Mengobrolkan Kupu-kupu Bersama Jalu Sind3ntosca

jalu Apa kabar sind3ntosca yang sempat populer dengan lagu Kepompong-nya ? Pada Salamatahari edisi “Kupu-kupu” ini, secara khusus Salamatahari berkunjung ke kepompong sind3ntosca. Mengobrol dengan Jalu, jantung sind3ntosca.

Teman-teman, berikut adalah obrolan seputar kupu-kupu antara Salamatahari dan sind3ntosca.

Halo Jalu, selama ini sind3ntosca apa kabar dan ke mana aja …?
Baik, selama ini mengucilkan diri dulu, terlalu banyak virus yang menggerogoti pikiran yang simple ini menjadi rumit. So… I have to go back to be simple. And that's not easy :) Well, itu bahasa kerennya… simplenya: aku lagi jadi kepompong, again (aah masih saja blm terkuak maksudnya apa ya? :p)



Hahaha … iya, nih, tetep belum terkuak. Tapi ada rencana bikin karya baru kan …?
Rencana sih selalu ada, cuma terus terang aku lagi dalam mode no mood berkarya. Mugkin karena udah banyak juga sih lagu aku, ada 800-an lebih :p Jadi mgkn untuk next single, tinggal comot-comot haahahha :p So far sering latihan aja bareng temen-temen band, bawain lagu-lagu yg bikin semangat :)

Kalau disuruh ngejelasin, menurut kamu sind3ntosca musiknya gimana, sih ?
Hmm… musik sind3ntosca itu mudah didengar, tapi susah dimaenin kadang-kadang. Selalu menarik melihat temen-temen additional player selalu kesulitan nguliknya (padahal mereka jago-jago loh :p). Menurut mereka pattern-nya tidak seperti kebanyakan. Well, maybe that's who I am, beda sendiri… dari orok -,.-"

Terus tentang lagu Kepompong, nih. Ceritain latar belakangnya, dong …
Kebetulan pengalaman pribadi :p … awalnya sih di tahun 2001 punya lagu tanpa lirik. Trus ada ide, aku kasih judulnya “Kepompong”. Lucu aja di telinga, catchy… (this is the most important thing, the sound it pronounced). Tapi masih tanpa lirik. Suatu saat, aku berantem ama sepupu cewe yg udah kayak sahabat… lalu bla bla bla, akhirnya baekan lagi. Intinya sih, lagu ini ingin menyampaikan bahwa perselisihan antar sahabat itu bekal untuk menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik, juga memperbaiki hubungan persahabatan itu sendiri kalau kita bisa mengambil hikmahnya :)

Kenapa menurut kamu persahabatan bisa ngubah ulat menjadi kupu-kupu ?
Ulat yang tadinya bikin gatel; bikin takut orang ternyata bisa jadi sesuatu yang indah juga, menjadi kupu-kupu. Prosesnya via jadi kepompong itu. Persahabatan itu ibarat kepompongnya, harus menuju proses menjadi lebih baik. Kalo sebaliknya, aku pikir itu bukan persahabatan :)

Aduh, analogi yang manis =) Terus siapa, sih, sahabat terdekat kamu sekarang ?
My girlfriend :p dia selalu mendorong aku menjadi kupu-kupu. Walau aku belum merasa jadi kupu-kupu, yang penting prosesnya harus selalu dinikmati, karena hidup ini bukan hasil, tapi proses… :)

Setuju. Terus, kamu sendiri ngerasa udah pernah ngubah orang jadi kupu-kupu, nggak ?
Ya dan itu rasanya bikin lega :)

Kupu-kupu itu binatang yang kayak gimana, sih, untuk kamu ?
Semua yang ada di dunia itu adalah ayat… semua adalah pesan, tak terkecuali kupu-kupu ini. Proses dari kupu-kupu bertelur, menjadi ulat, lalu menjadi kepompong, dan akhirnya menjadi kupu-kupu lagi merupakan proses Illahiah yang sangat menakjubkan :) Jadi kita harus selalu ingat akan Allah, betapa Allah Maha Besar :)

Amiiin. Nah, kalo kamu bisa berubah jadi kupu-kupu, kamu pengen jadi kupu-kupu dengan motif sayap yang gimana ?
Mm… aku pgn jadi kupu2 yang motifnya kayak ulet… hileud orok tau gak? Yang ijo gitu. Nah, lucu kan udah jadi kupu-kupu tapi masih pake kulit ulet hahahaha… kasian, unik sendiri. Huahuahuahua :p

Hahaha … kayak Jalu banget yang udah beda sendiri dari orok. Terus, nih, menurut kamu, proses berkarya dan bermusik bisa nggak disamain sama proses kepompong menjadi kupu-kupu?
Ya bisa dikatakan begitu. Manusia itu memiliki fragmen-fragmen, semuanya adalah "mentah". Tapi manusia bisa mengolah semua itu menjadi sesuatu… salah satunya karya musik. Tapi, musik juga tidak semuanya indah kayak kupu-kupu, ada juga yang ancur, sakit di telinga heuheuhue…

Hahahaha ….
Jadi mugkin tepatnya, proses membuat "musik yang indah" itu yang seperti mengubah ulat jadi kupu-kupu. Tapi membuat musik yang jelek, kayak mengubah ulat menjadi hileud… sama aja boong. kwkwkwk :p

Jiahahaha … hileud lagi. Terakhir, Jal, apa pendapat kamu tentang www.salamatahari.com ?
Well, salamatahari.com itu cute, reminder buat orang-orang yang sering lupa akan hal-hal sederhana, yang bisa menjadi cerita yang menyenangkan :p …Apa yang keluar dari hati, pasti bisa masuk ke hati… begitulah salamatahari.com :)

Aduh … amiiin … makasih banget, ya …
Thanks ya, mudah-mudahan bisa membantu. Sukses terus :)

Sama-sama. sind3ntosca juga, ya …


"Huruf 's' di depan sind3ntosca kecil, itu ada filosofinya, s kecil itu do'a buat jalu... biar sind3ntosca gak besar kepala, biasa-biasa aja kecil :)," ungkap Jalu. 

Di dalam kepompong, saya percaya sind3ntosca tak pernah berhenti berproses. Kepercayaan dan doa kita pun mengambil bagian pada lapisan kepompongnya. 

Saya tahu suatu saat nanti, sind3ntsoca akan menjadi kupu-kupu. Meski kecil dan berwarna seperti hileud orok, ia tetap kupu-kupu sungguhan yang tak akan takut menentang angin, hujan, dan matahari …

Kunjungi sind3ntosca di: http://www.sind3ntoscan.co.cc/

Sundea

4 comments:

indraERK mengatakan...

Keren banget buat jalu sind3ntosca..
salute salam seni yang rapuh

Sundea mengatakan...

Rapuh tapi terjaga, makanya nggak pernah pecah =)

alavya-shofa mengatakan...

lucu pisan, aya hileud orok sagala. awwww...ateul ah! ;P

haryfaiz mengatakan...

:).