Alexander “@aMrazing” Thian dan Ibu-ibu Tiri

 alexresized Alexander Thian yang berakun twitter @aMrazing tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Editor skrip di salah satu Production House Jakarta ini pernah menjadi penulis naskah sinetron, antara lain Manohara dan beberapa sinetron sejenisnya di RCTI. Pernahkah Alex menulis tokoh ibu tiri dalam naskahnya? Seperti apa tokoh ibu tiri yang diciptakannya? 

Ini obrolan Salamatahari dengan Alex seputar sinetron dan ibu tiri …






Lex, kapan lu mulai nulis naskah sinetron?
Mulainya dari tahun 2009.

Awalnya gimana?
Diajakin sama temen gue, padahal gue sama sekali gak punya pengalaman dalam penulisan skrip. Tapi berbekal kenekadan, gue akhirnya terjun langsung. Dari situ gue pelan-pelan belajar sama Papi Hilman Hariwijaya, mentor gue yang juga bos gue waktu itu.

Waktu itu? Berarti sekarang udah nggak nulis naskah sinetron lagi, dong?
Sekarang sih gue nggak nulis skenario sinetron lagi. Sekarang, gue adalah seorang editor skrip sinetron.

Waktu masih nulis sinetron, apa aja pengalaman yang seru?
Pengalaman yang paling seru... hmm... ada banyak banget. Kebetulan gue lagi nulis buku sehubungan dengan hal ini. Gimana kalo baca buku gue aja kalo udah terbit? #eaaaa #malahpromosi

Gyahahaha … boleh, kok, boleh promosi di sini. Nah, karena ini edisi “Ibu Tiri”, pernah nulis karakter ibu tiri nggak di sinetron lu?
PERNAH! Sering malah! Muahahaha!

Jahat-jahat gitu, nggak ibu tirinya?
Karakternya bermacam-macam. Ada ibu tiri yang bitchy banget, yang jahat sama anak tirinya, tapi gue juga pernah bikin sinetron dengan ibu tiri yang lebih baik daripada ibu kandung.

Tapi suka banyakan yang jahat-jahat, ah, Lex …
Kalo yang jahat-jahat, nampaknya harus menyalahkan ibu tirinya Cinderella yang jadi role model seluruh ibu tiri sedunia (oke ini lebay) :))

Hahahaha … siapa artis yang pernah meranin ibu tiri jahat? Sama nggak kelakuannya di sinetron sama kelakuannya sehari-hari?
Salah satunya Meriam Belina. As you know, artis sekaliber Meriam kualitas aktingnya ya pastinya oke lah, ya... tapi sifat sehari-harinya pastinya beda. Nggak mungkin aja seorang artis yang memerankan ibu tiri di dunia nyata akan bertindak sejahat di sinetron. X))

Hahahaha. Siapa yang jadi inspirasi lo nulis ibu tiri di sinetron?
Yang jadi inspirasi, hmm.. gak ada. Karena sebelum membuat skenario kita sudah membedah karakter, begitu menuliskan karakternya, kita sudah tau apa dan bagaimana karakter itu seharusnya bersikap.

Perasaan lo pas nulis tentang ibu tiri jahat yang lo tulis sendiri gimana? Sebel nggak?
Biasanya, kalo nulis gue membayangkan gue adalah tokoh tersebut. Jadi kalo nulis tentang ibu tiri, gue akan mencoba berpikir apa yang akan si ibu tiri lakukan? Bagaimana dialognya? Bagaimana sikap tubuh/gestur nya, dll dsb. Jadi perasaan gue ya SENANG DONG! Huahaha.

Eaaaa … serem benerrr. Kalo denger kata “ibu tiri” apa yang ada di pikiran lo?
Biasa aja, tuh.

Kalo di kenyataan, ibu-ibu tiri yang lo kenal biasanya kayak apa?
Kayaknya baik-baik aja. Walaupun ada teman gue yang cerita, ibu tiri hanya cinta kepada ayahku sajaaaaa (malah nyanyik)

Lu ulangtaunnya kapan, sih, Lex?
Lima Februari. Yang baca ini harus ngasih kado ke gue!

Terakhir. Pertanyaan bonus. Menurut lo, siapakah Ibu Kita Kartiri?
Megawati Soekarnoputri. Kenapa? Dalam bayangan gue, dia akan jadi Ibu Kartiri yang sempurna. =))))

Coba ingat-ingat ibu-ibu tiri yang kau temukan dalam sinetron. Dapatkah kamu menebak ibu tiri mana yang ditulis oleh Alex ?

Follow @aMrazing dan nantikan bukunya yang akan terbit. Mungkin di sana kamu akan menemukan petunjuk ;)

Sundea

0 comments: