Pelangi di Badanku

Di dalem badan Dea, ada urat dan ubur-ubur pelangi. Dea juga baru sadar minggu lalu, waktu bosen bernang bulak-balik standar di kolam renang, dan lagi main vampire-vampire-an sendiri di pinggir kolam satu meter.
Urat itu ada di kaki Dea. Dia gerak-gerak kayak benang warna-warni pastel pelangi yang alus sekali. Seiring permukaan air, urat dan ubur-ubur itu ngelenggak-lenggok gemulai. Dea brenti main vampire-vampire-an dan jadi nonton urat ubur-ubur yang diem-diem idup di kaki Dea sendiri. 

Yang lucu, urat dan ubur-ubur itu cuma keliatan kalo kaki Dea ada di kedaleman tertentu dari permukaan air. Waktu Dea ngangkat kaki Dea keluar dari air, pelangi itu nggak ada lagi. Si kaki balik jadi kaki-kaki biasa yang ada di realitas standar. 

“Udah, Dey ?” tegur Yoas, kakak sepupu yang bernang bareng Dea. “Udah,” saut Dea. Kami berdua pun berenti bernang dan bersiap-siap pulang. 

Sambil duduk-duduk di bangku deket kolam, Dea ngelurusin kaki Dea. Di balik kulit Dea, nggak ada lagi urat-urat pelangi. Yang ada tinggal urat dan ubur-ubur biru-ungu; dingin dan samar di bawah bulu-bulu kaki. Tapi nggak apa-apa. Percaya kalo di bawah kulit Dea ada pernah pelangi cukup bikin Dea seneng, kok …

Dea pulang naik motor sama kakak sepupu Dea. Langit cerah seakan ujan nggak akan pernah turun lagi selamanya …

Sundea

Komentar