Kala Bulan Berkepiting

Salah satu adegan yang paling saya ingat dalam film Tarzan versi Walt Disney adalah ketika Tarzan dan Kala, ibunya, sama-sama duduk di pinggir danau. Keduanya menatap pantulan wajah mereka di permukaan air. Berfokus pada persamaan atau perbedaan adalah sebuah pilihan. Melalui sebuah lagu, Kala menenangkan Tarzan yang merasa insecure karena perbedaan mereka.

Come stop your crying it will be all right.
Just take my hand hold it tight
I will protect you from all around you
I will be here, don't you cry ….”

tarkla
Tarzan dan Kala



Tarzan lalu merasa tentram. Meski secara biologis tak pernah mengandung Tarzan, Kalalah yang melahirkan keutuhan pribadi Tarzan. Dialah yang selalu mengingatkan Tarzan akan peran istimewanya dalam kelompok Mangani – kelompok kera besar yang hidup bersama Tarzan. Dia pulalah sumber kelembutan dan kebijaksanaan sekaligus keberanian dan perlindungan yang menyertai pertumbuhan Tarzan.

Di dalam mitologi Yunani, dewi yang menurut saya mempunyai sifat mirip-mirip Kala adalah Diana. Meski seorang pemburu, ia disebut-sebut sebagai pelindung binatang muda dan anak-anak. Dewi yang tak pernah menikah itu adalah lambang pengasuhan dan kemurnian. Diana dikenal juga sebagai Dewi Bulan. Di dalam astrologi, bulan merepresentasikan sisi emosional, respon alam bawah sadar, dan intuisi. Bulan adalah planet penguasa rasi Cancer. Mungkin karena itulah para Cancerian terkenal sebagai sosok yang sensitif dan punya hubungan emosional yang kuat dengan ibu.

diana moon
Diana

Ketika menulis artikel ini, secara random saya teringat pada lagu “Ambilkan Bulan, Bu” ciptaan A.T Mahmud. Apakah bulan, Ibu, dan aku lirik dalam lagu ini berhubungan dengan astrologi? Tidak tahu juga, sih. Mari kita perhatikan liriknya.

Ambilkan bulan, Bu 2x
Yang s’lalu bersinar, di langit
Di langit bulan benderang, cah’yanya sampai ke bintang
Ambilkan bulan, Bu, untuk menerangi tidurku yang lelap di malam g’lap …

Hmmm. Apakah lagu ini dinyanyikan oleh kepiting kecil yang melambangkan rasi Cancer …?

Bisa jadi … ;)

Sundea

gambar Tarzan diambil dari sini
gambar Diana diambil dari sini

0 comments: