Kelana

“Gua udah ngantuk, ah,” kata Dea pas si tokoh dateng pada suatu tengah malem.
“Gue mau pergi lagi,” kata si tokoh.
“Besok aja gimana? Gua udah ngantuk!”


Setelah kami agak-agak berdebat, tokoh cerita menang. Akhirnya Dea nggak tidur gara-gara nyelesein cerita dia. Beda sama Magenta yang sabar dan hati-hati, tokoh ini main hajar-hajar aja.

“Bagian ini gua harus riset dulu,” kata Dea ke dia.
“Nggak usah sekarang. Nanti aja lo balik lagi ke sini sesudah beres,” kata si tokoh.

Kami berdebat lagi dan tokoh cerita tetep menang. Bagian-bagian yang butuh diriset Dea lewatin dulu. Akhirnya, cerita dia Dea kelarin sebagai novella dalam tempo empat hari. EMPAT HARI.

Setelah ngelarin cerita dia, sebenernya Dea mau pergi sama Ikanpaus. Tapi, berhubung kurang tidur parah, Dea teler sejak berangkat. Sepanjang jalan Dea ngomel-ngomel ke si tokoh walaupun di dalem kepala aja. Bukannya ngerasa nggak enak, si tokoh malah ketawa-ketawa. Di jalan tau-tau dia “ngirimin” pick-up dengan stiker ini:


Dea nggak bisa marah dan akhirnya ikut ketawa, “Dasar, ah, elu mah!”

Begitu sampai di tujuan, Dea terlalu teler untuk ikut kegiatan berikutnya. Jadi Dea tidur kayak mati di mobil sampai kegiatannya beres dan pulang lagi. Begitulah.

foto @natalia_oetama

Tokoh cerita Dea yang kali ini #solarsagitarius. Jadi, Dea nyeritain pengalaman Dea ke Lia, temen baik Dea yang Solar Sagitarius juga.

Ternyata semua pilihan langkah yang mungkin Lia ambil bakal sama sama si tokoh. Lia paham pace-nya, keberanian main terabasnya, dan punya banyak pendapat yang sama sama si tokoh, padahal Dea belum nyeritain semua pendapat si tokoh ke Lia.

Sebetulnya tokoh ini udah dateng ke Dea sekitar setaun yang lalu. Dea berhasil nyelesein cerpen tentang dia dalam waktu singkat, tapi, waktu dia minta tulisan yang lebih panjang, Dea lebih slow-res walaupun awalnya agak ngegas juga. 

Pas Dea melambat, dia nggak maksa, cuma keliatannya nggak cukup sabar untuk nunggu. Berhubung dia nyantai dan Dea belum nulis banyak, ya udah aja. Pas dia ilang Dea pun sibuk ngerjain hal-hal lain.


Setelah “Langit Magenta” selesai, ada beberapa karya yang kemungkinan mau Dea garap selanjutnya. Cerita dia sama sekali nggak Dea perhitungkan karena rasanya masih jauh. 

Nggak taunya ujuk-ujuk dia dateng bawa plot twist dalam kehidupan ini. Setelah menggoreng Dea selama 4 hari, dia hilang kembali. Tapi, pas baca ulang tulisan Dea dengan pace Dea sendiri, Dea sadar cerita ini memang potensial. Dea nggak nyesel juga begadang 4 hari. Sekarang, setelah tokohnya nggak tau ke mana, Dea justru punya waktu untuk baca ulang dengan lebih tenang dan moles detailnya.

Semoga naskah ini bisa jadi karya yang utuh dan lahir sehat suatu saat nanti. Kalau pakai prinsip Kaizen Writing-nya Mbak Dee, seenggaknya dia udah mencapai kata “tamat”.

Begitulah, Teman-teman, bersamaan dengan itu, Dea memasuki buku harian ke-135. 



Komentar