Transit dan Rahasia

Tepat ketika akan menulis inti matahari untuk www.salamatahari.com edisi ini, berita seputar Transit Venus beredar di media. Hari itu, 6 Juni 2012, planet Venus melintas di antara bumi dan matahari. Jarak membuat Venus hanya tampak sebagai titik kecil; bergerak di permukaan jingga matahari. Sebelum kita sempat mengenali rahasia wajah Venus, fenomena alam yang hanya terjadi 121 tahun sekali itu sudah keburu selesai. Venus hanya transit. Bukan tinggal lama. 

Beberapa waktu yang lalu saya menempuh perjalanan jauh. Seperti Venus, saya hanya transit-transit. Kultur tak selalu bisa dikenali lewat sekadar refrensi, karenanya, berbagai hal yang saya temui dalam waktu singkat seperti masih menyimpan rahasia. Ada kontroller bis dan privasinya, ada kresek adalah tuhan yang berjajar di gang-gang Venezia, ada Miguel Montalban musisi di Piazza Navona Square, dan ada Winnie the Pooh yang selamanya menyimpan “rahasia” di balik kostumnya. Transit menghasilkan beberapa tulisan tidak jelas dan suka-suka. Dan di www.salamatahari.com edisi 121 inilah tulisan-tulisan yang suka-suka itu saya titipkan. 

Indonesia bukan negara paling keren di dunia, namun darah saya mengalir seperti sungai pada bangsa ini. Rahasia tersebut tertimbun di bawah kesadaran, perjalananlah yang kemudian justru menggalinya.
Venus juga hanya transit. Permukaan matahari bukan rumahnya.

Salamatahari, semogaselaluhangat dan cerah,

Sundea




cover121resized

3 comments:

Andika mengatakan...

Waaaa! Salamatahari edisi internasional! Well comeback!

Sundea mengatakan...

Makasih, Andikaaa ... =D

Jessica mengatakan...

Kangen Germany :) sooo much...
makasih oleh2nya :)