Alkisah


Hidup memendarkan berbagai peristiwa, lalu kisah menangkap bagian-bagian yang dapat dibawa melintasi zaman. Kisah-kisah pun menjadi alkisah dalam dongeng. Dalam legenda. Dalam mitos. Dalam lagu. Ada yang berulang dalam sejarah hidup manusia sehingga alkisah harus hadir terus menerus untuk mengantar mereka mengenali esensi kearifan dan kelaliman yang sebetulnya itu-itu lagi. 

Tetapi karena pengalaman umat manusia tersusun atas kombinasi yang tak terhingga jumlahnya, tak pernah ada yang seratus persen sama. Alkisahlah yang menjaganya dari chaos sehingga kombinasi tersebut senantiasa mempunyai acuan. Manusia diciptakan sebagai makhluk yang suka bercerita dan mendengar cerita sehingga alkisah tak pernah berhenti diwariskan.

Minggu ini alkisah pria pemberani yang terampil memanah itu menyusup dalam cerita Anak Beruang, lakon-lakon wayang hadir dalam karya-karya indieguerillas, alkisah Kopral Jono hadir dalam Briptu Norman Kamaru, dan kakak-kakak di Indonesia Bercerita menjadi penutur alkisah yang berdedikasi.

Alkisah adalah alkasih yang menunjukkan betapa hidup menyayangi kita lebih dari yang kita tahu.

Sejarah umat manusia mecatat berbagai kepedihan dan kerusakan, tetapi manusia tak pernah selamanya dibiarkan hilang di keentahan …

Salamatahari, semogaselaluhangat dan cerah,
Sundea

0 comments: