Ahmad Zamakhsyari Sidiq: “Berlari adalah Mencoba Mengalahkan Diri Sendiri”

ade croppedNamanya Ahmad Zamakhsyari Sidiq. Tetapi sebagai anak ke dua di keluarganya, ia lebih akrab dipanggil Ade. Profesinya adalah pembuat aplikasi web. Tapi di samping itu, ia adalah pelari yang tangguh. Jarak 42, 125 km telah ditempuhnya di Bali Marathon.

Tepat satu bulan setelah ulangtahun www.salamatahari.com – 19 dan 20 Desember 2015 mendatang – Ade akan berlari sejauh 60-70 km bersama Nusantarun. Bukan sembarang berlari, kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pendidikan. Apa hubungannya? Simak obrolan salamatahari dengan lelaki Sagitarius berkepala plontos ini …

 
Halo Ade, cerita dong tentang kegiatan lo sehari-hari …
Halo, nama gue Ahmad Zamakhsyari Sidiq, tapi biasa dipanggil Ade. saat ini gue kerja di sebuah IT Konsultan di Bandung, jadi sehari-hari kerjanya bikin aplikasi web dan mobile dan sedang lanjut kuliah S2 di salah satu universitas negeri di Bandung.

Tapi setau gue elo “lari banget” anaknya. Dari kapan, sih, demen lari?
Sejak 2011 gue mulai aktif dan rutin lari. Awalnya gak begitu suka sama lari. Dulu waktu masih kuliah S1 olahraga rutin gue sama dengan kebanyakan orang; futsal dan basket. Dulu gue ngeliat orang yang suka lari kayak orang kurang kerjaan lari-lari sendiri, hahaha. Sampe suatu hari gue diajakin ikutan iseng-iseng lomba lari di Bali sama temen. Gue iyain aja karena pengen cari alasan jalan-jalan ke Bali. Abis event itu, gue mikir, ternyata lari asik juga dan gue jadi lumayan sering jogging pagi di Sabuga. Suatu hari pas lagi lari di Sabuga, secara gak sengaja gue ketemu kang Aki Niaki . Nah, setelah ketemu beliaulah gue diajak-ajakin ikutan komunitas lari, ikut acara lari dimana-mana.

I see. Menurut lo, apa manfaat lari? Apa bedanya sama olahraga lain?
Manfaat paling kerasa jelas dari lari sih jaga kondisi tubuh, ya. Kan lari itu termasuk olahraga yang ngelatih kardio (jantung) juga, jadi manfaat utamanya buat kesehatan sih. Beda paling kerasa sama olahraga lain itu – terutama di olahraga permainan kayak basket dan sepakbola – kita lari untuk ngalahin orang lain. Kalau di lari, kita mencoba ngalahin diri sendiri. Gimana caranya bisa lari lebih jauh, lebih cepet, lebih efektif, lebih fun dari diri kita yang kemaren.

Keren sekali tiga kalimat terakhir tadi. Terus, berapa jarak lari terjauh yang pernah lo tempuh?
Rute lari paling jauh kalo lari sendirian (bukan event) itu 30 kilo. Gue lari dari kosan di Cisitu sampai ke Lembang via Punclut, trus pulangnya lewat Setiabudi. Itu lari terjauh saat persiapan buat ikutan Full Marathon di Bali Marathon 2012, FM itu jaraknya 42,125 km.

Akhir tahun ini gue bakal ikutan event Nusantarun yang jarak totalnya 135 km. Tapi gue ikut tim relay jadi realnya bakal lari 60-70 km

Nah. Itu dia. Cerita dong tentang Nusantarun ini …
Nusantarun ini acara lari amal yang udah jalan 3 tahun, jadi tiap tahun venue nya beda, bersambung terus. Tahun pertama dari Jakarta - Bogor, tahun kedua Bogor-Bandung, dan tahun ini Bandung - Cirebon. Di setiap chapter lari itu, Nusantarun ngumpulin donasi via platform crowdfounding dan donasi yang terkumpul disalurkan ke yayasan yang terpilih. Biasanya beda-beda tiap tahun. Untuk tahun ini donasinya disalurkan ke GN-OTA

Dan yang taun ini lo ikutan ya? Akhir taun tuh tanggal berapa persisnya?
Iya. Gue rencananya 19-20 Desember ini ikutan Nusantarun Chapter 3.

Gimana hubungan antara si lari itu sendiri sama donasi?
Nusantarun ini lari amal yang agak unik. Jadi si partisipan (pelari) bakal ikut lari dengan jarak yang lumayan jauh (masuk kategori ultra running, diatas 50 km) dan para pelari ini ngajakin orang-orang di sekitarnya untuk ikut donasi ke Nusantarun. Nanti sama Nusantarun donasinya disalurkan ke yayasan yang telah dipilih, biasanya yang bergerak di dunia pendidikan. Jadi sebenernya lari jarak jauhnya ini buat naikin awareness dan kepedulian orang-orang supaya pada ikutan nyumbang ke cause nya Nusantarun ini.

Oh, gitu. Terus kenapa kegiatan yang dipilihnya lari, bukan yang lain?
Hmm, kenapa ya? Sepertinya karena yang bikin acara amal ini para pelari, hahaha, jadi bisa menyalurkan hobi gilanya dengan cause yang bermanfaat buat pendidikan di Indonesia.

Hahahaha … baiklah. Kalau elu sendiri … kenapa tertarik terlibat di kegiatan ini?
Ada dua alasan utama, sih. Pertama, gue udah lari dari tahun 2011 tapi belum pernah coba lari ultra (diatas 50 km). So part of it is to challenge my own limit. Yang kedua, ini acara lari amal. Cause yang dibawa sangat bagus yakni soal pendidikan, jadi gue pikir ini ajang yang tepat juga untuk nunjukin ke orang-orang disekitar gue, bahwa lari juga bisa bawa manfaat ke orang banyak, bisa kasih manfaat gak cuma ke si pelarinya tapi buat orang lain juga.

Ok. Kalau ada orang yang pengen terlibat di kegiatan ini gimana caranya?
Kalau ada yang mau terlibat untuk jadi volunteer, bisa daftar via webnya http://nusantarun.com/register/register_volunter. Tapi gue gak tau saat ini masih buka atau enggak kalo mau jadi volunteer. Nah cara lain buat terlibat di acara ini, jadi donatur. Support pelari dengan cara berdonasi via mereka, lebih jelasnya bisa buka platform crowdfunding yang dipakai oleh Nusantarun di http://indokasih.com/event/nusantarun.  Kalo mau donasi via gue juga bisa lho (hahaha promosi) http://indokasih.com/campaign/ade.

lari di track

Hasek. Sekarang pertanyaan yang berhubungan sama lari dan ulangtaun salamatahari yang ke-6, ya. Kalo lari, lo suka denger lagu nggak?
Kalo larinya di track lari (semisal Sabuga, GOR Padjadjaran, GOR Saparua) suka pake. Tapi kalo larinya di jalan raya, biasanya enggak. Soalnya kan agak bahaya, kita bisa jadi kurang aware sama sekitar kita.

Iya juga, ya. Oke deh. Kalo lari di track lari, sebutin enam lagu yang paling enak lo dengerin sambil lari berikut alesannya. Kayak soal ulangan ya pertanyaan gue?
Hahaha …lagu yang sering gue dengerin banyak, sih. Kalau enam, playlist gue:
- Sweet Disposition - Temper Trap
Cocok buat start lari. Temponya semangat. Di awal agak pelan dulu terus makin lama makin cepet, dan lari dengan pace yang cukup cepet
- Love Lost - Temper Trap
Seperti lagu-lagu Temper Trap yg lain, nge-beat, enak buat mompa semangat dan jaga pace kenceng
- Sleep Alone - Two Door Cinema Club
Yang ini buat pace kenceng juga, cocok buat jarak pendek misalnya 5K atau pas lagi latihan interval
- Every Teardrop is a Waterfall - Coldplay
Ini enak buat segala jenis lari, mau kenceng, santai, jauh, deket, kudu ada di setiap playlist klo yang ini
- Lost Stars - Maroon 5
Cocok kalo lagi galau dan lari dari kenyataan, eh, bukan, bukan, maksudnya kalo mau lari slow pace dan agak lama, misalnya lagi latihan long run buat marathon.
- Pulang - Float
Lagu ini enak pas mau nurunin tempo dan pace lari atau saat pendinginan. Literally pas udah mau pulang, udahan larinya.
Boleh dicari lagu-lagunya dan kamu jadiin playlist lari kamu juga …

Okeh. Terakhir. Coba definisiin lari dengan enam kata
Wah susah nih, hahaha …

Ayo, dunks … hihihi … lari adalah …
… is life, with the volume up

Great! Makasih, ya, De, suksyais kegiatan Nusantarun-nya nanti. Moga-moga situ sehat, semangat larinya, dan banyak yang jadi pengen berkontribusi di Nusantarun …
Sama-sama, hehe maap klo jawabannya kurang memuaskan

Enggak, kok, memuaskan sekali ini jawabannya …

Ketika hendak menutup artikel ini, lagu “Pulang” Float terngiang di kepala saya

Dan lalu...
O, langkahku tak lagi jauh kini
Memudar biruku
Jangan lagi pulang! Jangan lagi datang!
Jangan lagi pulang, rindu!
Pergi jauh!
Dan lalu...
Dan lalu...

… dan lalu, sepenggal lagu dalam kepala mengubah langit gelap di atas atap menjadi sore yang hangat dan jingga. Senja berlari pulang menutup hari ini, namun menjanjikan hari esok yang lebih baik …

Percayalah. Pendidikan adalah stamina yang dapat membekali sebuah bangsa berlari sejauh-jauhnya …
nusatarun
Sundea

foto dok. pribadi Ade

0 comments: