Oleh-oleh


Selamat hari keseimbangan lagi, Teman-teman …

Setelah absen selama sepekan, Salamatahari datang membawa oleh-oleh dari Tanah Toraja. Seluruhnya dipetik dari upacara pemakaman Ibu Dina Salempang alias Ne’ Herlin, Ibunda terkasih Pak Mathius Salempang (Kapolda Balikpapan).

Upacara adat, terutama kematian, selalu mempunyai banyak dimensi. Di sana ada duka cita sekaligus suka cita. Ada perayaan terhadap kehidupan, sekaligus terhadap kematian itu sendiri. Ada simbol-simbol yang menarik untuk ditelusuri. Dan di sanalah kita menemukan irisan antara dunia material dan dunia spiritual. “Orang Toraja menghormati jenazah,” ungkap salah seorang ahli adat yang saya temui.

Lima posting yang hadir pada Salamatahari edisi 66 ini adalah sebagian kecil sekali dari cerita perjalanan ke Tanah Toraja. Tetapi percayalah, kelimanya merupakan cuplikan pilihan yang dikemas sepenuh hati untuk teman-teman sekalian.

Semoga cerita-cerita ini menjadi oleh-oleh yang berkesan.
Salamatahari, semogaselaluhangat dan cerah,

Sundea

 
OOT:
  • Selamat ulangtahun untuk Ay Kelinci yang sedang menggarap album free download Katjie Piering dalam rangka ulangtahunnya hari ini (14/04). Semoga panjang umur dan panjang ide untuk selalu berkarya =) Nantikan lagu baru Katjie Piering yang akan disebar secara serentak pada tanggal 17 April mendatang

  • Semoga sukses untuk Sarasvati yang malam ini (14/04) akan tampil dalam “Mancawarna Sarasvati” di Dago Tea House. Selamat tampil di Malam Jumat a.k.a Hari Keseimbangan ;)

0 comments: