Pluto

Honor the space between no longer and not yet
-Nancy Levin-

Dalam astrologi Pluto adalah planet yang merepresentasikan transformasi. Ia berhubungan rahasia-rahasia yang tersimpan di bawah permukaan, misteri, kegelapan, tetapi juga segala yang dihancurkan untuk dibangun kembali.

Kekuatan yang dibawa Pluto suram seperti maut. Tetapi ia seperti perjalanan malam yang mengantar kita pada hari berikutnya; seperti perasaan-perasaan terlarang yang berani kita terima dan pahami; seperti biji kopi yang harus digiling dan diseduh agar dapat kita konsumsi secara sempurna; seperti batas diri kita yang kita pahami.

Bagi saya pribadi, Agustus lalu seperti Pluto: dingin, berbatu, dan jauh dari matahari. Banyak yang pergi, diakhiri, dan luluh lantak. Tetapi saya membiarkannya bersepai. Saya tidak berusaha untuk menahan apa-apa, termasuk kedatangan lara. Saya tahu lara hanyalah penghuni sementara, pembawa pesan yang tetap perlu saya layani dengan kesantunan sewajarnya.

Mulai edisi ini, www.salamatahari.com akan kembali terbit dengan tema dan beberapa posting per dua minggu sekali. Semoga perubah format ini menumbuhkan sesuatu.

Salamatahari, semogaselaluhangat dan cerah,
Sundea




0 comments: