakhir. Manik dan Maya. 



Tema besar kami dengan Manik dan Maya adalah “missed the moments”. Manik keluar dari kepompong pas kami masih tidur. Maya—yang sebenernya dari pagi kami tongkrongin—keluar dari kepompong pas Ikan Paus harus ke WC dan Dea lagi matiin kompor karena air udah mendidih. 

Setelah dua kali kelewatan momen, Ikan Paus dan Dea nggak mau kecolongan lagi. Kami nongkrong dari pagi sampai siang demi nungguin Manik dan Maya berangkat. Beberapa kali mereka kayak mau terbang, tapi nggak jadi.

Manik mau terbang nggak jadi


Pagi itu Dea baru denger “Amazing Grace” yang dibawain sama sembilan bersaudara, putra-putri ahli Bahasa Indonesia J.S Badudu. Keren banget, Temen-temen. Jadi ceritanya, ketika ngelepas Manik dan Maya, Dea mau nyetel lagu itu sebagai pengiring. 

Setelah berkali-kali nggak jadi, momen keberangkatan Manik dan Maya akhirnya memang dramatis. Perjuangan Maya manjat stand mikrofon berhasil diiringin lagu “Amazing Grace”. Setiap adegannya juga kena sama lagunya. Begitu lagu hampir selesai, Manik yang udah nungguin adiknya di pot Portulaca, berangkat bareng Maya. Dengan cantiknya mereka ilang di langit biru seiring dengan selesainya lagu. Indah sekali, ya?

Tapi, Pemirsa, udah keren-keren begitu ternyata Dea lupa mencet record pas nge-shoot T_T

Awalnya Dea sempet kecewa. Tapi pas ngobrol sama Ikan Paus, Dea diingetin lagi apa yang sungguh penting. Keselamatan Kesebelasan Kupu seharusnya jadi jantung misi kecil ini. Ketika dua kupu-kupu terakhir berhasil lepas landas, nggak ada hal yang lebih baik.

Kesebelasan Kupu udah melanjutkan perjalanan. 
Seperti moment yang nggak sempet kerekam, ada hal-hal yang tetep tinggal sebagai ingatan baik.

Hari itu adalah Hari Guru Sedunia.
Hari ketika kami ngelepas dua guru kupu-kupu terakhir dari Kesebelasan Kupu


Maya mau terbang nggak jadi


Komentar