Metafora Kemeja Putih

Kemaren Ikan Paus ulangtaun. Dea ngasih hadiah kemeja putih dengan kartu bertuliskan:

"There are simple things in life that will be needed for the rest of your life"
 

Kebetulan Ikan Paus memang lagi butuh kemeja putih. Tapi, selain itu, ada filosofi di balik kemeja putih ini :D



Untuk jadi hadiah ulangtaun, sebenernya kemeja putih nggak terkesan istimewa. Dia sehari-hari banget dan nggak fancy. Tapi dia “simple thing that will be needed for the rest of your life”. Selalu ada moment Ikan Paus harus pake kemeja putih (atau item), terutama kalau dapet kerjaan main musik.



Menurut Dea, pernikahan mirip kemeja putih. Berbagi idup bikin pasangan nggak bisa selamanya fancy. Tapi idup bersama bikin dia tumbuh jadi “simple thing that will be needed for the rest of your life". Tapi lagi, karena simple, kita suka jadi taken for granted ngejalaninnya. Padahal segala sesuatu yang paling sehari-hari justru paling perlu diperatiin kenyamanannya.



Salah satu cara paling gampang untuk melihara pernikahan adalah ngucapin terima kasih. Bukan untuk hal-hal besar, tapi justru untuk hal-hal yang paling kecil sehari-hari:



Waktu Ikan Paus nyempetin ngejemput setelah ngajar, Dea ngucapin makasih.

Waktu Dea  nyempetin masak meskipun ada janji dan kerjaan, Ikan Paus ngucapin makasih.

Waktu Ikan Paus pulang lebih cepet karena Dea takut sendirian di rumah, Dea ngucapin makasih.

Waktu Dea bersedia nunggu pas Ikan Paus masih banyak kerjaan, Ikan Paus ngucapin makasih.



Dan seterusnya, dan seterusnya.



Ucapan terima kasih bikin kita selalu inget, setiap hal kecil yang dilakuin pasangan memudahkan keseharian kita. Pasangan kita juga selalu inget, setiap hal kecil yang dia lakuin ada artinya buat kita. Sejauh pengalaman Dea, ini efektif banget untuk melihara. Kabar gembiranya, ini nggak susah, bisa dipraktikin siapa aja di pernikahannya.



Ada yang bilang, sumber keributan di pernikahan biasanya hal kecil yang remeh temeh. Tapi di sisi lain, pernikahan juga dijaga sama hal kecil yang remeh temeh.



Percaya, nggak…?





Buat Lia, nuhun udah nemenin nyari kadonya, yak :D

Komentar