Akhir Pekan Para Bunga Matahari

-FX Senayan, Jumat, 20 April 2012-
“Waaah … ada BuMa!” seru Dea ketika melihat booth Komunitas Bunga Matahari di event Ngerumpi.com yang digelar di FX Senayan, Jakarta. Seperti biasa, booth mereka warna-warni ceria. Ada kebun-kebunan kecil dengan bunga matahari, ada gelas-gelas kertas yang digambari, dan ada puisi-puisi pengunjung yang tersusun dari kata-kata yang disediakan di booth BuMa. Karena lama tak mendengar kabar dari komunitas puisi ini, Dea sempat menyangka mereka telah tiada. Rasanya senang kembali menemukan mereka. 


“Kalian ke mana aja?” tanya Dea.
“Ada, kok, tapi kita sempet nggak banyak kegiatan offline,” sahut Mas Mikhail, suami Mbak Anya, penggagas BuMa.
Dea mengangguk-angguk.




Bunga Matahari alias BuMa adalah komunitas puisi berbasis mailing list yang berdiri sejak tahun 2000. Meski tak pernah menjadi anggota, diam-diam Dea mengamati perkembangannya. Dea menyukai kesederhanaan, ketulusan, dan kerendahhatian teman-teman ini. “Semua bisa berpuisi”, begitu tagline BuMa yang membuat siapapun jadi tak merasa dihakimi.

“Kita mau ulangtahun yang ke-12, lho,” tiba-tiba salah seorang aktivis BuMa menyodorkan selembar kartu bertuliskan “Festival Tanpa Nama” kepada Dea.

avatar

“Kenapa judulnya ‘Festival Tanpa Nama’?” tanya Dea sambil mengamati lembar bernuansa kuning-merah-biru tersebut.

Teman-teman BuMa yang sedang duduk-duduk di kebun kecil BuMa hanya saling melirik penuh rahasia.

Ternyata, Teman-teman, booth mereka di Ngerumpi.com adalah semacam teaser untuk pesta ulangtahun mereka.
“Dateng aja,” ajak Mbak Anya ramah.

Ketika membaca tanggal perayaan mereka yang ternyata … JRENG JENG … 28 April 2012, Dea sedikit kecewa. Dea keburu punya janji-janji lain di Bandung.

Sepertinya akhir pekan kali ini adalah akhir pekan para bunga matahari. Pada tanggal 29 April 2012, Salamatahari pun akan hadir pada ulangtahun pertama IM Bookstore di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan no.8, Bandung. Sebagai salah satu rangkaian acara IM Bookstore, akan ada obrolan santai seputar buku Salamatahari pada pukul 4 sore. Siapapun boleh datang.

540035_3471497597614_1576373648_2712751_1991334415_n

Teman-teman, ke mana kamu akhir pekan ini? Jika kamu datang ke Festival Tanpa Nama, ceritakan apa rahasia “Tanpa Nama” mereka kepada Dea, ya. Meski tidak bisa hadir sendiri, mata-mu dapat menjadi saksi untuk Dea atas hari itu ;)

Apa cerita yang akan ditulis oleh suratan pada akhir pekan ini … ?
Mungkin Tuhan pun tersenyum penuh rahasia mendengar pertanyaan Dea …



Sundea

Kunjungi BuMa di http://puisibungamatahari.wordpress.com/
Atau follow twitternya di @PuisiBuMa

3 comments:

Jessica mengatakan...

begini donk dea, jd aq jg ada update kegiatan wkwkwkwk. kebetulan aq ada di Bandung jg tanggal sekian :) kalau tidak ada aral melintang, mudah2an bs ketemu yah :D
Sayang aq ga bs ktemu pak Raden :(

terlalurisky mengatakan...

gw berencana hadir, De. kalau jadi, nanti gw ceritain. hehehe.

Sundea mengatakan...

Asekkkkk .... =D