Kesebelasan Kupu (bagian 5)



Bandung, 3 Mei 2020: Nakula-Sadewa, Megananda 

Waktu Ikan Paus dan Dea bangun pagi-pagi, ada dua kupu-kupu yang udah keluar dari kepompongnya. Mereka berdua langsung Dea kasih nama Nakula-Sadewa, si kembar di Pandawa lima.

Waktu mau dipindahin ke stand mikrofon, Nakula sempet lepas dari kepompong tempat dia ngegantung. Padahal, karena sayapnya masih basah, dia belum betul-betul siap untuk ngangkat badannya.



Kami sempet agak deg-degan, takut Nakula nggak selamat kalau harus ngegeletak di lantai dengan sayap basah. Untungnya, waktu kami nyodorin kepompongnya, Nakula percaya sama kami dan tau cara jalan dan ngegantung lagi di kepompongnya.

Pemindahan Sadewa lebih mulus karena kami udah pengalaman. Yang lucu, ketika Sadewa dateng, Nakula lompat dulu ke partitur di hadapannya, nunjukin kalau dia udah cukup kuat untuk berbagi tempat sama adiknya. 



Nakula dan Sadewa sama-sama nggak mau direkam. Pas Nakula terbang, Ikan Paus dan Dea liat, tapi karena dia cepet, kami nggak sempet nge-shoot.

Sementara itu Sadewa pergi diem-diem. Dia tiba-tiba ilang. Nggak ada yang tau kapan dia berangkat, padahal Dea sepanjang hari ngetik nggak jauh dari dia. Sadewa seperti ngerehasiain momen keberangkatannya dari kami berdua. Apa karena di pewayangan, Sadewa tau rahasia-rahasia takdir dan nggak boleh ngebocorin, ya?

Hmmm. 



Kupu-kupu ketiga menetas waktu langit lagi mendung-mendungnya. Dea ngasih dia nama “Megananda” alias “anak awan mendung”. 

 

Megananda adalah kupu-kupu yang netas dan pergi terakhir hari itu. Dia butuh berjuang lebih keras karena posisi ngegantungnya miring. Di bawah tudung saji, dia sempet lepas dari daun tempat dia bertengger. Jadi, kami terpaksa ngeganti daunnya yang udah kering dengan potongan triplek seadanya. Karena kepompongnya nggak ngegantung alami, posisinya jadi kurang enak. 

Setelah susah payah manjat triplek, Megananda berusaha bertolak. Tapi dia sempet jatoh dan keliatan udah kecapean. Dea khawatir dia dicaplok kadal kebun kami--Hanafi--yang suka blusukan di sekitar situ.

“Perlu kita bantu, nggak?” Tanya Dea ke Ikan Paus.
“Jangan, dia harus belajar,” saut Ikan Paus.

Di antara semua anggota Kesebelasan Kupu, Megananda adalah kupu-kupu yang cobaannya paling berat. Setelah daun tempat dia ngegantung diganti triplek, dia masih harus jatoh dan manjat batang dedaunan. Tapi ternyata dia pinter banget, Temen-temen, dia ngerayap ke tempat yang paling tinggi supaya bisa bertolak dengan enak. Dia ngayun-ngayun sejenak. Satu … dua … dan …

BERHASIL! 

Di epos Ramayan, Megananda atau Indrajit sering dipandang sebagai tokoh antagonis. Tapi Dea suka tokoh ini. Menurut cerita seorang bapak penjaga hotel di Yogya, Megananda adalah anak angkat Rahwana yang dibuat dari mega mendung atau awan hitam.

Awalnya Rahwana kurang sayang dan bersikap keras ke Megananda. Tapi semakin dikerasin, semakin kuat juga Megananda. Lama-lama Rahwana jadi sayang, bahkan ngasih kepercayaan-kepercayaan ke Megananda. Untuk nunjukin baktinya, Megananda selalu patuh sama perintah Rahwana, apapun itu.

Waktu udah terlalu banyak kerusakan yang dibuat Rahwana, Wibisana, adik Rahwana, ngajak Megananda ngobrol berdua. Di situ Wibisana nyeritain siapa Megananda sesungguhnya. Ketika tau asal-usulnya, Megananda mengheningkan cipta. Setelah itu dia minta Wibisana ngembaliin dia ke wujud aslinya.

Wibisana ngelepasin dipasanjata alias senjata cahaya magi. Sesaat kemudian tubuh Megananda terburai, kembali jadi mega-mega, dan melayang ke angkasa.

Waktu Megananda, kupu-kupu kami, akhirnya berhasil melayang ke mega-mega, cuaca agak aneh. 

Langit terang benderang tapi gerimis tipis-tipis tersembunyi di antara cahaya. 


Komentar