Ade Darmawan Bukan Bapaknya Ruang Rupa

SONY DSC Wawancara ini singkat, padat, dan kejelasannya relatif. Di sela-sela kesibukannya sebagai direktur Ruang Rupa (Ruru), Mas Ade Darmawan yang baik hati masih bersedia diganggu dengan pertanyaan-pertanyaan tidak penting dari www.salamatahari.com … hehehe …

Meski mengasuh Ruru sejak masih orok, Mas Ade menolak disebut Bapak dari Ruang Rupa. Mengapa?







 

Mas Ade, cerita, dong tentang Ruru dan seberapa berartinya Ruru buat Mas Ade …
Dari awal ngediriin dulu, gak nyangka sih bisa berkembang sampai seperti sekarang. Jadi sangat menyenangkan, dan masih banyak keinginan bareng-bareng yang mesti dikerjain ke depannya. Ruru berarti banget, buat banyak orang juga pastinya, karena sudah jadi tempat ketemunya macem-macem orang, bisa saling dapet ilmu, pengalaman, uang, ide, temen, dan hal-hal gratis lainnya ...

Setuju nggak, kalau Mas Ade disebut Bapaknya Ruru?
Gak setuju …

Hah? Kenapa?
Kalo kata Oomleo, gue tuh direktur berhati office boy...

Hahaha … terus kalo denger kata Bapak, apa yang terlintas di kepala Mas Ade?
Almarhum Bapak gue.

Apa yang bikin Bapak Mas Ade berkesan banget buat Mas Ade?
Dia yang ngajarin gue nggambar dan matematika, ngajarin merhatiin, dan ngehargain hal-hal kecil dan detil, juga ngajarin bekerja keras :)

Kalo menurut Mas Ade, apa yang ngebedain panggilan “Bapak” sama “Ayah”, “Papa”, dan “Abi”?
'Bapak' tuh lebih bersahaja, dan baik hati...kecuali bapak pembangunan :))

Bapak pembangunan kan weker atau alarm. Kan mereka yang ngebangunin kita …
Haha bukan itu bapak dibangunan namanya.

Bedanya apaan?
Bapak Dibangunan korbannya Bapak Pembangunan.

Hahaha. Iya juga, ya. Nah. Sekarang, kalo diumpamain sebagai anak-anak, kira-kira Ruru ini anak yang kayak apa?
Nakal banget, dan kadang bodoh kadang pinter... jadi sering susah ditebak.

Kalau suatu saat tumbuh jadi bapak-bapak, kira-kira dia bakal jadi bapak-bapak yang kayak apa?
Bapak-bapak yang tetep nakal juga pastinya …

Hahaha … ya udah. Terakhir deh. Punya wejangan yang kebapakan nggak buat pemirsa www.salamatahari.com ?
Ini gue inget waktu kecil, pas hujan, bapak gue akan nyuruh gue untuk main hujan daripada berteduh di rumah....jadi wejangannya ini aja: Kalau di luar hujan...bersenang-senang dan main hujanlah...

Teman-teman, tepat ketika www.salamatahari.com edisi ini terbit – 19 Juli – Mas Ade Darmawan berulang tahun. Mari kita beri selamat. Semoga wawancara lucu-lucuan di Salamatahari ini dapat menjadi hadiah ulangtahun yang membuatnya bersenang-senang seperti bermain hujan =)

Kala wawancara ini ditulis, langit Bandung sedang mendung. Tapi hujan tidak – atau mungkin belum – turun. Salamatahari jadi bertimbang. Jika hujan betul-betul jatuh, akankah Salamatahari berlari-lari keluar untuk bermain hujan?

Untuk beberapa hal, ternyata bersenang-senang adalah kata kerja yang punya banyak ranting dan memuat berbagai konsekuensi …

Sundea

4 comments:

Krisna Pratama mengatakan...

Yeay! Happy birthday Mas Ade.. :))

terlalurisky mengatakan...

selamat ulang aling, mas Ade. makasih udah bikinin ruangrupa dan segala jenis acara2 ajaibnya. termasuk wshop penulisan yang mempertemukan gw dan dea dan kawan-kawan super ajaib lainnya.. Yihiii

perduliar mengatakan...

Bapaknya Mas Ade sama dgn suamiku, yg kalo hujan malah ngajak anakku main hujan. Saya jd uring-uringan duluan, maklum...kl misalnya kebetulan mereka demam (krn hujan2an) kan yg repot pasti saya lagi. Tapi alhamdulillah mba Dea, hingga saat ini mereka tidak pernah demam masuk angin hanya karena main hujan. Syaratnya cuma satu: main hujannya hanya kalau curah hujannya deras. Jadi mereka main hujan sambil bersiin got yang mampet :)

indahariani mengatakan...

Deaaaaa.....di mana kalo mau kasih "like" but tulisan ini???? aku suka banget postingan Dea yang iniiiiiii.....eh, tulisan yang lain suka juga sih, hihihihi.....