Astrini dan Berkas Cahaya Pelita Potensi

astri Pelita Potensi tak hanya memberikan terapi pada anak-anak yang umum kita pahami berkebutuhan khusus. Klinik ini juga menaruh perhatian pada postur tubuh, motorik halus, emosi yang kurang seimbang, dan hal keseharian lainnya. Pelita Potensi sadar bahwa hal-hal yang sering kita anggap sepele itu kerap membawa dampak besar kepada banyak aspek penting di hidup kita.
Tempat menyenangkan yang usianya belum sampai dua tahun itu berlokasi di Paskal Hypersquare blok A-26, Bandung. Didirikan oleh kakak beradik Astrini dan Lestiya.

Dengan tagline “tumbuh, kembang, dan bersinar”, Pelita Potensi percaya setiap orang berhak berkembang maksimal sesuai dengan potensinya. Karena itulah di Pelita Potensi alias Pepo, setiap klien digali potensi pribadinya dengan terapi yang sangat personal.

Ingin tahu lebih jauh mengenai Pelita Potensi? Ini obrolan Dea dengan Astrini …



Tri, apa aja, sih, kegiatan kamu sehari-hari?
Saat ini kegiatan sehari - hari terkait dengan latar belakang pendidikan dan juga keinginan utama, yaitu jadi dosen tetap di Dept. Psikologi Binus University, Jakarta, dan menjalankan Pelita Potensi di Bandung. Keinginan utama saya adalah bisa bantu orang lain dengan ilmu yang dimiliki.

Emang kamu latar belakang lmunya apa?
Latar belakang pendidikan saya psikologi, dan setelah selesai S1 melanjutkan ke Magister Profesi Psikologi Majoring di Psikologi Pendidikan.

Sekarang tentang Pelita Potensi, Tri. Jadi sebenernya Pelita Potensi ini apakah?
Pelita Potensi ini sebuah biro psikologi dan juga pusat tumbuh kembang untuk anak - anak. Didirikan bersama dengan Lestiya, adik saya yang juga psikolog anak. Ini berawal dari mimpi kami berdua untuk bisa membantu semua individu menerangi potensi - potensinya agar dapat berfungsi optimal di dalam lingkungan.

Program dan kegiatannya apa aja?
Layanan yang ada saat ini adalah konseling untuk masalah anak sampai dewasa, psikotes minat bakat untuk remaja, dan juga ada terapi okupasi dan fisio untuk anak - anak. Selain itu ada juga program seminar dan workshop untuk orang tua, guru maupun profesional, program kerja sama dengan sekolah/ institusi pendidikan.

Ada nggak cerita yang berkesan banget selama ngejalanin program-program Pelita Potensi ini?
Mmm apa ya hehe... cerita yang memotivasi selain dari kemajuan anak - anak yang ikut terapi, juga waktu kita mengadakan workshop Brain Gym 101, awalnya deg-degan ada ngga ya pesertanya, ternyata setelah workshop selama 3 hari, semua peserta sekitar 13 orang di akhir sesi workshop memberikan testimoni bahwa mereka semua merasakan manfaat dan mendapatkan ilmu dari workshop, bahkan sampe ada beberapa yang menangis terharu, hal ini menyemangati kami untuk terus jalan. 

braingym
Para peserta Brain Gym

Di Pelita Potensi contoh kasusnya apa ajakah …?
Untuk contoh kasus sih macem - macem ya, ada aja kasus anak yang memang hanya butuh dibantu untuk bisa lebih baik postur tubuhnya, atau supaya bisa lebih mengatur dan mengontrol tubuh dan emosinya, atau supaya bisa terlatih motorik halusnya, ada yang butuh terapi karena memang ada keterlambatan perkembangan, ada juga yang memang belum bisa mengatur emosinya di usia sudah mulai masuk sekolah sehingga butuh terapi untuk membantunya bisa mengintegrasikan sensorinya supaya pada akhirnya dapat mengatur emosi dan dirinya.

Oh … berarti yang bisa diterapi di Pelita Potensi bukan cuma anak-anak yang autis, down syndrome, atau anak-anak berkebutuhan khusus lainnya, ya?
Bukan cuma yang berkebutuhan khusus, tapi ada juga yang memang anak berkebutuhan khusus dan butuh terapi untuk bantu perkembangannya.

Gimana awalnya kamu bikin Pelita Potensi?
Awalnya dari mimpi bersama adik, kemudian dipertemukan dengan teman pada saat kuliah S2 yang sudah mendalami tentang intervensi untuk anak - anak di suatu program. Dari situ, dimulailah diskusi-diskusi. Awalnya masih seperti mengkhayal. Tapi lama-lama hasil diskusi itu bisa direalisasikan dalam wujud si Pepo ini.

Apa yang ngebedain Pelita Potensi dengan klinik-klinik lain pada umumnya?
Perbedaan Pepo dengan klinik lain, kalau untuk terapi Pepo mengkhususkan 1 ruang terapi hanya digunakan untuk satu anak, jadi program terapi yang diberikan bisa disesuaikan betul dengan kebutuhan anak, tidak digunakan berbarengan untuk terapi beberapa anak. 

image

Lalu, orangtua harus ikut di dalam ruang terapi, karena penekanan terapi di Pepo adalah home program yang harus dilakukan orangtua atau care giver di rumah, sehingga mereka harus melihat apa yang dilakukan di ruang terapi dan bisa dicontoh untuk dilakukan di rumah. Selain itu, pendekatan yang dilakukan di Pepo untuk penanganan anak itu interdisipliner, jadi tidak hanya psikolog atau terapis aja yang kerja, tapi semuanya saling terkait, komunikasi harus ada antara psikolog, terapis, dan juga dokter ataupun tenaga profesional yang lain... pendekatan lain ya dengan bermain, karena tugas dan pekerjaan anak anak kan bermain... :)

Iya! Itu banget hehe … terus … apa aja kendala dalam menjalankan Pepo ini?
Kendala banyak, namanya usaha, apalagi usaha yang baru seperti ini membutuhkan modal yang cukup banyak. Karena belum bisa merekrut karyawan, jadi semua kerjaan harus dilakukan berdua dengan adik, sehingga terkadang ada juga beberapa pekerjaan yang harus tertunda. Tapi dengan iman, pelan-pelan kami usahakan satu - satu bisa diselesaikan. Puji Tuhan sampai saat ini pertolongan Tuhan selalu datang di waktu yang tepat.

Terus yang jadi penyemangat waktu kendala-kendala itu datang …?
Melihat anak - anak berkembang menjadi lebih baik itu tidak terbayar rasa bahagianya. Kemajuan anak-anak ini terutama bukan karena terapisnya, tetapi karena anak itu sendiri dan dukungan orangtuanya. Hal ini juga menjadi penyemangat, bahwa segala sesuatu yang dilakukan dengan niat baik, kerjasama dengan orangtua yang kooperatif, ternyata bisa memberikan hasil yang luar biasa pada kemajuan perkembangan anak.

image

Kenapa milh nama Pelita Potensi dengan tagline “tumbuh kembang dan bersinar”?
Nama Pelita Potensi itu sebenarnya diambil dari tujuan kami untuk bisa membantu menerangi potensi - potensi individu untuk bisa berfungsi optimal di lingkungan. Terkadang ada potensi - potensi yang masih tersembunyi dan tidak diketahui oleh individu, maka kami membantu menerangi potensi tersebut supaya individu bisa bertumbuh, berkembang, dan kemudian bersinar di lingkungannya. Selain itu, kami juga sangat ingin menerangi pertumbuhan dan perkembangan anak - anak dengan memberikan edukasi ke orang - orang yang ada disekitar mereka. Lingkungan sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak - anak ini.

Terakhir. Ada yang mau disampaikan ke pembaca www.salamatahari.com?
Mmm... semua individu itu punya hak untuk tumbuh, berkembang dan bersinar di lingkungannya apapun keadaan mereka, oleh karena itu kita semua diharapkan bisa saling memberikan pengaruh positif ke lingkungan sekitar supaya kondusif dalam memberikan pengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

Baiklah. Makasih, ya … semoga lewat Pelita Potensi, lebih banyak lagi temen-temen kita yang “tumbuh kembang dan bersinar” sesuai potensinya =)

image

Saya teringat pada cuplikan lirik dalam lagu Fix You milik Coldplay. “Light will guide you home/and ignite your bones/and I will try to fix you”.

Semoga cahaya-cahaya kecil yang dipendarkan Pelita Potensi dapat mengantar siapapun kepada potensinya, jangan sampai tersesat, apa lagi hilang dalam kegelapan yang entah.

Kunjungi Pelita Potensi di Paskal Hyper Square Blok A-26, atau bisa juga menghubungi ke 022-86060595 / 081315780670. Silakan pula bertandang ke situs mereka di http://pelitapotensi.com/.

Sundea

foto-foto dok. Pepo.

0 comments: