Menerjang Bad Day 2012 Berdasarkan Zodiak

Teman-teman, di salamatahari edisi 102 #proposal menghadirkan rubrik zodiak seperti di majalah-majalah. Tentunya tetap dengan gaya kami sendiri. Karena kami orangnya konservatif, kami masih mengikuti hitungan rasi lama (sebelum kehadiran Opiuchus). 

Meski tips-tips ini nggak bener-bener amat, pasti ada benernya juga... hehe … silakan simak …

Capricorn (21 Desember – 19 Januari)
capricornTahun ini (juga tahun yang lalu dan tahun-tahun yang akan  datang) ancaman bad day para kambing datang dari tukang daging setempat. Masa depan sebagai sate dan sop mengintai. Kecenderungan Capricorn untuk senantiasa menyesuaikan diri dengan keadaan membuatnya rentan teraniaya. Tetapi ingatlah, Cap, dirimu juga punya kegigihan dan sisi keras kepala yang wow. Maka, padukan ketrampilanmu menyesuaikan diri dengan kekeraskepalaanmu. Berstrategilah tanpa kenal menyerah untuk menghadapi para tukang daging. Oke, oke?







Aquarius (20 Januari – 18 Februari)
aquariusSifat paling menonjol dari rasi yang satu ini adalah mood  yang berubah-ubah dan mudah terdistraksi. Bad day tahun ini (juga tahun yang lalu dan tahun-tahun yang akan datang) muncul jika perubahan mood dan distraksi menerpa di saat yang tidak tepat. Cara mengatasinya adalah … ikuti saja. APA?! IKUTI SAJA?! Iya. Ikuti saja, tapi dengan kesadaran penuh. Sesungguhnya mood yang berubah-ubah dan kemudahanmu terdistraksi seiring sejalan dengan kreativitasmu. Jika kamu sadar betul apa yang sedang kamu kejar, percayalah bahwa kamu dapat mencapai tujuanmu dengan banyak cara. Sungai mengalir ke mana saja. Tapi ia selalu tahu jalan mencapai lautnya ;)



 
Pisces (19 Februari – 20 Maret)
POPO PISCES
Karena sangat sensitif, ikan-ikan ini mudah merasa insecure jika tidak sedang berada di habitatnya. Di saat itulah bad day tahun ini (juga tahun lalu dan tahun-tahun yang akan datang) melanda. Tapi jangan khawatir, Pis, ketika tidak sedang berada di “air”, engkau dapat menciptakan airmu sendiri. Sifat sensitifmu sesungguhnya menghadiahimu bakat seni dan imajinasi. Maka, ketika sedang merasa insecure, alihkan kegundahanmu dengan berkarya. Karya itu bisa berbentuk apapun, lho. Menata meja kerja, menghias kamar, mendandani mobil, atau menciptakan resep masakan baru pun dapat dibilang berkarya. Ayo, ikan-ikan, katakan “I can make it” =D





Aries (21 Maret – 20 April)
POPO ARIES Salah satu rasi yang dikaruniai banyak bakat dan kemampuan ber-multi tasking adalah rasi yang satu ini. Tak hanya itu, pada umumnya mereka pun gaul adanya dan berjiwa pemimpin. Bad day tahun ini (juga tahun lalu dan tahun-tahun mendatang) terjadi ketika task-nya yang multi itu minta diperhatikan lebih fokus. Domba-domba, jangan khawatir dan jangan bekerja sendiri. Gunakan kemampuan memimpinmu untuk menciptakan sistem dan gunakan kemampuan bergaulmu untuk menggalang partner kerja. Niscaya segala cita-citamu akan tercapai. Ada istilah “serigala berbulu domba”. Artinya, tak ada yang tidak dapat dilakukan domba. Domba dapat melakukan serigala-galanya. *makrang, makna ngarang*




Taurus (21 April – 20 Mei)
POPO TAURUS Secara natural, banteng-banteng ini bersifat protektif, terutama pada makhluk-makhluk yang mereka sayangi. Meski kadang bertindak impulsif, pada dasarnya Taurus cenderung logis dan selalu dapat menjelaskan keputusan yang mereka ambil. Bad day tahun ini (juga tahun lalu dan tahun-tahun mendatang) menghadang jika terjadi hal-hal di luar logika yang dapat mereka terima. Biasanya para Taurus akan berusaha keras mengembalikan situasi ke jalur yang mereka kenali. Taurus sekalian, hadapi bad day dengan belajar mempercayai. Rasa aman yang kau tawarkan justru akan menjadi ancaman jika kamu meletakkan beban seluruh dunia di atas bahumu. Sebaliknya, ketika bersikap lebih santai, kamu akan menjadi pohon teduh yang mengundang siapapun duduk-duduk di dekatmu. Ta, mulai tahun ini, saat menghadapi hal-hal di luar “logika”, katakan “logila”. Bisa jadi itu hanya wajah lain dari logika yang kau percaya ;)


Gemini (21 Mei – 20 Juni)
POPO GEMINI Di antara semua rasi yang ada, rasi yang satu ini terbilang yang paling kompleks. Selalu ada banyak sisi dalam diri para Gemini. Kami (Dea juga Gemini soalnya) adalah sirkus dan pasar malam, gabungan dari hiburan dan kejutan, sekaligus drama dan kerusuhan berikut copet-copetnya. Bad day tahun ini (juga tahun lalu dan tahun-tahun mendatang) mudah sekali menerpa Gemini. Tapi di laih pihak, mudah pula hilang kembali. Kadang-kadang bad day yang menimpa Gemini lebih berefek buruk pada orang-orang lain di sekitarnya. Lalu bagaimana mengatasinya? Begini, Gem. Ketika bad day menerjang, emosi kita sudah barang tentu fluktuatif adanya. Maka, jagalah kesadaran kepala kita sendiri. Apapun yang kita rasakan saat itu bersifat sementara. Peluklah orang terdekat tanpa perlu bicara apa-apa. Di saat-saat emosional, words often fail us. Jika harus meracau pun, pastikan kita memilih orang yang tepat, tidak ember, dan dapat menyaring kata-kata kita. Tips ini insya Allah akan membuat kehidupan kita relatif aman dan damai =p


Cancer (21 Juni – 20 Juli)
POPO CANCER Seperti apapun cangkang luarnya (metal, periang, cool, galak, atau apapun) pada dasarnya Cancer adalah makhluk-makhluk berperasaan halus dan penyayang. Sifat halus dan penyayang ini membuat orang-orang merasa nyaman dan diperhatikan jika berada di dekat mereka. Bad day tahun ini (juga tahun lalu dan tahun-tahun mendatang) terjadi jika Si Cancer yang sensitif merasa tersinggung. Karena kehalusan mereka terhalang cangkang, kadang-kadang mereka sedikit kesulitan menyampaikan isi hati mereka secara gamblang (gamblang suling kepenak unine). Mereka kerap mencoba menyampaikannya dengan cara yang tidak langsung dan pastinya tak segera dimengerti (atau bahkan salah dimengerti) oleh orang-orang yang tidak sepeka mereka. Salah satu alternatif cara menghadapi bad day semacam ini adalah menulis atau menggambar. Dengan menulis dan menggambar - menggoreskan pena – Cancer memetakan situasi di dalam dan di luar diri sekaligus berterima dan meredakan emosi. Menangis juga dapat menjadi katarsis yang sehat bagi para Cancer. It’s ok. Ada privilege menangis sering-sering untuk kalian yang memang ekstra halus perasaannya =)


Leo (21 Juli – 21 Agustus)
POPO LEO Raja hutan bersurai emas ini adalah pemberi yang murah hati. Meski kadang mendadak galak, pada umumnya para Leo protektif, penyayang, dan merupakan sahabat yang setia. Bad day tahun ini (juga tahun lalu dan tahun-tahun mendatang) terjadi ketika para Leo merasa tidak dihargai dan tidak diperlukan. Dibanding rasi-rasi lain, Leolah yang paling memiliki kebutuhan untuk menjadi “sesuatu”. Jika menghadapi bad day semacam ini, Le, ambillah waktu untuk menyendiri. Sambil berintrospeksi, pikirkan baik-baik apa yang perlu kau ambil dan apa yang perlu kau terima. Hidup berlangsung karena kedua hal tersebut berjalan seimbang seperti langkah kaki. Jika sudah merasa lebih baik, kembalilah ke tengah banyak orang dan bersinarlah. Percayalah. Kamu selalu terlihat sebagai “sesuatu” karena indeed kharismamu memancar secara alami. 



Virgo (22 Agustus – 22 September)
POPO VIRGO Secara umum, Virgo adalah perfect match bagi para Taurus. Mereka adalah pemikir yang kritis dan logis, perfeksionis, cerdas, idealis, teratur, tetapi membutuhkan sosok yang lebih kuat dan controller di sisinya (FYI, SBY Virgo, lho). Bad day tahun ini (juga tahun lalu dan tahun-tahun mendatang) mengganggu Virgo jika terjadi sesuatu yang tidak teratur dalam hidupnya. Perubahan-perubahan yang tiba-tiba akan membuat kaum Virgo bingung dan tak jarang banyak menggerutu. Vir, untuk menghindari situasi semacam itu, ambillah posisi-posisi sebagai pemikir dan bukan pekerja lapangan. Di sana kamu dapat memaksimalkan kemampuanmu. Buat juga plan A-Z yang fleksibel sebagai antisipasi. Jika plan A-Z tidak berjalan mulus, pinjamlah huruf “e” dan letakan di belakang “plan”. Lalu terbanglah dengan “plane” dan terjun payunglah untuk memacu adrenalin (OOT!) ;) 



Libra (23 September – 22 Oktober)
POPO LIBRA Sesuai dengan lambangnya, timbangan, Libra penuh pertimbangan, diplomatis, dan fair. Mereka melaksanakan kewajibannya sekaligus meminta dengan tegas apa yang menjadi haknya. Bad day tahun ini (juga tahun lalu dan tahun-tahun mendatang) terjadi jika emosi para Libra yang pada dasarnya sensitif sedang terayun-ayun. Meski para Libra selalu tahu cara menguasai diri di depan publik, kondisi emosi akan membawa pengaruh pada apa yang dikerjakannya. Lib, pada situasi seperti itu jangan membuat keputusan apa-apa. Berdirilah diam mencari titik seimbang karena pada dasarnya kamu adalah keseimbangan itu. Semua yang berayun akan segera berhenti jika porosnya terpancang dengan kuat. 





Scorpio (23 Oktober – 22 November)
POPO SCORPIO Pada umumnya, meski terlihat tenang-tenang saja, para Scorpio dominan, kompetitif, dan pandai beretorika. Mereka tahu apa yang mereka inginkan, mempunyai energi besar untuk mencapainya, dan selalu mencengkram kuat-kuat apapun yang mereka anggap sebagai miliknya. Ini bisa menjadi sifat yang baik dalam meraih dan mempertahankan cita-cita. Tetapi menjadi “racun kalajengking” yang berbahaya bagi ketentraman nusa dan bangsa jika Scorpio berhadapan dengan orang yang dianggapnya sebagai saingan atau musuh. Untuk menghadapi bad day karena hal ini, bacalah “Kungfu Boy” atau tontonlah “Karate Kid” versi Guru Miyagi. 






Sagitarius (23 November – 22 Desember)
POPO SAGITARIUS Orang-orang yang berada di bawah rasi Sagitarius biasanya santai dan menyenangkan. Hakikat mereka adalah kebebasan. Mereka tidak akan mencengkram kita tapi sebaliknya, mereka pun tak dapat dicengkram siapa-siapa termasuk oleh hatinya sendiri. Bad day terjadi jika para Sagitarius mulai merasa ruang kebebasannya tersita. Pada umumnya situasi tersebut akan membuat mereka gundah gulana dan melakukan segala tindakan untuk membebaskan diri. Meski Sagitarius dan Cancer memiliki natur dan ekspresi yang berbeda, keduanya mempunyai kesensitifan yang hampir mirip. Karenanya menulis dan menggambar adalah alternatif yang juga disarankan kepada para Sagitarius untuk mengatasi kegundahannya. Selain itu, sebagai seseorang yang berjiwa bebas, Sagitarius bertendensi menjadi free thinker. Jadi, Sag, menulis akan membantumu menemukan kebijaksanaan dan esensi kebebasan yang sesungguhnya dalam setiap konteks ;) 


#proposal (proyek popo-salamatahari) adalah rubrik kolaborasi antara Popo dan Salamatahari. Di sini Popo dan Salamatahari akan saling merespon sebebas-bebasnya, mencoba bereksplorasi tanpa terikat bentuk apapun. Semoga dapat menjadi bentuk kolaborasi yang menyenangkan bagi semuanya =)
Untuk mengenal Popo, silakan berkunjung ke http://www.thepopopaint.blogspot.com/

10 comments:

BeluBelloBelle mengatakan...

ilustrasi yg menarik plus penuturan yg lucu membuat tertawa2 pas bacanya (^___^)

Sundea mengatakan...

Sesuai, nggak, Bell, sama zodiak kamu? Kamu teh Cancer, ya?

Anonim mengatakan...

Selamat berjuang Gemini :)

Jessica

hary mengatakan...

keren nih dea & popo :-D.
itu taurus nya bisa pas bgt haha

"logilaaaaa" :-P.

Sundea mengatakan...

@Jessica : thnak youuu ... kau Gemini juga, ya ?

@Hary: Oh, ya? Wah, sukurlah kalo pas. Btw, sebagai info, kalo Si Popo zodiaknya Pisces.

Anonim mengatakan...

hidup dea, hidup popo x)

hamidah mengatakan...

emmm, nancep. yang cancer bener banget. nih ngarang apa gmn sih, tapi kok pas banget ya?

Sundea mengatakan...

@hamidah : ngarang-ngarang dukun gitu, Mbak ... =p

sHInicHI kudO mengatakan...

Capricorn ini mah emang susah beradaptasi ya dari jaman2 purbakala hingga sekarang. Kurang pede sudah jadi senjata mereka walau sbenarnya berani utk tampil. Fiyuh.

Gue ngakak sama avatar zodiaknya. Btw, kreatip :))

TUPAI COKELAT mengatakan...

sesuai banget, Dea, eike baru baca, berbakat bgt jd paranormal jg kamu de, hehe