#ILUPakRaden – That’s Why We Write It …

perunyilan

Seperti petasan, isu kecurangan PFN atas hak cipta Si Unyil, menimbulkan keriuhan. Pak Suyadi atau Pak Raden menggalang banyak simpati, terutama dari para pekerja kreatif. Berbagai gerakan yang mendukung perjuangan Pak Raden bermunculan secara militan. #ILUPakRaden salah satunya.



#ILUPakRaden alias “I Love U Pak Raden” adalah gerakan menulis yang dimotori oleh Bella, Unge, dan Mazmo. Ceritanya, selama lima hari terhitung sejak Rabu 18 April 2012, sebuah tema dilepas via twitter dengan tagar #ILUPakRaden. “Di-share-nya dari jam tujuh pagi. Soalnya jam tujuh pagi banyak yang liat timeline, lagi fresh-fresh-nya, dan cepat absorb info,” ungkap Unge. Peserta yang tertarik pada judul yang dikedepankan boleh membuat flash fiction - tulisan maksimal seribu kata bergenre cerita anak atau dongeng. Nantinya, dari setiap tema yang dilepas, akan dipilih tujuh tulisan terbaik untuk dibukukan oleh Nulisbuku “Pemilihan flash fiction biasanya kami lihat dari twist di ending cerita,” ungkap Unge lagi.

Sebagai penulis yang kerap berhadapan dengan kontrak, Unge sangat memahami posisi Pak Raden. “Rasanya nggak adil. Harusnya hak cipta itu ada di tangan yang membuat,” kata Unge. Empati inilah yang mendorong Unge, Mazmo, dan Bella, untuk menyumbangkan hasil penjualan buku #ILUPakRaden nantinya kepada Pak Raden. 

pakradenbercerita

Nah, Teman-teman, tertarik untuk ikutan? Ini caranya:
  • #ILUPakRaden akan diadakan selama 5 hari berturut-turut. Tagarnya pun mengikuti hari. Misalnya; ~ Judul hari 1 : #ILUPakRaden1
    ~ Judul hari 2: #ILUPakRaden2
    ~ Judul hari 3: #ILUPakRaden3
    Dan seterusnya hingga hari ke 5.
  • Tulisan dikirim via email, bukan di blog, dan ditulis di body email.
  • Kirim tulisan teman-teman ke 15haringeblogff@gmail.com. Format mengirimkan adalah ..
    • Subject : #ILUPakRaden(hari) (Judul sesuai hari) (Nama)
      Misalnya : #ILUPakRaden1 Judul Wangi MS
    • Jangan lupa pula menyertakan data diri seperti nama, no telpon, dan akun twitter.
  • Setelah teman-teman mengirimkan flash fiction, tim #ILUPakRaden akan memberikan email konfirmasi
  • Deadline mengirimkan tulisan adalah jam 9 malam. Jam 10 malam, tim #ILUPakRaden akan mengumumkan tulisan siapa saja yang terpilih.
  • Flash Fiction terpilih akan dibukukan via nulisbuku. Dan yang tidak terpilih akan dijadikan ebook. Ebook tersebut tidak gratis. Akan dikenakan biaya yang sesuai. Setelah teman-teman membayar, akan dikirimkan email berisi e-book tersebut.
  • Genre flash fiction #ILUPakRaden adalah fabel dan cerita anak.
  • Pastikan kalian menyertakan nama-nama karakter yang identik dengan kisah Pak Raden dalam flash fiction yang kalian buat. Antara lain ada Si Unyil, Usro, Meilan, Pak Ogah, Bu Bariah, dan masih banyak lagi.
Kalau masih kurang jelas, Teman-teman dapat bertanya via twitter kepada Bella (@bellazoditama), Unge (@WangiMS ), dan Mazmo (@momo_DM ).

Jadi, segera cek tema #ILUPakRaden hari ini dan menulislah sepenuh hati. Katakan “Hai” pada Pak Raden melalui ceritamu.

Saya akan menutup posting ini dengan kutipan dari Toni Morisson:

If there's a book you really want to read, but it hasn't been written yet, then you must write it.

klasik
Sundea
Foto-foto: Rizki Ramadhan

0 comments: