Evaluasi



Five hundred twenty-five thousand six hundred minutes
How do you measure, measure a year?

-Season of Love, OST Rent Musical-



Buat Dea, satu taun itu relatif. Ada masa ketika satu taun kerasa pendek-pendek dan masa anak-anak Dea jadi kerasa panjang sekali. Ada juga momen-momen setaun seperti dirapel dalam semester-semester pendek, sehingga Dea ngerasa jauh lebih tua di hari ulangtaun berikutnya.  


Dua taun terakhir ini adalah momen-momen semester pendek. Rangkaian peristiwa besar dan kecil yang terjadi serta pengalaman orang-orang di sekitar, bikin Dea ngeliat banyak hal dengan sudut pandang baru.

Belakangan Dea ngerasain perubahan-perubahan yang lumayan signifikan di diri Dea.

Pertama, dulu Dea masih sering dipanggil “Neng” atau “Teh”. Sekarang di mana-mana Dea selalu dipanggil “Bu”.

Kedua, Dea ngerasa lebih tenang dan makin  bisa hold back tanpa effort. Efek sampingnya, idup Dea malah tambah selow kayak Sakadang Kuya.

Di tengah-tengah kelompok Dea juga seperti punya peran baru. Dulu Dea selalu berperan sebagai penceria suasana. Dulu kehadiran Dea bikin keadaan lebih seru, tapi kalau nggak ada juga nggak apa-apa. Ibaratnya kayak krupuk di set nasi rames.

Tapi akhir-akhir ini Dea sering dapet peran sebagai peng-cover emosi orang-orang. Kalau ada yang meledak-ledak atau berat load-nya dalam suatu tim, Dea sanggup ngedampingin dengan tenang dan nggak terlalu gampang kepengaruh. Kalau ada yang harus didiemin supaya lebih efektif, Dea juga bisa lebih cool dan tega.

Meskipun tetep ogah jadi leader dan ngambil kerjaan-kerjaan praktis yang merepotkan, kemampuan baru ini bikin Dea sanggup nyupport si leader dan jadi temen bicara yang reliable buat mereka. Lebih cermat juga ngobservasi situasi dan ngebaca polanya orang-orang. Ini kekuatan baru yang tumbuh pesat dalam dua taun dan Dea cukup senang sama keterampilan baru ini :D

Kalau dites pake 4 Temperaments, selama bertaun-taun Dea Sanguine-Melancholic sejati. Tapi sejak mulai ngerasain perubahan-perubahan di diri Dea, Dea ngetes lagi. Ternyata Dea udah bergeser jadi seorang Phlegmatic dengan bumbu Sanguine. Melancholic-nya malah tinggal sedikit dan Choleric-nya tetep 0 sepanjang masa :p

Buat Dea, ulangtaun taun ini cukup istimewa. Sebelum ini, ada masa-masa ketika Dea ngerasa nggak berguna karena hanya menjadi krupuk di ramesan. Tapi taun ini Dea nemuin fungsi baru yang bikin Dea seharusnya mah bisa lebih berguna untuk sesama.

Ada yang bilang, jadi dewasa itu artinya ngeliat realitas yang ternyata kejam. Idup nggak seindah masa anak-anak dan kita mungkin akan jadi  lebih getir. Tapi setelah memasuki dunia dewasa, sudut pandang Dea ternyata nggak gitu juga.

Jadi dewasa adalah ngeliat lebih banyak. Bukan cuma yang buruk-buruk, tapi juga ngeliat yang baik-baik dengan kesadaran penuh. Karena segalanya jadi lebih terang, Dea juga bisa memberi lebih banyak. Ternyata peran mendewasa ini menyenangkan juga.

Tanggung jawab adalah konsekuensi atas segala yang kita mengerti ^^

Terima kasih buat semua yang udah ngebantu menumbuhkan Dea selama dua taun ini. Dea nggak bisa nyebut kalian satu persatu, but you know who you are. Ada yang nyenengin, ada yang nyebelin. Ada yang bikin Dea jadi punya harapan, ada juga yang bikin kecewa. Kalian semua satu paket kebaikan yang sama pentingnya. I respect you all.

Selamat ulangtaun, diri sendiri, semoga di taun mendatang  Solar Gemini-Lunar Virgo-Leo Rising ini bisa memberkati lebih banyak…

Bandung, 10 Juni 2018



p.s
Itu kueh bikinan sepupu Dea, pasangan suami-istri Ruben dan Nath-nath. Hiasannya dibikin sama Ruben yang memang animator. Satunya gambar Dea, satunya lagi gambar Astri, sepupu Dea yang ulangtaunnya cuma beda seminggu sama Dea. Ulangtaun taun ini kami rayain barengan karena tanggal 3 Juni—pas Astri ulangtaun—adeknya baru keluar dari rumah sakit setelah melahirkan.

Komentar

Ayrine Claudya mengatakan…
Wah!! 10th of June mates!
ulang tahun kita kebetulan sama hehe.
Happy Birthday Dea!
Yes, birthday always like a mandatory day to reflect on ourselves ;)
Hope it swell!
Salamataangin mengatakan…
Lho... sama toh...


Selamat ulangtaun kelewat seminggu, ya, Ayrineee ...:D

Tim Gemini yaaay ...