“Kita Support Kindi!” kata Rizki Ramadan dan Teman-teman

 
Pagi ini, di linimasaku, muncul unggahan teman baikku, Rizki Ramadhan alias Kiram, tentang grup whatsapp “Kita Support Kindi”. Aku langsung teringat pada Kindi, teman Kiram yang seru dan tak pernah kehabisan cerita. Kindi dan aku hanya bertemu langsung satu kali, tetapi lekas merasa akrab. Iya. Kindi sesupel itu.
 
Beberapa tahun lalu, aku mendapat kabar Kindi masuk penjara. Di masa itulah grup “Kita Support Kindi” dibuat. Grup apa, sih, ini? Aku langsung mewawancara Kiram (tebak, Di foto ini, yang mana Kiram, yang mana Kindi).
 
Kiw, apa kabar? Gimana kehidupan lo akhir-akhir ini?
Hidup gue kayak pendulum di antara keluarga dan kantor. Gue nggak sering main keluar kayak dulu, tapi  gue masih suka menggeluti hobi: foto, nulis, baca, nonton, ngoleksi mobil-mobilan dan buku. Petulangan-petualangan kecil di sekitar aja gitu deh. Haha.
 
Saking lamanya kita nggak ketemu, gue sampai nggak tau lo sekarang kerja di mana hahaha.
Gue masih kerja di Kitabisa.
 
Rima dan Ranran (istri dan anak Kiram) apa kabar?
Rima pun kerja. Kantor kami kebteulan sangat deket. cuma beda sekilo. Rania sekarang udah otw 5 tahun. Tiap hari dititipin ke day care. Bulan Juli besok dia mau masuk TK. 
 
Terus, grup whatsapp “Kita Support Kindi” itu apa, sih, Kiw?
Grup untuk support segala kebutuhan Kindi selama di penjara deh pokoknya. Grup ini mulai muncul beberapa minggu setelah Kindi ditangkep, sekitar akhir 2020.
 
Kegiatan kalian di sana apa aja?
Kegiatannya… berbagi kabar soal Kindi, misalkan info dan jadwal cara jengukan. Pas pandemi, Kindi gak bisa dijenguk. Baru 2023 kalo gak salah bisa dijenguknya, jadi kita berbagi info cara jenguk Kindi. Kita juga ngebahas prores hukum yang lagi dijalanin. Misalkan update dari pengacaranya. Update hasil sidang, dan update tanggal bebas Kindi. Kalau ada yang abis jenguk Kindi atau abis ketemu atau ngobrol sama keluarganya pun biasanya pada cerita di situ. 
 
Oh, iya. Keluarganya Kindi gimana kabarnya selama kalian di sana? Sejak papanya sakit Kindi kan tulang punggung keluarga, ya?
Nah. Kita ada patungan gitu tiap bulan, ada yang ngurusin, namanya Irfan. Dia bikin rekening khusus, koordinasi sama keluarganya Kindi. Patungannya gak pernah dipatok berapa, bebas berapapun.  Hasil patungan dipake buat kebutuhan Kindi dan keluarganya. Misalkan ada yang mau jenguk nih. Irfan akan beliin makanan, kopi, dan kebutuhan harian Kindi lainnya, trus dititip ke yang mau jenguk itu. Hasil patungannya juga buat dikirim ke nyokapnya Kindi. Seperti yang tadi lo sebut, Kindi bisa dibilang tulang punggung keluarga. Jadi di momen-momen tertentu, kita kirim santunan gitu buat nyokapnya. 
 
Inisiator grupnya siapa?
Grup ini diinisiasi oleh Boim, Toge, dan Irfan, temen tongkrongannya Kindi yang bisa dibilang paling awet dan cukup deket. Gue kenal beberapanya, tapi yang kenal deket cuma ya 4 dari 10,lah. Waktu itu Boim, Toge, dan Irfan bikin grup WA ini dan ngumpulin temen-temen Kindi yang mereka kenal. Sebelumnya, temen-temennnya itu dikasih tau via japri dulu. Ada juga temen yang ngajak temennya lagi buat gabung di situ. 
 
Kindi emang punya banyak temen. Dia juga suka kenalin temennya di tongkrongan A ke tongkrongan B. Gue yang temen SMA-nya pun kenal beberapa temen kampusnya Kindi, temen kantor, temen kos, dan temen rumahnya. Makanya gue sempet bilang kalo pertemanan adalah ‘mukjizat’nya Kindi. 
 
Kalau di mata lu pribadi, Kindi ini sosok yang kayak apa?
Intinya, gue mengingat Kindi sebagai teman yang satu frekuensi dan teman yang nemenin gue ngedalemin dunia kreatif, jurnalistik, dan dunia komunikasi secara luas. Singkatnya, Kindi nemenin gue nemuin jati diri, lah.  Selera humor Kindi juga mirip-mirip sama gue, De. Suka plesetan juga, tapi gue lebih lincah sih, wkwk. PEDE. Jadi nyambung, lah. Karena itu kami bisa dengan gampang tukeran teman. Gue suka ajak dia main sama temen-temen gue, termasuk lo, De. Dia suka ajak gue main sama temen-temennya. 
 
Kalian kenal dari kapan sebenernya?
Gue dan Kindi pertama kenal di SMA. Gue cocok sama jiwa free spirit dan ketertarikannya yang khas. Kami juga sama-sama suka dunia kreatif dan komunikasi dari SMA. Ngulik bareng, lah pokoknya. Dari SMA gue sering keluyuran sama Kindi dkk, dari yang cuma di sekitaran jakarta sampe tiba-tiba turing ke Bandung. Gue deket banget sama Kindi tuh dari SMA sampai kuliah. Pas udah kerja, terutama 7 tahun terakhir ini, gue sebenernya nggak sesering itu ketemu dan tektokan. Kindi punya pergaulannya sendiri, begitu juga gue. Walau pertemanan kami low maintenance, jarang ketemu, tapi gue tetep nganggep Kindi temen baik. Dan bagi gue yang agak laen ini, temen sefrekuensi adalah harta berharga.
 
Selama bergabung sama grup “Kita Support Kindi”, apa yang rasanya berkesan banget?
Tiap kali ajakan patungan muncul, gue selalu kagum, sih. Gue kan kerja di Kitabisa yah yang tiap hari ngurus donasi publik. Nah, nyaksiin patungan di grup ini tuh ngingetin gue sama rasa tolong-menolong yang murni, personal, dan tumbuh dari ‘akar rumput’.  Dan gue mau apresiasi Irfan, sih. Dia adalah si koordinator uang patungan dan orang yang paling sering ngurusin Kindi selama di penjara. Gue juga terkesan tiap kali Irfan nge-forward chat nyokapnya Kindi. Irfan paling deket sama nyokapnya Kindi dibanding kami yang lain. Nyokapnya Kindi sering nitip salam ke kami-kami ini, bilang makasih karena gak pernah berenti support Kindi, dll. 
 
Pas bokapnya Kindi meninggal juga cukup membekas. Dia udah sakit keras sejak pandemi kalo gak salah. Tiap kali kondisinya menurun pun pasti Irfan ngabarin di grup.
 
Ah, iya bokapnya. Gue sempet nulis tentang bokapnya Kindi juga dulu (bisa dibaca di sini). Cukup berkesan memang cerita bokapnya ini menurut gue.
O ya, gue juga cukup terkenang sama bokapnya Kindi. Dia kerja sebagai wartawan. Kalo gue inget-inget, guepertama kali kenal dan ngeliat langsung kerjaan wartawan tuh karena gue suka main ke rumah Kindi dan kenalan sama bokapnya. Gue jadi kebayang gimana beratnya Kindi. Dia gak bisa nemenin masa-masa sulit bokapnya. Tau-tau udah meninggal aja. Pas pemakamannya pun cuma dikasih izin satu hari.
 
Oh tapi Kindi sempet bisa liat bokapnya dimakamin, ya. Lu dateng ke pemakamannya, Kiw?
Dateng. Di hari pemakaman bokapnya Kindi, gue sengaja cuti. Gue pengen ikut nganter beliau dan pengen ketemu Kindi. Di sana, ada beberapa temen Kindi juga yang dateng. 
 
Berhubung tema Salamatahari edisi ini “perayaan”, gimana kalian ngerayain bebasnya Kindi dari penjara?
Udah sebulan sebelumnya, Irfan ngeworo-woro kalo Kindi akan keluar 10 juni. Jadi gue cukup menanti-nanti, sih.  Pas hari H, gue minta Irfan untuk invite Kindi ke grup begitu dia udah keluar dan hapenya aktif lagi. Dia keluar tuh Senin siang kemaren, dijemput nyokapnya. Dia cerita, mereka makan siang dulu trus baru balik ke rumah. Pas di rumah dia baru menyapa kami di grup, sapaan khas Kindi, singkat, padat, dan ekspresif: freeeeeennsss.. all of youuuuu.. thank you so much for everything” 
 
Kiram menunjukkan kemeriahan percakapan di grup “Kita Support Kindi” kepadaku. Namun, berhubung menyangkut nama banyak orang, kami sepakat untuk tidak mengunggah tangkapan layar percakapan seru itu di zine-zine-an online ini. Namun, hatiku hangat membaca keceriaan dan kehangatan yang bertaburan dan sambung menyambung di grup whatsapp tersebut. Betapa teman adalah kekayaan dalam hidup manusia.
 
Selamat merayakan kebebasan, Kindi, selamat memasuki episode baru di hidup yang penuh kejutan ini :D
 

 
Foto-foto dokumentasi Kiram.

Komentar