(Per)icapture

-Common Room, Sabtu 4 Juni 2011-

Pameran icapture sinematic photography


Teman-teman, jangan tertipu melihat foto-foto adegan ber-subtitle pada pameran “icapture” karya Ageng Purna Galih. Mereka bukan dicuplik dari sebuah kisah panjang, justru merupakan cuplikan yang menantimu membangun kisah panjang. Mereka bukan bagian dari film apapun, melainkan karya fotografi yang memang sengaja dibuat demikian adanya dengan tambahan subtitle.



Ageng Purna Galih adalah seniman fotografi yang punya keintiman dengan dunia perfilman. Diam-diam ia telah menyelesaikan film-film pendek yang tidak di-publish, berhasrat menjadi sinematografer, bekerja di sebuah perusahaan penggandaan DVD bajakan, dan punya kegemaran meng-capture potongan-potongan adegan yang menarik perhatiannya. Hasrat, pekerjaan, dan kegemarannya itu kemudian bersinergi menjadi sembilan peri yang terpasang di ruang pamer Common Room, Bandung. Per adegan menyimpan ceritanya sendiri-sendiri dan “I” pada “icapture” bisa jadi adalah “saya” yang menunjuk ke segala arah; Ageng sendiri, saya, maupun kamu-kamu-kamu yang menyimak karya-karya itu.


Saya melompat-lompat menyusuri ruang pamer. Bermain-main dengan setiap peri. Membuat cerita-cerita yang saya rahasiakan dari kamu-kamu-kamu agar kamu-kamu-kamu juga membuat ceritamu sendiri tanpa terpengaruh oleh cerita saya.

Kecuali cerita yang ini …


Menurutmu, kira-kira tahukah pria itu bahwa ada perempuan berwajah separuh yang meliriknya ketika ia berdiri di sana? Hanya saya yang tahu bahwa perempuan itu berbisik “Dia datang” merespon kehadirannnya.

Pengantar pameran yang seperti cicak di dinding memukau pria itu. Penjemput karya yang terbang-terbang seperti nyamuk meng-capture sebuah adengan menjadi cerita.

Sundea

Teman-teman, buat ceritamu sendiri. Pameran ini masih berlangsung hingga tanggal 19 Juni 2011 mendatang di Common Room, Jalan Kyai Gede Utama no.8. Buruan, ajak teman-teman =D

0 comments: