Theodora Nyndita Dewayani Berkerabat Kerja

 dytabantalSetiap acara televisi yang kita tonton digarap secara guyub. Demikian guyubnya, sehingga team work dalam sebuah acara televisi kerap disebut “kerabat kerja”. 

Pada suatu hari, Dea menanggap Theodora Nyndita Dewayani, salah satu anggota “kerabat kerja” di B Channel. Di sela-sela kesibukannya, Dea masih sempat mengajak gadis lulusan Komunikasi Atma Jaya Yogyakarta ini mengobrol seputar kekerabatkerjaan. Apa, sih, serunya berkerabat kerja? 



 

Halo, Dyt … dari kapan kamu mulai kerja di tivi-tivian gini dan apa yang bikin kamu tertarik kerja di wilayah ini?
Dari 2005 sampe sekarang. Gara - garanya dulu liat kakak sepupu Dyta kerja di RCTI jadi reporter dan anchor, trus tugas jalan-jalan, jadilah aku pengen ikutan kerja di tv. Ternyata kepikiran terus nih pengen kerja di medianya, sampai akhirnya kuliah pilih jurusan itu dan cari kerjanya juga di media. Dulu di stasiun (niiiiit), sekarang di B Channel. 

Jadi di B Channel ini kamu bagian apa?
Dyta kerja di divisi produksi. Tugasnya bikin inhouse program mulai dari ngerancang konsep acaranya, shooting sampai preview tayangan editingnya.

Dan acara favorit kamu di B Channel ini?
Apa yaaaa... “Cuap-cuap”... suka sama Ronal- Tikeu-nya hehe

Situasi kerjanya gimana, Dyt?
Situas kerjanya bebas bertanggung jawab. Bebas kamu mau ngapain asal ga melanggar aturan kantor, tapi bertanggung jawab sama kerjaan dan deadline dipatuhi. Sama bos bos juga bisa diskusi, kok. Jadi sampai detik ini sih enak hehe.

Kalo hubungan kamu sama segenap kerabat kerja yang bertugas gimana?
Nahhh Dyta kan baru nih ya di sini ... jadinya masih proses mengenal. Tapi sampai sejauh ini sih baek- baek dan helpfull kok. Selama kita menghargai, minta tolongnya juga sopan, kerjaan kita pasti lancar. Kan balik lagi ini team work. Acara tv ga akan bagus kalo hanya sekedar konsep, butuh temen - temen camera person, audioman, lighting, control room, technical support dan technical producer, property, wardrobe, make up, editor,  set design, director, floor director, talent, unit production yang pegang uang, driver dan ob juga lohh biar eksekusi tayangannya bagus …

Dari antara semua kerabat kerja yang bertugas, ada nggak yang secara personal akrab banget sama kamu?
Belum ada kalo di sini, tapi ada beberapa  temen buat curhat soal kerjaan hehe *berpikir sejenak* Ooo tapi di sini ada cerita mengharukan, nih, waktu tugas luar kota, dompet Dyta hilang. Alhasil semua uang saku, atm, uang dinas dari kantor, hilang semua. Ada temen yg baru 5 hari dyta kenal, dia beli makanan oleh - oleh sampe dua kantong besar. Taunya satu kantong dikasih ke Dyta ... antara terharu sampai takjub gitu ...

Namanya juga kerabat, ya … hehe … ngomong-ngomong, dari antara semua kerabat kerja, kamu paling nggak segen minta tolong sama siapa?
Kreatif. Kerjaan mereka kan bikin konsep acara, jadinya aku paling sering ngejar-ngejar update dari mereka. PA (Production Assistant) biar Dyta bisa tau aman lancar jaya editingan dan preparation shooting dan crewnya ( kreatif dan PA itu part of tim produksi program juga soalnya hehe ), sama talent buat tahu update artis biar tau budgetnya tuh artis ok atau ngga hihi.

Apa suka dukanya kerja bareng kerabat-kerabat kerja begini, Dyt?
Sukanya hihihi... bisa bareng-bareng ketemu sama banyak orang, bisa jalan-jalan, bisa ngeliat artis dari yang keren sampe yang norak, bisa ketemu tokoh - tokoh. Ngga sukanya hmmm ga suka kalo ada temen yang suka nunda - nunda kerjaan. Kan ini team work ya, jadinya klo satu orang suka nunda kerjaan efeknya ke deadline dan kerjaan temen - temen lainnya.

Ngomong-ngomong, kenapa, sih tim kerja di televisi suka disebut “kerabat kerja” bukan staff aja misalnya?
Biar akrab kali Dea hahahahaa ...

Perasaan kamu kalo liat list “kerabat kerja” di akhir acara?
Maksudnya credit title kali, ya?

Maunya kerabat kerja, ah … hahahaha …
Hahahahaa ... sebenernya sih credit title itu bentuk penghargaan ke orang yg ngerjain ya hehehe ... dan kalo kata temen Dyta, buat bukti ke orang rumah kalo kita keluar rumah beneran kerja shooting ga main-main hihihi... kalau perasaannya … dulu pas awal seneng banget, sekarang sih biasa aja hahahaa… 

dytajasujan

Pertanyaan terakhir. Apa pendapat kamu tentang www.salamatahari.com?
Dea bangeeeetttt ituuuu hahahahaa

Baiklah. Segenap kerabat kerja www.salamatahari.com yang bertugas … eh … tunggu dulu. Kerabat kerja? Dea kan kerja sendirian. Zine-zine-an online ini kan proyek solo nirlaba, yak … hahahahaha …

Dyta kembali ke tengah-tengah kerabat kerja B Channel, sementara Dea kembali menekuni laptop Dea sendiri. Karena sempat ada beberapa orang yang bertanya, di kesempatan ini Dea sekalian menegaskan bahwa pada dasarnya www.salamatahari.com adalah proyek solo nirlaba yang keredaksiannya dikerjakan sendiri oleh Sundea ;)

Tetapi seluruh pembaca dan teman-teman kolaborator adalah kerabat terkasih zine-zine-an online ini. Itu sebabnya, di tengah kesibukan apapun di luar sana, Si Dea tetap berusaha mencari ritme rutin untuk “pulang” ke www.salamatahari.com dan tak putus berbagi cerita =)

Sundea

0 comments: