Mengirim Cahaya

 

"Ada satu saat di mana kita harus berjalan sendirian. Bukan karena gak ada teman, tapi karena hanya kita yang bener-bener tahu arah mana yang kita inginkan."

 -Em-


 

Dear Em.

Hari ini persis setaun setelah elu nggak ada. Di satu sisi, setaun kayaknya cepet banget. Tapi, di sisi lain, sebaliknya. Setaun ini gue ngerasa jadi tuaaaa banget karena harus belajar deal sama banyak hal sendirian ... yatapi gue emang udah tua juga sih :p

Pas lagi liat-liat berkas, gue nemu surat lu yang gue kutip di awal itu. Meskipun bahasan di suratnya udah basi, esensinya enggak. Gue jadi inget pola persahabatan kita dari dulu ya memang begitu. Pas lagi bareng, bareeng terus; elo bisa berbulan-bulan di Bandung atau gue bisa berbulan-bulan di Jakarta. 

Cuma, selalu akan ada satu masa kita ngejalanin idup sendiri-sendiri. Gue nggak pernah khawatir kalau lu "ilang" karena gue percaya pada waktunya lo bakal bakal muncul lagi. Gue selalu seneng ketika lo dateng, apapun kondisi lo. Kadang lo kinclong bawa wisdom, kadang lu burek minta di-brasso, tapi ujung-ujungnya kita selalu nyanyi-nyanyi bersama, jalan-jalan random, ketawa-ketawa, dan nemu aja sontrek-sontrek yang pas buat idup kita.

Taun lalu elu ilang dan jarang ngehubungin gue. Gue terlalu percaya pada waktunya elu bakal balik kayak biasanya. Taunya enggak. Sekali itu lo BETUL-BETUL ILANG. For good. Nggak akan balik-balik lagi. Gue shock banget sampai sempet nggak tau seharusnya gue ngerasain apa.

Sepanjang taun ini gue jadi belajar nyanyi-nyanyi sendiri, Em. Rasanya sepiii banget. Apa lagi kalau nggak sengaja denger soundtrack yang pasti selalu dateng sepaket sama ingetan akan momennya. Pada akhirnya, semua nyanyian cuma ngingetin bahwa nggak akan ada soundtrack baru yang bakal kita nyanyiin sama-sama lagi. 

Gue kecewa sama diri gue sendiri. Gue ngerasa nggak jadi sahabat yang cukup baik buat lu. Gue nggak ada di momen-momen terakhir lo dan nggak punya kesempatan untuk ngelakuin apapun buat lo. Gue nyesel nggak peka nyari tau kabar lo dan ngecek keadaan lo. Gue nyesel nggak teliti ngeliat tanda-tanda kecil yang baru keliatan terang setelah elo nggak ada. Gue susah maafin diri gue sendiri gara-gara itu semua. Sampai pada suatu hari di awal taun, gue denger lagu "Lapang Dada"-nya Sheila on 7. 



Apa yang salah dengan lagu ini
Kenapa kembali ku mengingatmu
Seperti aku bisa merasakan
Getaran jantung dan langkah kakimu
Kemana ini akan membawaku

Kau harus bisa bisa berlapang dada
Kau harus bisa bisa ambil hikmahnya
Karena semua semua tak lagi sama
Walau kau tahu dia pun merasakannya

Di jalan yang setapak kecil ini
Seperti ku mendengar kau bernyanyi
Kau tahu kau tahu
Rasaku juga rasamu

Kau harus bisa bisa berlapang dada
Kau harus bisa bisa ambil hikmahnya
Karena semua semua tak lagi sama
Walau kau tahu dia pun merasakannya

Ke mana ini akan membawaku
Aku takkan pernah tahu

Kau harus bisa bisa berlapang dada
Kau harus bisa bisa ambil hikmahnya
Karena semua semua tak lagi sama
Walau kau tahu dia pun merasakannya

Mengirim cahaya untukmu

Tau-tau gue  nangis dengan emosi yang nggak tau pasti harus gue sebut apa. Anehnya, sesudah itu gue malah lega. Lagu "Lapang Dada" tepat banget ngewakilin semuanya. Rohnya pun soundtrack-soundtrack kita banget. Mellow, tapi tetep optimis dan ada cerianya; kayak lagu "Pesawatku" yang pernah kita bedah dengan sok iye jaman dulu

Sejak saat itu gue belajar untuk bener-bener let go. Belajar nggak nyalahin siapa-siapa atas kepergian elu. Belajar ngelepasin dengan lapang dada dan percaya, baik elu maupun gue udah ngelakuin yang terbaik yang mungkin kita lakuin. Kita nggak tau sesudah ini bakal ada apa lagi, tapi di titik ini kita betul-betul udah harus jalan sendiri-sendiri.

Idup gue sehari-hari tetep penuh cerita dan soundtrack. Di antaranya, ada lagu "See You Again"-nya Fast and Furious

It's been a long day without you, my friend
And I'll tell you all about it when I see you again
We've come a long way from where we began
Oh, I'll tell you all about it when I see you again
When I see you again

"Let go" perkara kerelaan. Tapi "kangen" urusan lain :)

Baek-baek di sana, ya...

Selamat ulangtaun telat sedikit...
Dea

Bareng Theo dan Gina di Sky FM


Komentar