Here, There, and Everywhere

There, running my hands through her hair *

“Kamu ngapain, sih ?” tanya Dea ke angin.
“Rambut kamu udah mulai panjang, tuh …,” saut angin.
“Iya, belum sempet gunting. Emang kenapa, Ngin ?”
“Ya … saya cuma pengen ngeliat muka kamu lebih jelas aja …”

Hari itu, di angkot, Dea emang duduk deket pintu. Sepanjang jalan, angin niup-niup rambut Dea ke belakang. Pertamanya Dea agak sebel karena rambut Dea jadi berantakan. Tapi setelah tau alesannya, Dea nggak terlalu keberatan. Lagian ketika rambut Dea kesibak ke belakang, Dea juga bisa ngeliat dunia dengan lebih jelas. 

Both of us thinking how good it can be*

Pas Dea turun dari angkot, angin brenti bertiup. Sambil ngebener-benerin rambut, Dea manggil Angin, “Angin, kamu sekarang di mana ?” 

Angin nggak nyaut. 

Dea diem, nyoba nangkep suara angin. Tapi sore itu suara lalu lintas ngedominasi. 

“Angin … ?” panggil Dea lagi. Eh … yang nyaut malah minyak gorengan yang suaranya mirip rocker jaman Bangkit Sanjaya, “SRUEEENGGGG …” 

Dengan agak sedih, Dea ngelanjutin perjalanan. Tau-tau Dea ngeliat ibu-ibu yang rambutnya terbang-terbang kayak Dea pas di angkot. Juga sampah plastik yang jungkir balik di sekitar jalan raya. 

Ranting pohon di sebrang Dea juga ngayun-ngayun tanpa suara. Beberapa lembar daun yang ranggas nggak jatoh lurus. Dea senyum. Angin ternyata nggak jauh.

Someone is speaking but she doesn't know he's there *

Pas udah nyampe di depan rumah, mata Dea kelilipan debu. “Aduh, Angin, kamu iseng amat, sih?” protes Dea sambil ngucek-ngucek mata. “... watching her eyes, and hoping I’m always there …*,” kata Angin sambil berlalu. Tampaknya keabstrakan bikin Angin harus minjem berbagai kekonkretan untuk eksis. Tapi justru kesadaran itu yang bikin dia selalu ngebentuk eksistensinya secara sadar. 

But to love her is to need her everywhere*

Angin terbang-terbang sambil terus mencari dan menemukan. Minjem wujud yang satu dan ngembaliin lagi. Sayup Dea ngedenger dia nggak brenti nyanyi, 

“To be here, there, and everywhere … here there and everywhere ….*”

Sundea

*”Here, There, and Everywhere”, lagu The Beatles

1 comments:

DEARINA mengatakan...

keren. Kak Dea bikin makna sendiri dibalik lagu Beatles itu.

salam kenal ya kak Dea Matahari :)