Opa Liat Apa

Opa liat apa … ?

Iya, Opa, semalem ujannya nggak brenti-brenti, makanya jalanan banjir. Opa nggak suka, ya ? Dea juga. Apalagi kalo paginya jadi mendung kayak sekarang. Kesannya jadi murung dan pesimis. Tapi biarin aja, ya, Opa, kitanya jangan ikut-ikutan mendung, okeh … ?

Opa liat apa … ?

Kebun dan pelataran, ya ? Iya, Opa, Dea inget opa sering jalan bulak-balik di sana sama oma. Dulu Dea suka ngeliatin dari jendela terus dadah-dadah nggak penting. Kita, cucu-cucu opa, juga sering main di situ, terutama kalo opa tidur siang. Opa kan dulu galak, suka marah kalo kita ribut-ribut di sekitar kamar opa, apalagi kalo opa lagi tidur siang.

Tapi, ya, Opa, meskipun kegalakan opa melegenda banget, buat Dea kebaikan opa ketanem lebih kuat. Selalu ada perasaan anget yang menyenangkan kalo inget makan runtuk pisang goreng bareng opa, ngabisin Sprite kesukaan opa, nonton wayang orang sampe ketiduran, dan duduk di pangkuan opa sambil nyentuh pipi opa yang keriput dan suka ada titik-titik jenggotnya. Dea inget, sih, waktu Dea kecil opa pernah mara-marah karena Jakarta panas banget. Abis itu, masih sambil marah, opa pergi gitu aja dari rumah Dea. Tapi ingetan itu cuma ingetan, Opa. Dingin tanpa sisa perasaan apapun.

Opa liat apa … ?

Iya, Opa, opa boleh mandang sejauuuuuh …. jauhnya karena taun ini, semua yang jauh mungkin bakal kembali pulang …


Bandung, 4 Desember 2008



In memoriam my loving Grandpa

Supangkat Danusaputra

1 Januari 1913 – 10 Maret 1993



5 comments:

mynameisnia mengatakan...

"karena taun ini, semua yang jauh mungkin bakal kembali pulang"


v
v
v


Ini maksudnya apa, De?

Sundea mengatakan...

Apa hayoooo .... ?

dyw mengatakan...

moga tuhan menerima opa mu, amien...

IBS Blogger mengatakan...

iiih... dea, sedih banget!!! aku jadi terharu. Rasa kehilangan memang seringkali menusuk, tapi ya jalanin aja... toh sesuatu yang udah paten susah diprotesnya, termasuk kematian...

But, thanks dea, waktu itu kamu udah mensupport aku... aku masih dalam euforia rasa senang karena masuk nominasi tea (padahal cuma masuk nominasi aja coba!! hhehehe..)

desty mengatakan...

kyaaaa...
i miss my grandpa...
and he watch me right there from heaven