Iris

Ternyata ujung pelangi jatuh persis di depan kamar Manik, membuat paving block jadi warna-warni. Pelangi itu sendiri terlihat seperti rambut yang sangat panjang. Manik tengadah mencari pangkalnya, tapi tak terlihat.

“Siapa kamu?” tanya Manik.
“Siapa aku? Bergantung apa yang kamu maksud dengan ‘siapa’.”

-Iris



6-2-copy
ilustrasi Lala Bohang




Di dalam mitologi Yunani, Iris adalah penghubung Tuhan dan manusia. Wujudnya pelangi. Ia terbang memintas langit, berkendara angin, dan menyelam ke laut yang paling dalam. Selama bertahun-tahun juga pelangi dipercaya sebagai lambang harapan dan janji akan sesuatu yang lebih baik. Seperti Tuhan sendiri, pelangi adalah keindahan yang real dan surreal.

Iris menceritakan kehadiran pelangi dalam berbagai wajah. Ia membias di langit, menemani Intan dan Manik dalam perjalanan pulang mereka. Ia adalah rambut panjang yang jatuh tergerai persis di depan kamar Manik. Dan ia merona diam-diam dalam kisah kasih Intan dan Oka yang tersekat perbedaan agama.
Di dalam istilah biologi, iris adalah selaput pelangi pada mata. Bentuknya personal dan kompleks seperti sidik jari dan tak mudah rusak. Ia membawa informasi yang sangat unik dan bermanfaat untuk identifikasi pribadi. Kecepatan dan ketelitian yang berbasis pada iris dapat digunakan untuk identifikasi dalam skala yang lebih besar.

Iris adalah kolaborasi Lala Bohang dan Sundea untuk proyek 12for2012. Ia seperti iris di bola mata kita; mengantar informasi yang boleh diidentifikasi sampai lapis ke berapa saja. Paket Iris ini terdiri dari ilustrasi Lala dan cerita Sundea. Ebook yang di-layout Lala dan mixtape yang disusun Sundea.
Teman-teman, semoga Iris dapat menjadi hadiah penuh kasih untuk kalian semua ^_^
Seperti karya ini menjadi hadiah dari kasih sayang untuk kami berdua

Love,
Lala Bohang dan Sundea

=============================================================



Mixtape Iris
Opposite of Hallelujah – James Lekman
Rainbow – Lee Ritenour
Rainbow Connection – Kermit the Frog
Pelangiku – Sherina
Waiting in Vain – Ituana
Sleeps with Butterflies – Tori Amos
Gone Too Soon – Michael Jackson
Rintangan – Karimata, Dian Pramana Poetra, Lidya Nursaid
The Lady Wants to Know – Michael Franks


iris-ebook-cover-fix


Monggo unduh paket Iris di sini
Display versi Lala ada di sini
Baca juga kisah behind the scene Iris di sini

2 comments:

Rie mengatakan...

Ceritanya bagusss... Ilustrasinya juga kerennn... :)

Sundea mengatakan...

Makasih, Rie ... =D