Anahata



Selama ini Dea nggak pernah berhasil meditasi. Sebab, setiap Dea nutup mata agak lama, selalu muncul gambar-gambar random yang ujung-ujungnya Dea tonton. Kadang absurd, tapi kadang juga ada ceritanya. Menurut orang-orang, kalau mau meditasi, PR pertama Dea adalah nyingkirin gambar-gambar itu dulu dan fokus sama nafas. Udah berkali-kali Dea coba dan ujungnya gagal-gagal keneh. Akhirnya Dea nyimpulin Dea memang nggak bisa meditasi. Hal terdeket sama meditasi yang masih mungkin Dea lakuin adalah jalan kaki. Tapi di masa Covid-19 ini, untuk melindungi orang lain dan diri sendiri, mana mungkin Dea jalan-jalan?



Karena belakangan informasi yang dateng dan obrolan di rumah tenang Covid-19 mulai kerasa depresif, Dea minta diajarin meditasi sama Ikan Paus. Biasanya memang nggak berhasil. Tapi ya udahlah, dicoba lagi aja dulu, daripada nggak ada upaya sama sekali.



Hari Selasa kemaren, Ikan Paus mulai ngajarin Dea meditasi. Hal pertama yang perlu Dea lakuin adalah naro lidah di langit-langit mulut dan ngatur nafas. Dea disuruh ngarahin nafas ke ulu hati secara konstan sampai kerasa panas. Kalau susah konsentrasi, Dea boleh pake mantra, pake kata apapun yang diulang-ulang untuk ngebantu fokus.



Maka mulailah Dea ngejalanin instruksi. Mantra yang Dea pake adalah “lego”. Soalnya pas Dea nutup mata, hal pertama yang Dea liat adalah polisi Lego Duplo berbaju ijo di atas balok-balok Lego yang ijo juga.



Meskipun Dea berusaha keras, daerah situ nggak panas-panas. Yang ada jantung Dea berdebar kenceng sampai sakit dan gambarnya malah semakin aneh. Kali itu Dea ngeliat Ganesha duduk di atas stroberi raksasa. Nuansa warnanya ijo dan langit di belakangnya gelap. Tau-tau ada petir-petir. Si Ganesha muter kayak gasing, makin lama makin kenceng, sampai daun-daun di stroberi yang dia dudukin berkibar ngegulung dia. Gambarnya jadi keyos. Tau-tau ada tombak yang keluar nembus daun-daun itu, menjulang memanjang, dan nusuk pusat petir di angkasa gelap. Dea langsung ngebuka mata.



“Gimana? Bisa?” tanya Ikan Paus yang ikut ngebuka mata juga.

“Boro-boro. Panas enggak, gambar-gambar anehnya muncul lagi.”



Dea nyeritain apa yang Dea liat. Setelah hampir 6 taun pernikahan, sebenernya Ikan Paus udah mulai terbiasa sama cerita Dea tentang gambar-gambar aneh. Tapi kali itu keliatannya dia agak kaget.



“Apa warnanya? Ijo?” tanya Ikan Paus.

“Iya. Ijo semua yang aku liat,” saut Dea.

“Pas kamu napas yang paling kerasa di mana?”

“Di sini semua. Jantung aku deg-degan nggak bisa berenti. ”

“Ya udah. Kita coba lagi, ya. Sekarang pusatnya kita ubah. Di dasar, tempat kamu duduk. Alirin nafas kamu ke situ.”



Maka kami nyoba lagi. Ketika Dea nutup mata dan nyoba konsentrasi ngalirin nafas ke situ, yang Dea liat warna putih kapas yang tenang. Abis itu tau-tau ada semacem serangga yang nembus keluar dari putih-putih kapas itu dan bergerak cepet. Tau-tau adegan yang Dea liat berubah. Tone warnanya jadi ijo dan gelap lagi.



Dea ngeliat langit gelap berpetir dan ombak ijo berbentuk naga raksasa. Di atasnya ada manusia kecil berbaju putih, kayak peselancar, tapi kayaknya nggak pake alat selancar. Pertamanya Dea pikir orang itu ngendarain ombak naga. Tapi kemudian Dea dapet kesan … enggak. Dia ngebiarin si ombak naga ngebawa dia. Ombak naga raksasa itu keliatannya kuat banget, tapi Dea nggak takut ngeliatnya. Dia berkelok-kelok di antara petir dan angin ribut, tapi somehow Dea percaya sama dia.



Akhirnya ombak naga dan orang di atasnya sampai di bibir pantai. Si naga nunduk supaya orang di punggungnya bisa turun. Setelah sampai di pantai dengan selamat, orang berbaju putih itu ngatupin tangan, ngucapin terima kasih ke si ombak naga. Ombak naga itu nunduk hormat sampai setinggi si orang, abis itu ilang sebagai cipratan yang kembali bersatu dengan laut. Meskipun langit masih gelap dan ombak bergelora, pemandangan terakhir itu rasanya damai banget.

digambarin Ikan Paus



Setelah nonton “film” itu, Dea kembali ke “dunia nyata”. Dea konsentrasi ke nafas yang lagi Dea arahin ke tempat Dea duduk. Tulang ekor Dea berhasil anget, tapi dua kaki Dea yang bersila jadi dingin. Jantung Dea masih deg-degan. Tapi waktu Dea narik nafas dengan kesadaran yang aneh, ada kekuatan yang ngeredain debaran Dea pelan-pelan dan konstan. Setelah jantung Dea tenang, Dea kembali ngeliat lautan ijo. Si ombak naga tiba-tiba bersayap kayak Ikan Indosiar dan keluar dari lautan. Bentuknya tetep air dengan buih-buihnya. Dia terbang lurus dan gagah ke pusat petir di angkasa. Abis itu Dea langsung ngebuka mata.



“Gimana?” tanya Ikan Paus yang ikut ngebuka mata juga.

“Filmnya seru yang sekarang.”

Ikan Paus ketawa. Mungkin dia udah ngeduga Dea bakal “nonton film” lagi.

“Tapi agak berhasil. Aku ngerasain anget di tempat yang kamu instruksiin. Terus deg-degan aku reda. Sekarang perasaan aku tenang. Nggak ada yang berubah sama dunia dan informasi-informasi yang aku tau. Tapi aku tiba-tiba ngerasa baik-baik aja dan bisa nerima. Ada hal-hal yang menurutku nggak adil di sekitar kita, tapi aku percaya sistem yang lebih besar tetep adil,” papar Dea.

“Ok. Kamu liat apa?”



Setelah Dea nyeritain semua yang Dea liat, Ikan Paus nanya Dea pernah belajar tentang cakra apa enggak. Dea jawab enggak. Dia juga nanya Dea tau Kundalini apa enggak. Dea bilang Dea pernah denger, tapi nggak pernah nyari tau itu apa. Ikan Paus kemudian ngejelasin beberapa hal yang bikin Dea amazed.



Meditasi pertama—yang ke ulu hati—sebenernya diajarin Ikan Paus berdasarkan sistem meditasi Cina. Tapi kalau pake sistem yoga, cakra yang ada di situ adalah cakra ketiga yang namanya Manipura. Manipura berkaitan sama dorongan dan semangat untuk ngelakuin sesuatu. Asosiasi warnanya kuning matahari. Makanya daerah situ seharusnya paling cepet panas.



Di meditasi kedua, Dea ngarahin nafas Dea ke tulang ekor. Cakra yang ada di situ namanya Muladhara. Ini adalah cakra pertama yang terkait sama insting bertahan idup manusia yang paling dasar.



Kata Ikan Paus, ada 7 cakra utama. Tiga yang di bawah berkaitan sama survival: Muladhara, Svahisthana, dan Manipura. Tiga yang di atas berkaitan sama mindfulness: Vishudda, Ajna, dan Sahasrara. Nah. Tiga yang atas dan tiga yang bawah ini terhububung oleh cakra ke-4: Anahata. Si cakra keseimbangan. 

sumber gambar: handsonhealthsheffield.com




Secara bahasa, Anahata atau cakra jantung diterjemahin sebagai “unstruck sound”. Mungkin maksudnya suara yang nggak muncul dari proses fisika, nggak berasal dari sumber getaran, tapi hadir di realitas yang lain. Karena jadi penengah antara mindfulness dan survival, Anahata adalah cakra yang sering diasosiasiin dengan keseimbangan dan kedamaian. Warnanya ijo.



Sementara itu Kundalini adalah kekuatan maha besar yang bersemayam di tubuh manusia. Dia sering diasosiasiin sebagai ular yang tidur ngelingkar. Karena kekuatannya buessuuaarr buangettt, orang nggak sembarangan ngebangunin Kundalini ini. Dia memang bisa ngasih sort of super power, tapi bakal bahaya banget kalau orang nggak bisa ngendaliin dia ketika dia bangun.



“Apa naga yang kamu liat itu sebenernya Kundalini, ya?” tanya Ikan Paus.

“Nggak tau. Tapi kalau itu memang Kundalini, aku rasa dia nggak perlu dikendaliin. Dia tau cara ngendaliin dirinya sendiri. Yang perlu dikendaliin adalah diri kita sendiri waktu bersama-sama dia. Kundalini ngehormatin kita, kita juga ngehormatin dia,” simpul Dea sambil ngenang adegan naga dan orang berbaju putih begitu sampai di bibir pantai.



Ikan Paus dan Dea bukan ahli yoga. Jadi kami nggak meyakini tafsir bebas kami sebagai sesuatu yang valid. Tapi yang pasti meditasi hari itu pengaruhnya jelas dan baik. Dea juga sadar kalau mungkin Dea punya cara meditasi yang beda sama orang lain. Jadi, kalau lain kali mau meditasi, Dea nggak perlu nepis gambar-gambar yang muncul di kepala Dea. Ditonton aja. Sebab ternyata gambar-gambar itu malah ngebantu.
sumber gambar: teepublic



Besoknya Ikan Paus dan Dea nyoba meditasi lagi. Kali ini kami nyoba ngarahin nafas kami ke bawah pusar, tempat cakra ke-2, cakra svadhisthana.



Ternyata pengalamannya beda. Kali itu nggak ada film apa-apa, tapi indera Dea jadi jauh lebih tajem. Dea bisa ngedenger segala suara. Dari yang deket banget sampai yang jauh banget. Dea juga bisa ngerasain segala hal yang dateng dari luar dan yang bergerak di dalem tubuh untuk ngejaga idup Dea. Banyak yang kedengeran dan kerasa tapi nggak riuh sama sekali. Harmoninya menenangkan.



Di tengah meditasi yang tentram itu, random Dea keinget sama si ombak naga. Di mana dia, ya? Sebetulnya dia ada apa enggak? Kalau ada, kenapa dia nggak muncul kali itu?



Tau-tau, Dea seperti bisa ngindera sebuah jawaban, samar tapi kebaca seperti gambar angka di tes buta warna.



“Aku ada, Dea, tapi kali ini kamu nggak perlu kekuatan sebesar itu…”



Selamat Hari Keseimbangan, Temen-temen ^^

Komentar

Tifeh mengatakan…
sebagai sesama gemini. paham bgt susah meditasi krn "scatter brain" nya gemini.
Tapi menarik kak Dea cakra yang pertama kali bisa aktifnya di tulang ekor. Kalo aku juga susah bgt di ulu hati, pas berhasil malah di antara alis alias si Ajna.
salamatahari mengatakan…
Wahahaha, random beut tempatnya, ya, Feh.

Kenapa kita susah di bagian ulu hati, ya? Apa ada hubungannya sama kegeminian?