Superstar, Super …man!

Saat memutuskan mengangkat tema “Super Hero” untuk www.salamatahari.com edisi ini, saya langsung teringat pada wafer Superman. Segeralah saya mencari informasi tentang sejarah wafer klasik ini di internet ternyata … agak nihil. Ia tidak mempunyai situs resmi. Sebagai salah satu produk yang dikeluarkan Mayora, ia bahkan tidak terdaftar dalam mesin pencari produk Mayora. Tetapi wafer murah meriah ini banyak diceritakan di blog-blog pribadi. Meski sempat bernama “Superstar”, kini berganti nama menjadi “Super …man!”, serta selamanya populer sebagai “Wafer Superman” makanan ringan ini jauh dari kesan glamour. Ia justru tinggal dalam kenangan-kenangan sederhana yang dekat dengan keseharian.

image001




Wafer Superman dikenang sebagai bekal sekolah, cokelat dengan rasa susu yang pas, jajanan murah meriah yang sesuai dengan kantong anak-anak, penganan yang wajib dibawa kala Ospek, bahkan ada salah seorang blogger yang ketika kecil punya cara sendiri menikmati wafer ini: menjilat-jilat sisa cokelat yang menempel di sisi dalam bungkus wafer. Ada pula blogger yang secara sentimentil bercerita mengenai temannya yang membawa oleh-oleh wafer Superman. “Supaya Luna tahu makanan emaknya waktu kecil,” kata sang teman.

Meski disebut-sebut tak lagi senikmat dulu, wafer Superman terus berjuang merentang masa. Dan meski perubahan desain bungkusnya tidak mendapat sambutan yang cukup hangat, ia tetap dibeli oleh orang-orang yang rindu bernostalgia. Saya sendiri akhirnya membeli wafer ini dan mendapati … sesungguhnya tidak terlalu banyak yang berubah dengan rasanya. Mungkin kenanganlah yang hadir secara ekstrim dengan pemanis buatan di lidah kita karena memang seperti itulah cara kenangan manis melanjutkan hidupnya …

 

Sejak memutuskan untuk menulis tentang wafer Superman, saya memasuki grup facebook “Wafer Cokelat Superman” dan bertanya pada forum “ada yang tahu sejarah wafer superman?” Hingga tulisan ini ditulis, tidak ada yang merespon.

Saya lalu teringat pada sebuah kutipan dalam film Big Fish, The biggest fish in the river gets that way by never being caught …


Sejarah wafer superman tidak tertangkap. Ia tinggal dalam ingatan kita sebagai sesuatu yang diindera dengan persepsi, diceritakan sebagai kenangan personal, dan kerap dinikmati secara sentimental. Superhero yang berpose di di bungkus wafer sebetulnya selalu terbang ke langit tak terbatas. 

Lalu … apa yang kau ingat mengenai wafer ini ? Sejauh apa sang Superstar, Super … man!, Superman menerbangkanmu … ?

Sundea

gambar wafer Superstar diambil dari sini

5 comments:

warm mengatakan...

saya masih makan wafer itu,
sungguh
:)

Raden Bagio mengatakan...

sekarang di tipi udah ada iklannya kok :)

Basten mengatakan...

Sayang.. wafer yg sekarang gambar Superman-nya sdh tidak original, saya punya gambar Superman-nya yg persis tertera pd bungkus wafer, waktu pertama kali di produksi, tp bukan Foto jadul bungkus wafernya lho...
Tp foto Pose Superman (Christopher Reeve) yg ada di bungkus wafer coklat tsb.. tau ga..? nyari gambar ini agak Sulit.. aq cari dr tahun 2005 baru dapet kemarin..

cahya de putri mengatakan...

Kangen banget sama wafer superman :') sekarang rasanya udah beda..

ayu suzana mengatakan...

aq suka dr Sewaktu SD