Homo Faber

Hari Selasa lalu, Ikan Paus dan dan Dea makan di kedai Mie Bantek. Mie pesenan kami diracik langsung sama Oom pemiliknya.

Umur Oom itu pasti udah nggak muda. Kalau jalan udah harus pelan-pelan. Waktu ngaduk mie tangannya sedikit gemeter. Si Oom didampingin seorang asisten yang ngebantu kalau ada gestur yang butuh kecepatan dan tenaga lebih.



Sambil ngamatin Si Oom nyiapin mie, Ikan Paus dan Dea jadi ngebahas tentang kerja. Kami ngenang beberapa org yang milih tetep kerja sampai hari tuanya, bukan karena terpaksa, tapi karena butuh ngelakuinnya aja.

salah satu orang yang masih aktif di usia lanjut: Pak Tan De Seng

"Mungkin kita semua sebenernya nggak bisa pensiun, ya," simpul Dea akhirnya.

Kerja bukan cuma perkara cari uang, ngejar prestasi, dan ngebangun karier. Kerja adalah cara unutk tetep bergerak dan ngerasa berguna. Menyesap kahuripan alias living life to the fullest. Bukan sekadar surviving, tapi juga thriving.

Sesaat kemudian pesenan kami dateng. Mienya pulen dan gurih. Pangsitnya isi udang. Kuahnya juga lekoh banget. Tanpa perlu jadi fancy, cita rasa Mie Bantek sempurna. Ia adalah semangkuk hidangan yang kenal persis kebutuhan lidah dan perut lewat pengalaman lebih dari 50 tahun.

Waktu kami mau nyoba wawancara Si Oom, Oom nunjuk telinganya sambil ngegeleng.

"Mohon maklum, ya, udah susah denger," kata Sang Istri yang jaga di kasir.

"Oh, iya, nggak apa-apa. Mienya enak banget, Tante," puji Dea.

"Ini udah dari dulu di sini?" tanya Ikan Paus sambil bayar mie.
"Oh, enggak. Dulu di Garut. Tapi karena pandemi, kita ke sini. Anak-anak di sini," cerita Tante seraya ngasih uang kembalian.

***

Kenapa oma-oma sering disaranin ngerajut? Kenapa pensiunan disaranin tetep punya kegiatan? Kenapa ada post power syndromme? Kenapa orang yang nggak ngapa-ngapain rentan stress?

Karena kita tau kita "ada" lewat kontribusi kita ke kehidupan lain.

Sehat-sehat Oom dan Tante Mie Bantek  serta Pagi-Pagi Kopi yg nemenin di sebelahnya...


 

Komentar