Kesebelasa Kupu (bagian 3)



kon·ser·va·si/ /konsérvasi/ n 1 pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan; pengawetan; pelestarian.

Di idup ini, ada banyak hal yang seperti pedang bermata dua. Manusia bisa jadi perusak alam paling brutal, tapi bisa jadi pelaku konservasi yang paling pengasih. Beberapa satwa dan tumbuhan langka berhasil nggak punah karena manusia-manusia yang punya kesadaran konservasi.


Karena khawatir sama kepompong di kebun kami yang ilang satu-satu, Ikan Paus punya akal untuk ngelindungin. Kepompong diambil dari jaring bareng daun dan batang tempat mereka bergantung, kemudian diiket-iket pakai benang ke tudung saji. Dari balik tudung saji, mereka bisa ngelaluin masa kontempelasi mereka dengan tenang. Nggak ada predator yang bisa nyisip ke situ.






Sejak akhir April 2020, cerita Kesebelasan Kupu resmi dimulai. Kepompong mereka tinggal di ruang keluarga rumah kami. Kalau mereka udah cukup usia untuk terbang sebagai kupu-kupu, kami berniat ngelepas mereka kembali ke alam.

Di idup ini, banyak hal yang seperti pedang bermata dua.
Kita selalu bisa memilih arah mata pisaunya.


Komentar