Cerita Nggak Penting di Hari Minggu

Secuil remah rengginang kececer di karpet ruang tamu. Tanpa banyak mikir, sama Dea dipungut; mau dibuang ke asbak di atas meja.

Nggak taunya, di bawah remah rengginang itu ada semut yang lagi ngebopong si remah. Pas Dea angkat, dia tampak panik kebingungan. Kakinya bergerak-gerak gamang keilangan tempat berpijak. “Eh, maaf-maaf, Dea kira rengginangnya nggak ada yang punya,” sesel Dea. Nggak tau karena denger suara Dea atau naluri nyari pijakan, si semut tiba-tiba terjun bebas ke meja.

“Ini rengginang kamu, silakan dibawa lagi,” kata Dea sambil ngeletakin remah rengginang itu di sebelah si semut. Ternyata, Temen-temen, bukannya ngebawa propertinya pergi, dia malah tampak semakin panik. Dia jalan cepet-cepet ngehindarin si rengginang. “Ini, lho, ini kan punya kamu, bawa pulang, gih,” kata Dea sambil ngegeser rengginang itu ke deket dia. Si semut jalan makin cepet, sembunyi di balik asbak, dan ngebiarin rengginang itu terabaikan di meja.

Kasian. Mungkin dia pikir rengginang itu tiba-tiba jadi rengginang gaib. Makanan yang awalnya dia bawa-bawa itu, tau-tau jadi kayak ngebawa-bawa dia. Karena terlalu kecil, semut nggak meratiin adanya Dea. Dia terlalu fokus sama rengginang yang bahkan lebih besar daripada dia sendiri.

Dea sempet kepikir ngembaliin semut dan rengginang ke karpet, tapi akhirnya nggak jadi. Selain takut si semut makin frustrasi, daripada karpet, meja sebenernya lokasi yang lebih aman buat kelangsungan hidup si semut.

Dea nulis-nulis di deket meja sambil sesekali meratiin si semut. Pas dia mulai pelan-pelan ngedeketin rengginang lagi, Dea ngambil kamera dan … *cekrek* … motret si semut. Ternyata bener, Temen-temen, semut ini keciiiiil sekali. Kalo dipotret dari jarak yang terlalu jauh, dia nggak keliatan. Kalo terlalu deket, nggak keliatan jelas juga karena beyond fokus.

Hari itu hari Minggu. Mungkin semut item masih terus bekerja karena warnanya ngikutin prinsip warna tanggal di kalender … hehehe …

Just wondering. Ada di mana semut-semut merah di tanggal merah itu, ya … ?

 

semutrengginang

Komentar

Johan Tampubolon mengatakan…
Kalo udah dapet jawabannya, kasih tau, ya :D
salamatahari mengatakan…
Kalo kata temen Dea, Jo, semut merah adanya di sekolahan, bareng Obbie Mesakh. Lo tau lagunya Obbie Mesakh yg "Kisah Kasih di Sekolah", nggak ?