Chant

Ada perbedaan antara “chant” dan “song” alias “lantunan” dan “lagu”. “Chant” yang mengambil bagian dalam kata “enchant” mengandung kesan magis. “Chanting” adalah istilah yang digunakan dalam pengucapan mantra, dan “lantunan” adalah istilah yang sering digunakan untuk cara menyampaikan doa. Berbeda dengan lagu yang tersusun atas nada-nada yang cenderung konvensional, bunyi lantunan lebih cair sifatnya. Roh yang dibawanyalah yang memegang peranan. 

Minggu ini www.salamatahari.com berbagi cerita seputar “chant” atau “lantunan”. Ada kisah Anak Beruang yang melantun bersama jemuran-jemuran keluarga beruang, ada lantunan beruang kecil di angkot Lembang, dan ada lantunan doa untuk Bob dan Meiry, pasangan penggerak “Maicih hadap depan” yang baru saja melangsungkan resepsi pernikahan mereka 28 Agustus 2012 yang lalu.

Rabu 29 Agustus 2012, umat Hindu baru saja merayakan Galungan. Mari kita berikan ucapan selamat pada mereka =)

Di edisi ini 130 ini, setelah “berpuasa” posting satu bulan lamanya, www.salamatahari.com menghadirkan penyalamatahari khusus dari Bali, Netra Ratryanti, yang bercerita tentang Galungan dan lantunan magis penuh pesona dari pulau dewata tersebut. Layaknya Idul Fitri bagi umat muslim, di dalam Galungan umat Hindu merayakan kemenangan melawan hawa nafsu.

Teman-teman, karena hidup itu ajaib, lantunkan doa- doa dan mantra versimu sendiri. Temukan pesona di hidupmu setiap hari.

Semoga irama yang terbaik selalu menyelaraskan langkah-langkahmu.

Salamatahari, semogaselaluhangat dan cerah,
Sundea

cover130aplot

0 comments: