Abebe- a Geminixtape

“The butterfly counts not months but moments, and has time enough.”
~ Rabindranath Tagore

Abebe. Begitulah suami saya dan saya menamai kupu-kupu yang menjadi model sampul mixtape ini. Dalam bahasa Kuanua, Papua, abebe berarti kupu-kupu. Salah satu lagu tradisional Papua bertajuk “Abebe” – yang juga saya sisipkan dalam mixtape ini – bercerita mengenai kupu-kupu yang merepresentasikan roh leluhur.

Foto yang menjadi sampul mixtape ini diambil tak lama setelah Abebe keluar dari kepompongnya, dan sesaat sebelum ia terbang meninggalkan taman kecil rumah kami. Selama lebih dari seminggu, setiap hari suami saya dan saya menengok calon Abebe yang menggantung anteng persis di bawah pohon kari. Kami tak pernah tahu kapan ia akan menjadi kupu-kupu. Tetapi ketika akhirnya ia tetas dan retas, dengan gembira kami membiarkannya terbang melampaui atap rumah kami. Tak ada keinginan untuk menahannya lebih lama.

Metamorfosa. Misteri. Keindahan. Permainan. Kebebasan. Momen. Adalah hal-hal yang tersirat di warna-warni sayap kupu-kupu. Meski mungil dan tak tampak tergesa, kupu-kupu tak mudah ditangkap. Mereka yang berusaha untuk menangkap dan mencengkram kupu-kupu akan merusak sayapnya, lantas kehilangan hal-hal terbaik yang mungkin diberikan serangga kecil ini. Tetapi sebaliknya, mereka yang tak berusaha melanjar apa-apa dapat menyimpan momen-momen terbaik dan persahabatan yang tak mengikat dengan si kupu-kupu.

Bukan tanpa alasan jika beberapa referensi menyebut Gemini sebagai “butterfly of the zodiac”. Mereka yang bernaung di bawah zodiak ini juga tak mudah ditangkap meski kadang terlihat jinak dan rapuh. Hidup bergerak cepat bagi para Gemini, ringan bertiup dari satu momen ke momen lainnya. Kedatangan dan kepergian mereka tak mudah diprediksi karena kebebasanlah yang mengendarai mereka. Ketaksaan mereka tak perlu dijelaskan. Kisah-kisah yang mereka bawa sebaiknya tak dipaksa bersekuel.

“Abebe – a Geminixtape” bercerita mengenai kekupukupuan Gemini. Diunggah sebagai posting di www.salamatahari.com edisi 166 untuk merayakan jam tayang Gemini yang jatuh pada 21 Mei hingga 20 Juni. Berikut lagu-laguannya:

  • Butterfly Cycle (metamorphosis) – Mr. R’s song
  • Little Butterfly Friend – Elmo (Sesame Street)
  • Abebe – Papua New Guinea traditional song
  • Butterflies are Free – The Free Design
  • Sleeps with Butterfly – Tori Amos
  • Papillon – Chaka Khan
  • Butterfly – Jason Mraz
  • Butterfly High – Paper Fortress
  • Gemini – Elisabeth
  • Magic Garden – 5th Dimension

… Psst lagu penutup di Geminixtape ini adalah rahasia “menangkap” Gemini tanpa harus mencengkramnya. Ada, lho, orang-orang yang berhasil melakukannya ;)

Silakan unduh “Abebe-a Geminixtape” di sini dan dengarkanlah sambil bersenang-senang ^^

Butterflies are free, and so are we …

Salamatahari, semogaselaluhangat dan cerah,
Sundea


cover mixtape aplot

Komentar

Unknown mengatakan…
Happy birthday for both of us.
fly fly away..
Unknown mengatakan…
wih udah nikah kak.. ini ignatindra yg pernah pesen dari kra, web satunya di hack yha kak?
Unknown mengatakan…
ada iistagram ga buat zodiak hehe. kan asik kan. instagram juga rame buat promo lho kak