Pecahkan 5W 1H Saat Mewawancara Sandi Taruni

Di tengah hectic kepanitiaan World Book Day Indonesia 2010, terdapat seorang Sandi Taruni. Meski ketegangan pekat membebat, koordinator acara yang akrab dipanggil Uni ini masih terbilang cukup tenang. Dea yang agak kurang kerjaan pun beringsut mendekati, menjebaknya dalam sebuah wawancara tidak penting ... HAHAHAHA ….

Simak … ;)



Dea : Halo Mbak Uni, apa kabar ?
Uni : Baeee …

Dea ; Lagi bikin apaan, Mbak ?
Uni : Ini, proposal kursus Inventaris Flora dan Fauna V. Ini kegiatan kursus yang akan melibatkan kelompok pencinta alam . Ada mahasiswa, anak SMA … ya … gitu-gitu, deh …

Dea : Oooh … (sambil mencatat)
Uni : “Gitu-gitu deh”-nya kamu catet juga, lagi ?

Dea : Iya.
Uni : Jangan,dong, kamu harus menjaga kehormatan nara sumber .

Dea : Lah … emang kalo “gitu-gitu deh”-nya dicatet jadi nggak ngejaga kehormatan nara sumber, ya, Mbak ? Kayaknya enggak, ah. Nah, sekarang apa tanggepan Mbak Uni tentang pencatatan “gitu-gitu deh” yang Dea lakuin di wawancara ini ?
Uni : (mikir) Ah, susaaah ….susah pertanyaannya. Tadi kan janjinya pertanyaannya nggak akan susah-susaaaah …

Dea : Ok. Berarti tanggepan Mbak Uni tentang pencatatan “gitu-gitu deh” adalah jawaban yang barusan itu (Dea mencatat lagi). Nggak susah kan ? Mbak Uni boleh ngejawab apaan aja, lho, entar Dea catet … hehehehe …
Uni : Yang itu ? Tuh, aneh, deh !

Dea : Hehehe …
Uni : Udah, cepet, mau nanya apa lagi …

Dea : Mbak, dulu orangtua Mbak Uni pengen nyekolahin Mbak Uni di Taruni Nusantari atau Uni-versitas Padjadjaran ? Kok namanya begini ?
Uni : Enggaaak … itu mah elo aja, kali. Kok jadinya gini, sih, wawancaranya ?

Dea : Emang gini, Mbak … hehehehe … eh, Mbak Uni makanan kesukaannya apa, sih ?
Uni : Combro. Kan di dalemnya ada oncomnya dan combro bersifat sangat merakyat. Tepungnya dari singkong. Singkong kan sangat merakyat, itu makanan masyarakat Indonesia sebelum merdeka.

Dea : Lah … sesudah merdeka kan masyarakat kita masih makan singkong juga.
Uni : Masyarakat kita kan masih belum merdeka, makanya masih makan singkong.

Dea : Eh, Mbak, Mbak, kalo singkong berarti dia menyanyikan kong, dong kan sing-kong. Kenapa, ya, Mbak, dia menyanyikan kong ?
Uni : Karena kalo dia menyanyikan Sing Sing So jadinya dia dari Batak. Padahal combro kan dari Sunda. Eh, Sunda atau Jawa, ya ? Kata temenku, sih, Jawa …

Dea : Jawa, ya ? Baiklah. Terus, Mbak, selain singkong kan combro juga ada oncomnya. Itu kan kalo comnya on. Kalo comnya off jadi offcom, kira-kira combro jadi makanan yang gimana ?
Uni : Apa, ya ? Pass, deh, pass … boleh, nggak ?

Dea : Nggak boleh pas, Mbak. Harus kekecilan atau kegedean. Eh … tapi ya udah, deh, Mbak, kalo gitu wawancaranya segitu aja.
Uni : Udah ? Segitu doang ? Nggak penting gini ? Elu belum nanya cita-cita dan hobi gua …

Dea : Udah, Mbak, cukup. Dea mau pulang. Dadah Mbak Uni …

Pada akhirnya Dea pulang bersama-sama Mbak Uni. Meski tidak melanjutkan wawancara secara resmi, Mbak Uni sempat bercerita sedikit tentang cita-cita mulianya. “Sebetulnya gua pengen jadi petani karena mau mempersiapkan diri dari krisis pangan tahun 2050. Kira-kira gua taun 2050 masih ada apa, ya ?”

Perjalanan pulang terasa panjang, tapi kami riang. “Wawancaranya bener-bener nggak penting, deh,” kata Mbak Uni sekali lagi. Dea menyeringai. Tapi dalam hati Dea punya pendapat lain, “Penting, sih, Mbak …”

Hari itu ketegangan dipecahkan oleh wawancara yang melenceng jauh dari 5W 1H …

Sundea

6 comments:

atmo mengatakan...

hahahahahahahahahahahaha............

panoramaliant mengatakan...

ya ampunnn bentuk wawancara yang keluar dari kode etik ...haghagahaghagahag

subhanisme mengatakan...

keren deh wawancaranya... sampe uni gak berkutik.. hahahaa... uni, uni... dea emang gitu... salam buat dea dan uni... --subhan

Sandi Taruni mengatakan...

sundeaaaa... kamu memang sundea-de-ade-aje-deh... wkwkwkwk... salam matahari buat kang Uhan.. ntar dateng yah di WBD... jumpa fans dengan dea & unie tentunya.. hehehehe...

Sundea mengatakan...

Ternyata, ya, ini posting yang paling diminati masyarakat ... hahaha ... yg laen komentarnya masih 0, ini udah 4 aja.

Kang Uhaaaan ... iyaaa ... main, dong, ke WBD ...

Sundea mengatakan...

Ternyata, ya, ini posting yang paling diminati masyarakat ... hahaha ... yg laen komentarnya masih 0, ini udah 4 aja.

Kang Uhaaaan ... iyaaa ... main, dong, ke WBD ...