Meninjaw Gambar Selaw

-Ruru Shop, 29 Desember 2011 – 11 Januari 2012-

Pameran Apocalypse Gambarselaw

Ketika kamu membaca artikel ini, pameran yang berlangsung di Ruru Shop selama dua pekan tersebut pasti sudah selesai dan karya-karyanya mungkin sudah ditanggalkan. Tetapi ada yang tetap tinggal. Kegiatan menggambar saban Kamis pukul 20.00-23.00 di Ruru Shop Jln. Tebet Timur Dalam Raya no. 6, Jakarta Selatan, serta blog mereka http://www.gambarselaw.blogspot.com/


“Sebetulnya pameran ini buat launching blogspot kita,” kata Jarot, pemuda yang aktif di kegiatan Gambarselaw yang kerap disingkat menjadi Galaw. Karena pameran dilangsungkan di akhir tahun 2011, ketika kita akan menapaki 2012 yang fenomenal dengan isu kiamat itu, tema “Apocalypse 2012” pun diambil. Para peserta Galaw diajak merespon kiamat dengan caranya sendiri-sendiri. Berikut beberapa karya mereka:




 

“Kita sengaja bikin pameran di tempat yang orang datengnya bukan buat liat pameran,” ungkap Jarot lagi. Itu sebabnya meski Ruru Shop bertetangga dengan Ruru Gallery, teman-teman Galaw justru memilih Ruru Shop yang biasanya disambangi untuk jajan-jajan souvenir sebagai ruang pamer. 


Di mata saya, kegiatan seperti Galaw ini membuat seni jadi sesuatu yang tak terpisah dari kehidupan sehari-hari. Teman-teman Galaw berkumpul dan menggambar dalam suasana yang santai dan bermain-main kemudian memamerkannya tanpa beban [saya juga jadi menuliskannya tanpa beban aturan apa-apa ;)] . Mereka pun merespon isu dengan cara yang casual, misalnya dengan membuat mixtape dan kartu pos atau menghadirkan perabot sehari-hari secara apa adanya sebagai bagian dari karya. 


Walau mengangkat tema yang selintas terdengar berat dan mengerikan – kiamat – para “penggalaw” ini tampak gembira-gembira saja. Dan dari antara seluruh angle yang saya lihat di pameran ini, ini adalah favorit saya:


…. menurutmu kenapa, hayo ? ;)

Sundea

0 comments: