Rahim

 

Di dalam rahim, sesuatu yang maha kecil dan tanpa daya dijaga dan dipelihara. Rasa aman dan keleluasaan untuk dicintai tanpa harus membayar apa-apa, membuat si maha kecil dan tanpa daya ini tumbuh menjadi makhluk hidup yang utuh.

Pada waktunya, rahim akan menyerahkan manusia kecil ini kepada dunia. Ia akan tumbuh semakin besar dan berkenalan dengan hidup yang menuntutnya dengan berbagai syarat. Tetapi “rahim” yang berarti “sayang” tak pernah sepenuhnya meninggalkan. Setiap manusia lahir dari “sayang” karenanya berhakikat sebagai “sayang”. Kemurniannya memiliki dorongan untuk menjaga dan memelihara tanpa mendominasi dengan kekuasaan.

Minggu ini Salamatahari menghadirkan posting-posting seputar “rahim”. Ada Supercuts Online Radio yang dipelihara hingga berusia satu tahun, seorang pemuda bernama Ricky Rachim Putra, Kebijaksanaan Bunda Bumi dalam album “Grace Tesla”, dan kisah kecil mengenai Ayah Beruang dan sungai kecil di perut Anak Beruang.

Setiap hari umat Islam mengucap kalimat Bismillah nirahman nirahim dalam doanya.

Saya percaya esensi doa tersebut terlalu bebas untuk dikurung di dalam kotak. Ia adalah janji perdamaian yang universal sifatnya …

Salamatahari, semogaselaluhangat dan cerah,

Sundea

Untuk Kay dan Natnat, sepupu Dea yang rahimnya sedang menjadi jagat raya =)

model sampul: Ayah (Ricky Arnold)

7 comments:

ima mengatakan...

menyentuh sekali :) love it, seperti pagi ini yang cerah

Sundea mengatakan...

Makasih,makasih,Ima, semoga cerah terus sepanjang hari, nggak cuma pagi... =)

Karen mengatakan...

Hiks hiks... terharu. Thank you ya De :*

Anonim mengatakan...

wow.. beautiful n very touching... thank u aunty Dea.. fr: aruna n mamaruna

Sundea mengatakan...

@Kay, Aruna, Mama Aruna, feat. Papa-papanya: Glad you all like it =) love *cups*

subhan mengatakan...

"Setiap hari umat Islam mengucap kalimat Bismillah nirahman nirahim dalam doanya". ralat sedikit pada lafadz basmalah. mestinya ditulis: bismillahirrohmanirrohim. tabik.

Sundea mengatakan...

Makasih, ya, Subhan =)