Banjir Menggonggong, Anjing yang Dikenal Joshua Setiawan Berlalu

oranggendongguguk Ada yang pernah melihat foto di sebelah ini? Peristiwa yang ditangkap dalam gambar ini memang unik sekaligus menyentuh. Ketika gambar momentum banjir sedang marak di sosial media, foto ini termasuk salah satu yang ikut beredar.
Ternyata pemilik foto itu adalah seorang mahasiswa desain grafis di sebuah universitas swasta Jakarta, namanya Joshua Setiawan. Siapa anjing di foto itu? Ada cerita apa di baliknya? Bagaimana foto itu bisa tersebar?

Kalau penasaran, baca artikel ini …



 

Joshua, sehari-harinya kegiatan kamu apa, sih?
Ni yaa. Nama saya Joshua Setiawan profesi saya mahasiswa kegiatan saya sehari-hari latian basket, maen game online.

sebastian joshua

Kamu tinggal di daerah mana? Kebanjiran nggak?
Saya tinggal di daerah Sunter Jakarta Utara. Rumah saya kebanjiran karena deket juga sama Gading haha. Saya si baru kali ini kebanjiran cape beresin rumah hahaha.

Itu yang di foto anjing kamu?
Bukan. Itu anjing sepupu saya, dia yang potret. Kebetulan itu supir sepupu saya yang nggendong anjing sepupu saya. Supir sepupu saya namanya Pak Roy, anjingnya namanya Ryuu.

Ooooh. Itu di daerah mana?
Gading.

Pas foto itu diposting ada beberapa orang yang nanya. “Kok anjingnya nggak disuruh berenang sendiri? Kan anjing bisa berenang …”
Dia bisa berenang cuma ga tega lah kalo disuruh berenang, takut hanyut, makanya dia digendong. Terus saya ga mau sampe terjadi kaya gitu lagi, kasian anjingnya kedinginan …

Gimana ceritanya foto itu bisa kesebar, Josh?
Ohh itu. Iseng-iseng fotonya saya upload ke twitter dan kebetulan saya tag ke twitter account @FaktaKeren

Kamu sendiri punya binatang peliharaan nggak?
Kalo saya, saya juga punya peliharaan anjing mini pom saya. Anjing saya saya taro di atas haha dia ga berani sama air, kalo banjir yang pertama saya selametin tuh ya anjing saya karena saya juga pencinta hewan peliharaan haha.

Kamu gendong-gendong anjingnya?
Iya, dong, saya gendong hahaha …

Nah, sekarang pertanyaan yang agak serius. Apa yang muncul di kepala kamu kalo denger kata “Banjir Jakarta”?
Yang muncul di kepala saya, banjir itu emang udah resiko ya kalo masyarakat Jakarta masih buang sampah di mana-mana. Ya mau bagaimana lagi? Saya si pasrah aja kalo udah dengar kata banjir. Toh itu juga sudah diatur sama “yang di atas”.

Kalo pendapat kamu tentang kinerja Jokowi-Ahok?
Kalo menurut saya Pak Jokowi dan Pak Ahok si sudah benar ya. Gerakan-gerakan yang dia lakuin sudah menunjukan kalo dia benar-benar gubernur yang peduli sama kotanya. Saya salut sama Jokowi- Ahok. Lagipula menangulangi banjir Jakarta kan ga mungkin bisa instant langsung selesai.

Iya, bener, ya. Kamu punya harapan apa seputar banjir Jakarta ini?
Harapan saya supaya warga di Jakarta ini ga buang sampah sembarangan dan jangan memperbanyak proyek gedung-gedung tinggi d Jakarta. Jakarta sudah terlalu sumpek dngan gedung-gedung tinggi. Kalo bisa perbanyak lagi taman-tanaman hijau di Jakarta ini.

Terakhir. Apa pendapat kamu tentang rubrik “penyalamatahari” di www.salamatahari.com?
Pendapat saya tentang rubrik penyalamatahari, semoga rubrik ini semakin maju dan sukses terus karena ga smua orang bisa menyampaikan aspirasinya. Semoga dengan adanya rubrik ini orang-orang bisa menyampaikan kata hati mereka.

Asik. Makasih, ya, Josh, sukses selalu …
Sama-sama …

Ketika melihat foto Pak Roy menggendong Ryuu, saya teringat pada lagu “Lean on Me” –Bill Whiters

Lean on me, when you're not strong
And I'll be your friend
I'll help you carry on
Please swallow your pride
If there is a load you have to bear
That you can't carry
I'm right up the road
I'll share your load ...

Begitulah. Wawancara ini dilakukan melalui facebook dengan pendekatan “mak bedunduk”. Tahukah kamu apa itu mak bedunduk? Tanyakan pada temanmu yang berasal dari Jawa Tengah … hehehe …

Semoga tulisan kecil lucu-lucuan ini dapat menjadi sandaran bagi yang lara dan lelah …
Sundea

Special thanks untuk Lioni Beatrix

5 comments:

dani mengatakan...

mak bedunduk adalah dengan tiba2, terjadi begitu sja..spontan gitu lah. :)

uwuwuw...terharu liat potonya.. :)

Sundea mengatakan...

Iya, itulah dia mak bedunduk hehehe ...

Emang bener, dari pertama liat, Dea langsung tertarik sama foto ini ...

joshua setiawan mengatakan...

thanks zine nya hehe

joshua setiawan mengatakan...

thanks zine nya haha

Sundea mengatakan...

Samasama, Josh, makasih juga wawancara sama fotonya =)