Kiri

Di dalam Bahasa Inggris, kiri disebut “left” yang sama artinya dengan “tertinggal” sementara kanan disebut “right” yang sama artinya dengan “benar”. Pada berbagai konteks, kiri identik dengan hal-hal yang dianggap tidak baik. Mulai dari aliran yang menistakan agama sampai ketidaksopanan.

Padahal menurut hemat saya, kiri dan kanan sama baiknya. Mereka adalah pasangan yang saling menyeimbangkan, dua sisi yang selalu menyertai kita, bahkan dapat bertukar jika kita berbalik arah. Hanya jalan raya yang mengasihi kiri. Kita berseru “kiri, kiri” untuk turun dari angkot dan ada privilege “belok kiri boleh langsung” di tikungan-tikungan tertentu =p

Minggu ini Salamatahari bercerita mengenai kebaikan-kebaikan kiri. Ada Gembira Putra Agam yang lebih banyak mengandalkan tangan kirinya, Jalu sind3ntosca dan kiri-kiri di jalan raya, burung sparrow kiri dan sparrow kanan dalam cerita Anak Beruang, serta Adolf Hitlew yang makan buah kiwi.

Otak kanan mengatur kreativitas sementara otak kiri mengatur kemampuan berpikir eksak. Sesungguhnya, kedua hal ini sama pentingnya.

… maka, berhentilah melakukan diskiriminasi. Jangan lupa katakan pada tangan kirimu bahwa ia bukan “tangan jelek” ;)

Salamatahari, semogaselaluhangat dan cerah,
Sundea


2 comments:

bujubunengalabuset mengatakan...

bukannya otak kanan mengatur kreativitas dan otak kiri mengatur kemampuan berpikir eksak? ;). btw, tulisannya bagus :)

Sundea mengatakan...

Eh, tebalik, ya? Hohoho ... maavkan ... nanti dikoreksi =D

Terima kasih ...