Ratapan Ibu Tiri

Kisah paling tipikal dalam dongeng-dongeng yang mengandung ibu tiri adalah sebagai berikut: seorang duda kaya raya menikah lagi. Ia berharap istri barunya melengkapi keluarganya, memberi kasih sayang ibu kepada anak yang ia bawa dari pernikahan terdahulu. Tetapi apa yang terjadi? Seperti lagu yang dinyanyikan Iis Dahlia, ternyata “ibu tiri hanya cinta kepada ayahku saja”. Anak tiri tak habis dirundung malang dan disiksa. Di dalam beberapa cerita seperti “Cinderella” dan “Bawang Merah – Bawang Putih” misalnya, sang ayah bahkan akhirnya meninggal. Tinggallah si anak bersama kemalangan yang terus mengekor dan ibu tiri yang tak henti meneror. 

Namun pada template yang sama - duda keren, anak-anak, ibu tiri, dan kematian – kenyataan kadang-kadang memberikan muatan yang berbeda. Dalam kisah ini misalnya:

PEMAKAMAN ADJIE MASSAID foto dirampok dari sini



Tersebutlah seorang duda keren bernama Adjie Massaid. Ketika ia menikah dengan Angelina Sondakh yang cantik jelita di tahun 2009, kedua puterinya – Zahwa dan Aaliyah – otomatis mendapat ibu tiri. Apakah Zahwa dan Aaliyah lantas mengalami dera dan siksa? Ternyata tidak. Sang ibu tiri menyayangi Zahwa dan Aaliyah bahkan setelah putera kandungnya, Keanu, lahir.

Tetapi kebahagiaan itu tidak berlangsung lama. Di awal Februari 2011, Adjie Massaid mendadak meninggal dunia. Angelina Sondakh yang biasa dipanggil Angie terguncang. Ketika ia terus menangis di pusara Adjie, Zahwa dan Aaliyah kerap menemaninya. Apakah Angie kemudian menepis mereka seperti ibu-ibu tiri dalam dongeng? Sepertinya tidak.

Belum selesai berkabung, Angie menjadi tersangka kasus suap proyek Wisma Atlet Sea Games di Palembang. Hidupnya semakin kusut. Di tengah situasi itu, puteri ke dua Adjie Massaid, Aaliyah, tinggal bersama ibu kandungnya, penyanyi Reza Artamevia. Gosip-gosip tidak enak pun bertiup. Angie disebut-sebut mengusir Aaliyah. Angie pun membantah, “Itu tidak betul. Bagi saya mereka tinggal di manapun, saya berbesar hati. Kalian tahu, Zahwa sangat sedih mendengarnya. Dan saya rasa rumor itu efeknya tidak bagus untuk perkembangan Zahwa dan Aaliyah. Jadi tolong jangan ada lagi pemberitaan seperti itu." Tak lama kemudian bertiup lagi gosip Angie hanya memperhatikan Keanu, putera kandungnya. Dengan alasan agar mandiri, ia hanya mengutus supir untuk menjemput Zahwa ke sekolah, bukan lagi supir beserta pengasuhnya. 

angienangisfoto dirampok dari sini 

Padahal Zahwa masih ada di sisi Angie dengan setia. Sebagai orang-orang yang sama-sama menyayangi Adjie Massaid, keduanya tampak saling menguatkan. Zahwa menjalani hidupnya seperti biasa, sementara Angie terus menjadi sorotan dan ditimpa berbagai isu tidak menyenangkan. Mulai dari gosip hubungannya dengan saudara iparnya yang sudah berkeluarga, sampai gosip kedekatannya dengan seorang penyidik KPK di tengah penyelidikan terhadap kasusnya. Setiap tweet Angie dipantau dan dibesar-besarkan. Jika di dalam dongeng-dongeng anak tiri menjadi pemeran utama, pada layar dan lembar media infotainment ibu tiri inilah yang menjadi sorotan. Sebelum mencapai akhir yang bahagia, tokoh-tokoh utama dongeng biasanya memang melewati penderitaan yang panjang. Tetapi akankah Angie mencapai akhir bahagia itu sebelum keburu kecapaian?

Saya lalu teringat pada lagu “Ratapan Anak Tiri” yang populer itu. Iseng-iseng saya mencari liriknya, lalu mencuplik dan mengubahnya sedikit.

“Selagi suami di sampingku, ku dipuja, ku dimanja
Tapi ketika suami pergi ku dinista dan dicaci
Aduhai infotainment, kasihanlah padaku
Bagai anakmu sendiri, agar dapat ku berbakti …”

Eh … tunggu dulu. Apakah ini berarti infotainment adalah ibu tiri Angie yang kejam adanya? Lalu siapakah ayahnya ?

Angelina_sondakhfoto dirampok dari sini 


Sundea

0 comments: