Tips Mengganti Vetsin

 


Teman-teman, meskipun merknya “Bagus”, isi plastik itu bukan kamper. Sungguh. Isi plastik itu adalah bongkah-bongkah pengganti vetsin. Rasanya lebih gurih, dan tentunya lebih sehat. Mau tahu cara membuatnya?

Bahan-bahan: 

  • Ceker dan tulang ayam 
  • Wortel
  • Bawang Bombay
  • Seledri 
  • Daun bawang

Cara Membuat



Kupas wortel dan bawang bombay, cincang wortel, bawang bombay, seledri, dan daun bawang.


Cemplungkan ceker, tulang ayam, wortel, bawang bombay, seledri, daun bawang ke dalam air yang bisa merendam mereka seperti banjir bandang.

Rebus dengan api kecil selama enam jam. Kamu sendiri bisa bersenang-senang dengan hal-hal lain selama enam jam.




Kaldu terjadi setelah air banjir bandang tadi mengental, pertanda sari-sari bahannya telah pindah ke kuah. Saat itu, angkat jenazah-jenazah sayur dan daging, lalu kubur sebagai pupuk tanaman. 


Tuangkan kaldu ke cetakan es batu, kemudian bekukan. BEKUKAN. Kata beku ini ditekankan karena www.salamatahari.com edisi ini temanya “Beku”.


Gunakan bongkah-bongkah kaldu itu ketika memasak. Kira-kira dua-tiga bongkah untuk masakan porsi empat orang. Kaldu beku ini bisa disimpan cukup lama di freezer kita. Kuat kok sampai enam bulan juga. 


Maka posting yang ibu-ibu sekali ini menjadi posting penutup di zine-zine-an online edisi ini. Semoga bermanfaat, ya, Teman-teman sekalian ^^v


5 comments:

dweedy ananta mengatakan...

Wuhaaaa ide keren >.< selama ini aku perbanyak bawang putih saja buat pengganti vetsin

Sundea mengatakan...

Ini ngaruh banget. Aku pake ini terus, terutama kalo masaknya sayur . Dan praktis :D

julius pram mengatakan...

👍

julius pram mengatakan...

👍

Monika Ary Kartika Soetjipto mengatakan...

Wahaaa Dea Sang Koki... Cuco ini resep ibu-ibu.... Dibekukiin di tempat es wkwkwk, oukee oukeee Ibu Dea, tq sharing resepnyooo