Paripurna

PAPA BENJAMIN WIRIADISASTRA
18 Juli 1944 - 28 April 2022
 
Apa yang harus Dea tulis tentang papa mertua Dea? Mulai dari mana? 
 

 
Hal pertama yang muncul di kepala Dea sebetulnya agak absurd. Kerupuk. Kami berdua sama-sama penggemar berat kerupuk. Kesamaan berikutnya, kami lumayan kompak kalau udah iseng. 
 
Tapi papa lebih berpengalaman. Waktu Ikan Paus dan Dea masih pacaran sampai awal-awal masa pernikahan kami, lumayan sering Dea kena prank papa. Papa kalau ngeprank mukanya lempeng banget soalnya. Belakangan, sih, trik-trik papa udah kebaca, kutak tertipu lagi :)) 
 
Di misa penghiburan tanggal 29 April, sebelum papa dikremasi, ke umat yang dateng Pastur Ferry nanya warisan apa yang kami dapet dari idup Papa Ben. Dea ngerenung. Ternyata bukan kerupuk dan prank yang pop up di kepala Dea, melainkan nilai-nilai yang papa tanemin di Ikan Paus, anak bungsunya, laki-laki yang Dea nikahin. 
 

 
Papa adalah family man yang megang teguh prinsip-prinsip pernikahan, komitmen, dan tanggung jawab. Dia dan mama juga nggak terpisah sama sekali. Saling ngejaga dan melihara pernikahan lewat gestur-gestur kecil yang sederhana. 
 
 

 
"Maaf" dan "terima kasih" juga nggak pernah jadi kata-kata yang dianggep basi di pernikahan mereka. Nggak ada kesalahan yang terlalu sepele untuk permintaan maaf, nggak ada juga upaya pasangan yang terlalu biasa untuk sebuah ucapan terima kasih. 
 
Anniversary terakhir papa-mama, dirayain kecil-kecilan sama keluarga Kakak di Aussie
 
 
Tiga taun yang lalu jantung papa sempet berenti. Kami pikir papa bakal "lewat" saat itu, tapi ternyata papa (dan kami) masih dikasih kesempatan untuk barengan. Kalau Dea inget-inget lagi, masa idup tiga taun ini diisi dengan baik sekali. Papa tambah sabar dan wise, relasinya sama mama semakin kuat dan mateng, papa sempet quality time sama anak-cucu, sampai akhirnya dipanggil lagi sama Tuhan. 
 
Dea sempet nanya ke Tuhan. "Tau diri, nggak, Tuhan, kalau sekarang kami minta mujizat lagi, padahal dulu udah dikasih yg ajaib? Kalaupun nggak bisa, semoga segala sesuatunya on track aja di jalanmu". 
 
Kepergian papa cepet dan mudah. Papa husnul khotimah. Dea nggak bisa ngebayangin alur yang lebih smooth daripada ini if the show must go off. 
 
Nggak ada kehilangan yang mudah. Tapi, kenggakmudahan itu selalu bekerja sama dengan waktu. Selamat beristirahat dengan tenang, Pa...
 

 
 

Komentar