Cerita Singkat tentang Anak Beruang yang Menggarami Lautan

Ayah dan Ibu Beruang mengajak Anak Beruang berakhir pekan di pantai. Anak Beruang senang sekali. Ia suka pada pasir. Ia suka pada kerang. Ia suka angin yang sejuk tapi hangat. Ia suka pada tukang es. Dan ia suka jika tak sengaja lidahnya menjilat air laut yang asin. 

“Aku mau bawa garam, ya, Bu,” kata Anak Beruang sambil membongkar-bongkar lemari dapur. 

salt





“Buat apa garam?” tanya Ibu Beruang yang sedang sibuk mengemas barang-barang yang akan dibawa ke pantai.
“Untuk menggarami lautan,” sahut Anak Beruang.
“Anak Beruang! Kenapa sih kamu sering sekali punya ide yang tidak-tidak?”
“Siapa bilang ini ide yang tidak-tidak? Ini ide yang iya-iya, kok, Bu,” tanggap Anak Beruang
“Tidak ada gunanya, Anak Beruang. Laut itu sudah asin, tidak perlu digarami lagi!” tukas Ibu Beruang.
Anak Beruang hanya meringis. Ia menggondol wadah garam tanpa menanggapi kata-kata ibunya lagi.

Begitu tiba di pantai, Anak Beruang menghambur ke tepi laut untuk menebar garam. Sedikit demi sedikit garam-garam itu berenang ke tengah laut dijemput ombak kecil. Anak Beruang berjongkok. Ia senang memperhatikan garam-garam yang tadinya bergerombol takut-takut, mulai berpencar memilih arahnya sendiri-sendiri.

Laut memang sudah asin. Dengan menggarami lautan, Anak Beruang tak pernah bermaksud membuat laut menjadi lebih asin lagi. Anak Beruang hanya percaya setiap hal harus mengenal rumahnya, termasuk garam. Hari itu ia membawa garam ke lautan agar mereka tahu dari mana mereka berasal. Jangan sampai mereka menyangka laut hanya selebar mangkuk sup.

Hari itu Anak Beruang tidak membawa apa-apa ke pantai. Ia tak butuh handuk, karena ia yakin tanpa handuk pun ia akan kering sendiri. Ia tak membawa mainan karena di pantai, ia dapat bermain dengan apa saja …

anakberuanggarem
Sundea

4 comments:

nisa mengatakan...

wah.. anak beruang cerdas sekali ya.. pasti ranking satu terus ya di kelas? hehehe

Andika mengatakan...

Gw mulai suka banget sama Ibu Beruang, hihihi ...

Sundea mengatakan...

@Nisa: Anak Beruang nggak sekolah ...

@Andika: Ibunya bintangnya Virgo (penting, ya? Hehe ...)

Putra Jawa Timur mengatakan...

Brp sih no telvonx ibu bruang nih ya....