Humarditya Norma Hermawan Sang Yellow Pages Bis

humaresized Namanya Humarditya Norma Hermawan, baru saja menyelesaikan kuliahnya di Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Yogyakarta, dan akan diwisuda 13 Juli mendatang. Lalu apa yang istimewa dari Mas-mas ini? 

Ia – yang berakun twitter @Humar_bis – adalah pencinta fanatik bis. Ia tahu segala detail seputar bis, mulai dari jenis, jam keberangkatan, tujuan, harga, sampai posisi kursi. Di antara teman-temannya, ia dikenal sebagai sumber informasi perbisan. 

Padahal sebetulnya profesinya sama sekali tak ada hubungannya dengan bis. Lelaki 23 tahun ini adalah pemilik dan penulis di sebuah situs musik Yogyakarta: http://www.jogjastock.com/. Ajaib bukan? Simak wawancara Salamatahari dengan Mas Humar ;)

 

Mas Humar, jadi musik sama bis itu ada hubungannya nggak?
Hubungan musik dan bis. Hampir ga ada dalam kehidupan saya, hanya saja saya juga menyukai musik dangdut koplo Jawa Timuran karena pengaruh dari seringnya naik bis. Kebanyakan bis di Jatim, Jateng, DIY, bahkan Jabar dan DKI, sering nyalain lagu-lagu dangdut koplo Jawa Timuran.

Hahaha … coba sebut lima lagu yang paling cocok didengerin waktu kita naik bis …
Denpasar Arjosari, Ngamen-ngamen, Alun-alun Nganjuk, Cinta dan Benci, ABG Tua. (Semua versi aransemen musisi2 dangdut koplo). Ga ada alasan kuat, yang jelas lagu-lagu tersebut sedang “masyuk” dalam pikiran saya.

Wahahaha … ngomong-ngomong kenapa, tuh, Mas, bisa jatuh cinta banget sama bis?
Kalo ditanyain kenapa, ini saya yang susah jawab, sudah terlanjur jatuh cinta.

Kalo gitu pertanyaannya dari kapan, deh, Mas mulai tertarik sama bis …
Saya tertarik dengan bis sejak kecil, karena di jaman SD tiap kali terima rapor, hadiah yang diberikan orangtua adalah touring naik bis. Semakin bagus rapor saya, semakin jauh touring saya.

Apa pengalaman paling berkesan selama bergaul sama bis?
Pengalaman naik bis yang paling berkesan banyak, selalu ada kejadian janggal yang tidak mengenakkan hati dalam satu rangkaian perjalanan.  Kalo yang berkesan menyenangkan adalah dari Bogor-Temanggung naik bus, penumpangnya saya doank, dan itupun status saya sebagai penumpang gelap :D

Hahahaha … Mas Humar punya bis favorit nggak, sih?
Tidak punya bus favorit, terlalu subyektif biasanya sebagai pecinta bis apabila ditanya bus favorit. Semua macam bis berusaha saya sukai.

Asik dah. Ke mana sih biasanya Mas Humar menyalurkan passion dan kencintaan Mas Humar sama bis?
Saya sampai saat ini menyalurkan dengan terus mempelajari trayek-trayek bus dan nama perusahaan yang bergerak di trayek-trayek tertentu. Blog saya http://humarbis.blogspot.com/, itu isinya tentang cerita-cerita perjalanan saya dengan bis, ada banyak, silakan dibuka. Ke depan saya ingin mempelajari tentang mesin bis, minimal cara membedakan bus satu dengan yang lain dengan melihat mesinnya.

Punya tips nggak buat temen-temen yang mau naik bis?
Tetap berdoa sebelum memulai perjalanan. Gunakan GOOGLE sebagai acuan utama sebelum repot tanya sama orang. :D

Baiklah. Terakhir, nih. Bisa nggak temen-temen nanya-nanya seputar bis sama Mas Humar?
Sangat bisa dan akan saya jawab semampu saya.

Kalau gitu nanyanya ke mana?
Teman-teman bisa Tanya by telepon, sms, bbm, Fb, atau twitter di @humar_bis.

Jadi begitu ceritanya, Teman-teman. Ayo, jika ada yang ingin tahu jadwal, harga, atau perihal apapun seputar berperjalanan dengan bis, ada yang mau coba tanya-tanya kepada Mas Humar?

Segera follow dahulu twitternya. Biasanya dia cukup cepat menyampaikan informasi karena segala tentang bis nyaris dihafalnya di luar kepala.

Coba tes. Apakah betul seperti judul artikel ini Mas Humar adalah Yellow Pages perbisan …? ;)

Sundea

0 comments: