Patjar Merah dan Jejak-jejak Om Em

Beberapa bulan yang lalu, Mbak Windy Ariestanty main ke Bandung dan cerita mau bikin Patjar Merah edisi kota ini. Dea excited banget. Udah lama Dea ngeceng #patjarmerah yg selalu digelar jauh dari domisili Dea. Jadi, waktu akhirnya festival ini mau diadain di Bandung, tentu Dea langsung cari tau bisa bantu apa.

Festival buku selalu ngingetin Dea sama almarhum sahabat Dea, Om Em. Om Em sering banget terlibat di acara begini dan dari dulu Dea selalu diajak ngebantu. Buat Dea ngebantu Om Em kayak main-main dengan tanggung jawab, nambah temen, dan Dea selalu belajar sesuatu apapun bentuknya. Meskipun biasanya tugas utama Dea seputar tulis menulis--dulu ngisi bulletin sekarang ngegarap takarir--Dea pasti belajar banyak hal di luar itu.

Dulu, pas bantu Om Em, beban Dea nggak pernah seberat dia yang sering jadi pemimpin. Jadi, kalau Om Em mulai kenceng, biasanya Dea jadi sahabat relaksasi yang selow dan gembira. Ketika Om Em mulai marah-marah dan stress, biasanya kami ke Ragunan, karaokean, atau sekadar jalan kaki random sambil ngobrol dan jajan-jajan.

Sejak Om Em berpulang, ini pertama kalinya Dea bantu festival buku lagi. Meskipun Om Em udah nggak ada, Dea kayak ngeliat dia mewujud sebagai siapa aja di setiap sudut Patjar Merah. 

foto: Matheus Aribowo
 

Buat beberapa temen yang lagi kenceng, Dea pun kembali jadi sahabat relaksasi. Dea juga ketemu beberapa temen lama yang beririsan sama Om Em. Di festival ini Om Em kayak idup kembali. 

 

Patjar Merah Bandung ini istimewa sekali untuk Dea dan orang-orang terdekat. Ini pasar buku pertama yang ngejual novel "Langit Magenta" Dea dan nggak disangka-sangka novelnya ludes dalam beberapa hari. Tadinya mau di re-stock, tapi nggak jadi karena di penerbitnya juga abis. Di Patjar Merah ini jugalah buku "Seni Rupa Dunia" yang digarap papa dengan sungguh-sungguh akhirnya diluncurin. "Hadiah Perjalanan", buku pertama temen baik Dea, Natalia Oetama, juga nyapa dunia di festival ini. 

Banyak ilmu yang bertebaran lewat berbagai sesi dan literasi. Patjar Merah juga kayak forum yang mempertemukan banyak orang yang sebelumnya nggak saling tau. Bahkan, ada temen-temen baru yang mungkin akan menjalin pertemanan lebih panjang karena berkesempatan tuker pengalaman di Patjar Merah.

Dea sendiri juga belajar banyak. Belajar jadi host Live IG, belajar lewat sesi-sesi yang Dea ikutin, belajar lewat dinamika yang Dea simak, dan belajar bahwa siapapun yang pernah menanam sesuatu di keidupan kita bakal idup selamanya. 

Semoga akan ada lain kali untuk Patjar Merah Bandung.

Setelah Patjar Merah berlalu, Dea ngerasa dialirin sesuatu yang anget. Semoga bisa jadi penutup yang manis untuk taun ini dan bekal kekuatan untuk taun mendatang... 

Om Em, Vai adik Dea, dan Dea pada jamannya


Komentar