Memainkan Syarif Maulana di Kunci F

syarif tidur Namanya Syarif Maulana atau beken juga sebagai Syaraf Maulini. Suami dari Wahdini Degayanti ini, adalah pemain gitar yang aktif di berbagai kegiatan musik klasik dan filsafat. 

Partitur tentunya bukan sesuatu yang asing untuknya. Maka, untuk tema “Kunci F”, Salamatahari menanggap Bapak yang satu ini untuk aneka pertanyaan yang tidak-tidak seputar Kunci F. Agar tidak-tidak ini semakin total, mari kita mainkan Syarif di kunci F. Apa jadinya?

Firays Analuam. Itulah namanya khusus untuk wawancara ini.




Firays, coba ceritain kegiatan lo sehari-hari.
Kerjaan saya sehari-hari dosen dan guru musik, sesekali nulis dan ngapain aja yang asyik.

Passion lo sebenernya apa, sih?
Passion saya meniru teladan rasullullah, tapi gagal terus karena ternyata yang ada cuma passion of the christ. Keluarga saya alhamdulillah sehat.

Heh? Kenapa keluarga? Ya sudahlah. Baiklah. Kita masuk ke tema. Menurut lo kunci f posisinya gimana di musik?
Ini maksudnya kunci f chord atau bass clef?

Bass clef.
Kunci f itu kunci yang menjadi wilayah instrumen-instrumen bersuara rendah, misalnya cello atau bas. Tapi bersuara rendah itu seringnya berfungsi sebagai pengiring, yang mana pengiring itu, kita tahu, derajatnya justru tinggi dalam musik. Nah jadi kunci f itu kunci yang merendah untuk meninggi. 

Ternyata begitu, ya, si kunci f … hehehe … terus menurut lo kenapa tandanya harus telinga dengan titik dua begitu?
Karena instrumen-instrumen yang ada wilayah kunci F harus didengarkan dengan sebaik-baiknya biar instrumen melodi gak tersesat, atau: Didengarkan dengan dua lubang di telinga kita.

Di gitar ada nggak lagu yang dimaininnya di kunci f semua?
Ada sih, tapi yang nyanyi harus Broery Pesolima, itupun sambil dicekek.

Hahahaha … Kalau dikaitin sama kehidupan, kunci f  itu bisa dijadiin metafor dari apa ?
Kunci F itu kaya karung.

Kenapa?
Dia teronggok, kotor, usang, dan sekilas seperti gak penting. Tapi tanpa karung, tidak ada peribahasa kucing dalam karung.

Terus kalo kunci f itu karung, kucing apanya?
Itu pertanyaan yang sulit.

Bisalah lu ngejawabnya, biasanya orang-orang kalo nanya ke elu pertanyaannya lebih kacau lagi …
Kucing itu … ibarat titik dua. Tanpa dikarungin sama kunci f ya dia keliatan kaya lubang idung aja.

Baiklah. Apa lagu keidupan lo yang dimainin di kunci f?
Lagu kehidupan saya yang di kunci F sih Bach yang Cello Suite BWV 1007. Karena Bach itu bukan merendah agar meninggi, tapi merendah agar meninggal, karena tentu saja dia dikubur di dalam tanah.

Hiyaaahahahaha … betul juga. Terakhir. Menurut lo kunci f itu kunci yang ngebuka apa?
Ngebuka cakrawala pelafalan orang Sunda yang gak bisa ngomong f. 

Terus … oh, iya. Kan Kunci F itu urutan nadanya A-C-E-G. Coba buat singkatannya biar orang gampang ngafalnya…
Aku Cinta nada E dan nada G

Krik! Ok deh. Eh, kalo kunci f yang chord menurut lo gimana, Fir?
Itu aja dulu yang saya jawab. Kalo nggak saya tambah pusing.

Wehehehe … Ok. Salam buat Mbak Dega, ya …
Salam balik katanya …

Maka begitulah. Pertanyaan yang tidak-tidak itu dijawab dengan tidak-tidak juga oleh Firays Analuam. Ini sekedar hiburan lucu-lucuan seperti iklan OBH Combi, jangan dibawa serius apa lagi diamini sebagai teori.

Apakah kamu pusing? Jangan. Fusing saja sufaya bisa dimainkan di kunci f.

Untuk mengenal Firays Analuam alias Syaraf Maulini alias  Syarif Maulana lebih dekat, kunjungi http://syarifmaulana.blogspot.com/

Sundea


2 comments:

Rie mengatakan...

Kak Syaraf masih inget gw nggak ya? Gw kan salah satu pasiennya dulu. Hihihi.

Sundea mengatakan...

Ingetlah pasti, Rie, secara dulu elu pasien yang paling rajin berobat =p